Pembelajaran PKn sebagai Pendidikan Politik Pemilih Pemula

Authors

  • Hemafitria Hemafitria PPKn, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Hadi Rianto PPKn, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.114

Keywords:

partisipasi politik, pemilih pemula

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengoptimalkan peran pembelajaran PKn sebagai wahana pendidikan politik bagi pemilih pemula dengan mengembangkan pembinaan terhadap partisipasi pemilih pemula melalui kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Penelitian ini mengkaji mulai dari fenomena nyata pembinaan partisipasi pemilih pemula melalui pembelajaran PKn serta pembinaan pemilih pemula dalam menghadapi pemilu. Dari penelitian ini ditemukan bahwa pembinaan partisipasi pemilih pemula secara nyata di sekolah dilaksanakan dengan memberikan pemahaman dan arahan tentang partisipasi aktif pemilih pemula sebagai warga negara, membangun sikap demokratis dan kebersamaan, dan memperkenalkan sistem pemerintahan yang yang berlaku di Indonesia. Dalam proses pembelajaran, pembinaan partisipasi politik pemilih pemula dilaksanakan dengan menyelenggarakan diskusi kelas dengan tema politik, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengikuti kegiatan politik dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk turut serta dalam aksi politik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-23

How to Cite

Hemafitria, H., & Rianto, H. (2016). Pembelajaran PKn sebagai Pendidikan Politik Pemilih Pemula. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 175–189. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.114

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)