Korelasi antara Aktivitas Mahasiswa di Masjid Al-Barokah dengan Prestasi Belajar Membaca AL-Qur'an Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di IKIP PGRI Pontianak

Authors

  • Musti’ah Musti’ah Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.117

Keywords:

aktivitas mahasiswa, prestasi belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  melihat adanya korelasi antara aktivitas mahasiswa di Masjid Al-Barokah dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam  mahasiswa IKIP  PGRI Pontianak. Permasalahannya adalah adakah korelasi antara aktivitas mahasiswa di Masjid Al-Barokah  dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di IKIP PGRI Pontianak. Variabel bebas dalam penelitian ini aktivitas mahasiswa di masjid Al-Barokah dan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa di IKIP PGRI Pontianak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian korelasional, populasi penelitian ini seluruh mahasiswa geografi semester II di IKIP PGRI Pontianak yang berjumlah 139. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yang berjumlah 32 mahasiswa kelas B Pagi. Dari hasil analisis data diketahui bahwa r hitung sebesar 0.61 dan ternyata r hitung lebih besar dari r tabel, 0,35. Ini berarti “ada korelasi antara aktivitas mahasiswa di Masjid Al-Barokah  dengan prestasi belajar membaca Al-Qur’an mata kuliah Pendidikan Agama Islam  di IKIP  PGRI Pontianak. Dari perhitungan dengan product moment diketahui bahwa r hitung sebesar 0,61 berarti ada korelasi positif antara aktivitas mahasiswa di Masjid Al- Barokah  dengan  prestasi belajar membaca Al-Qur’an mata kuliah Pendidikan Agama Islam  di IKIP  PGRI Pontianak, dengan tingkat korelasi cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-23

How to Cite

Musti’ah, M. (2016). Korelasi antara Aktivitas Mahasiswa di Masjid Al-Barokah dengan Prestasi Belajar Membaca AL-Qur’an Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di IKIP PGRI Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 218–226. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.117

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)