Upaya Meningkatkan Kemampuan Tendangan Belakang melaui Alat Bantu Bola Digantung

Authors

  • Zusyah Porja Daryanto Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.120

Keywords:

alat bantu bola digantung, kemampuan tendangan belakang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan tendangan belakang dalam mata kuliah Pencak Silat melalui alat bantu bola digantung pada mahasiswa semester III Kelas A Pagi Prodi Penjaskesrek IKIP-PGRI Pontianak tahun Akademik 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bentuk yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang dilakukan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Penjaskesrek IKIP PGRI Pontianak semester III kelas A Pagi tahun Akademik 2014/2015 yang berjumlah 45 mahasiswa. Pada siklus pertama ditemukan kemampuan mahasiswa menunjukkan bahwa melalui penggunaan alat bantu bola digantung pada tendangan belakang dengan rata-rata nilai persentase 55%, kemudian meningkat pada siklus kedua menjadi 79%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan tendangan belakang melalui alat bantu bola digantung pada mahasiswa semester III Kelas A Pagi Prodi Penjaskesrek IKIP PGRI Pontianak Tahun Ajaran 2014/2015.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-23

How to Cite

Daryanto, Z. P. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Tendangan Belakang melaui Alat Bantu Bola Digantung. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 249–258. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.120

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)