Meningkatkan Keterampilan Menggiring Permainan Sepak Bola melalui Pendekatan Drill Siswa Kelas XI IPS 2 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sekayam Kabupaten Sanggau
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.115Keywords:
menggiring bola dalam permainan sepak bola, pendekatan drillAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menggiring bola dalam permainan sepak bola melalui pendekatan drill pada siswa kelas XI IPS 2 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sekayam Kabupaten Sanggau. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriftif dengan bentuk PTK. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sekayam Kabupaten Sanggau. Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian diketahui bahwa pada siklus I sebanyak 19 orang siswa (54.29%) mendapatkan nilai dalam rentang nilai 60-74 dengan predikat “cukup†dengan rincian 15 orang siswa (42.86%) dinyatakan tidak tuntas atau nilainya dibawah KKM Individu 70 dan 4 orang siswa (11.43%) dinyatakan tuntas. Sebanyak 16 orang siswa (45.71%) mendapat penilaian dalam rentang nilai 75-85 dengan predikat “baik†dan dinyatakan tuntas. Keseluruhan siswa yang dinyatakan tuntas dengan rentang nilai antara 70-81 yaitu 20 orang siswa (57.14 %). Dari hasil tersebut berarti telah melampaui target capaian siklus I yaitu (50%), maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II dijelaskan bahwa 10 orang siswa (28.57%) mendapatkan penilaian dalam rentang nilai 60-74 dengan predikat “Cukup†dengan rincian 6 orang siswa (17.14%) dinyatakan tidak tuntas atau nilainya dibawah KKM Individu (70) dan 4 orang siswa (11.43) dinyatakan tuntas 14 orang siswa (40%) mendapatkan penilaian dalam rentang nilai 75-85 dengan predikat “Baikâ€, dan 11 orang siswa (31.43%) mendapatkan penilaian dalam rentang nilai 86-100 dengan predikat “Sangat Baikâ€. Keseluruhan siswa yang dinyatakan tuntas dengan rentang nilai antara 70-96 yaitu 29 orang siswa (82.86%). berarti telah melampaui target capaian siklus II (75%).
Â
Kata Kunci: Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak bola, Pendekatan Drill.Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.