PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS X SMA NEGERI 1 SIDING

Authors

  • January Cristi Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak
  • Ivan Eldes Dafrita Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak
  • Nawawi Nawawi Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v7i1.6541

Keywords:

Metode Pembelajaran Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kritis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Negeri 1 Siding. Rumusan masalah umum dalam penulisan ini adalah bagaimanakah Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Negeri 1 Siding. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode jenis eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-Experimental Design. Teknik yang digunakan adalah diantaranya teknik pengukuran dan teknik observasi langsung. Alat pengumpul data tes dan lembar observasi. Hasil penelitian dan pengolahan data yang di lakukan maka secara khusus, dapat dijabarkan sebagai berikut: 1) Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Siding sebelum di terapkan metode Mind Mapping yaitu 59,57. 2) Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Siding setelah di terapkan metode Mind Mapping yaitu 82,74. 3) Pengaruh pengaruh metode Mind Mapping sebelum dan sesudah diterapkan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas X SMA Negeri 1 Siding setelah menggunakan Uji T Independent Sampel T. Test  yaitu  nilai sig (2- tailed) 0,000. Maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan setelah menggunakan metode Mind Mapping. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan setelah diterapkan metode Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

January Cristi, Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak

Ivan Eldes Dafrita, Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak

Nawawi Nawawi, Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak

References

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian. Bandung: Alfa Beta

Nawawi, Hadari. (2012). Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Prees.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata. (2010). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Cristi, J., Dafrita, I. E., & Nawawi, N. (2024). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS X SMA NEGERI 1 SIDING. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 7(1), 42–52. https://doi.org/10.31571/jpsa.v7i1.6541

Conference Proceedings Volume

Section

Articles