PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS MITIGASI BENCANA BANJIR PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI MIPA DI SMA N 1 SUNGAI KAKAP

Authors

  • Erliani Dini Melpri IKIP PGRI Pontianak
  • Anita Anita IKIP PGRI Pontianak
  • Eti Sukadi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i1.6237

Keywords:

Pengembangan, Bahan Ajar, Mitigasi Banjir

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kelayakan bahan ajar berbasis mitigasi bencana banjir menurut ahli media dan 2) kelayakan bahan ajar berbasis mitigasi bencana banjir menurut ahli materi. Penelitian menggunakan metode 4D kemudian dimodifikasi menjadi 3D yang meliputi mendefinisikan (define), rancangan(design) dan mengembangkan (development). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan teknik komunikasi tidak langsung dengan menggunakan alat pengumpulan data yaitu lembar validasi ahli materi dan ahli media. . Validasi materi terdiri dua dosen dan satu guru mata pelajaran fisika. Validasi ahli media meliputi dua dosen pendidikan fisika. Hasil validasi ahli materi dilihat dari validator pertama, kedua dan ketiga memperoleh rata-rata persentase 83% dengan kriteria sangat sedangkan hasil validasi ahli media dilihat dari validator pertama dan kedua memperoleh skor rata-rata persentase 81% dengan kriteria sangat layak. Dari sini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis materi fluida statis kelas XI MIPA untuk mitigasi bencana banjir sangat layak dan dapat digunakan oleh siswa dan guru sebagai pendukung dalam proses pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alkadri, R., Festiyed, F., & Asrizal, A. (2019). Meta Analisis Bahan Ajar Terintegrasi Materi Mitigasi Bencana Alam terhadap Kompetensi Peserta Didik. Pillar of Physics Education, 857-864 .

Hamzah, I., Puspaningtyas, N. D., Amelia, D., Parjito, P., Gulo, I., & Romadhona, W. (2023). Pendampingan Pembuatan Materi Ajar Menggunakan Aplikasi Canva di SMA Negeri 2 Kota Agung. EKNOMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Teknokrat Indonesia, 47-54.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1224-1238.

Julisma, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kelas VIII Smp N 1 Mempawah Hilir Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Gaya. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 106-119.

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 138-151.

Khambali, K., Inten, D. N., Mulyani, D., Lichandra, F., & Tiwi, D. (2021). Peran Orang Tua terhadap Pembelajaran Mitigasi Bencana Bagi Anak Usia Dini di Masa Covid-19. Lampung: Universitas Islam Lampung.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 25-33.

Malina, I., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021). Analisis Kebutuhan E-Modul Fisika sebagai Bahan Ajar Berbasis PBL di MA Muslimat NU. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 70-80.

Matsun, M., Sari, I. N., & Boisandi, B. (2020). Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Karakter dengan Pendekatan Kearifan Lokal Kalimantan Barat. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 162-172.

Nasution, B., Siregar, I. F., & Hasibuan, N. (2022). Bahan Ajar Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Karakter pada Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 304-310.

Rahiem, M. D., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar. urnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 36-50.

Rusyadi, A. (2021). Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA. Lampung: S2 IPA UNLAM PRESS.

Salsabila, F. (2021). Pengembangan E-modul Fluida Statis Bermuatan Mitigasi Bencana Banjir Kelas XI SMA. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Wekke, I. S. (2021). Mitigasi Bencana. Jawa Barat: Penerbit Adab.

Downloads

Additional Files

Published

2023-09-09

How to Cite

Melpri, E. D., Anita, A., & Sukadi, E. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS MITIGASI BENCANA BANJIR PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI MIPA DI SMA N 1 SUNGAI KAKAP. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i1.6237