PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI SMA N 1 NANGA PINOH

Authors

  • Emeliana Emeliana Program studi pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak
  • Marhadi Saputro Prodi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak
  • Nawawi Nawawi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v7i1.6540

Keywords:

E-LKPD, Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Sistem Pernapasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis Problem Based Learning untuk melatih keterampilan berpikir kritis yang 1) valid 2) praktis 3) efektif. Model penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D oleh S.Thiagarajan (Define, Design, Develop and Disseminate). Teknik pengumpulan data: komunikasi tidak langsung, pengukuran dan observasi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket dan tes. Subjek penelitian: kelas 11 IPA SMA Negeri 1 Nanga Pinoh. Teknik analisis data kevalidan dan kepraktisan menggunakan deskriptif kuantitatif, keefektifan menggunakan nilai KKM yang sudah ditentukan dari sekolah. Hasil penelitian: 1) sangat valid presentase rata-rata sebesar 86,24% 2) sangat praktis dengan presentase respon siswa 96,25% dan respon guru sebesar 100% 3) efektif dengan kriteria nilai diatas KKM presentase rata-rata seluruh siswa sebesar 89,66% dan ketuntasan klasikal siswa sebesar 93,33% Kesimpulan: E-LKPD berbasis Problem Based Learning yaitu sudah tergolong valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Emeliana Emeliana, Program studi pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak

Marhadi Saputro, Prodi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak

Prodi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak

Nawawi Nawawi, IKIP PGRI Pontianak

program studi pendidikan biologi

References

Azrai, Eka Putri, et al. "Kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa SMA di Jakarta Timur." Edusains 12.1 (2020): 89-97.

Azrina, Nuril. Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI IPA di MAN 2 Jember. Diss. UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, 2022.

Candra. Pengembangan LKPD berbasis project based learning pada materi keanekaragaman hayati siswa kelas X SMA Negeri 3 pangkep, 2019.

Dwi Aulia. Pengembangan E-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan,2021.

Mustofa, Aisyah Nur, and Guntur Trimulyono. "Profil dan Validitas E-LKPD Identifikasi Jamur Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Keterampilan Proses Peserta Didik." Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 11.3 (2022): 610-620.

Maelasari, Neneng. Pengembangan model peta pikiran (Mind Mapping) berbasis nilai Profetik dalam pembelajaran menulis eksposisi siswa kelas X SMA di kabupaten Bandung. Diss. Universitas Pendidikan Indonesia, 2021.

Sani, Ruth, et al. "Development of novel ADCs: conjugation of tubulysin analogues to trastuzumab monitored by dual radiolabeling." Cancer Research 74.20 (2014): 5700-5710.

Sugiyono . (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Emeliana, E., Saputro, M., & Nawawi, N. (2024). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI SMA N 1 NANGA PINOH. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 7(1), 13–22. https://doi.org/10.31571/jpsa.v7i1.6540

Conference Proceedings Volume

Section

Articles