Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendidikan Karakter dalam Materi Bangun Ruang Sisi Datar
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1249Keywords:
lembar kerja siswa, pendidikan karakter, kevalidan, kepraktisan, student worksheets, character education, validity, practicalityAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan lembar kerja siswa. Metode penelitian adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model rancangan 4D. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar validasi dan angket. Subjek uji coba penelitian yaitu siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Sintang sebanyak 31 siswa. Penelitian menghasilkan lembar kerja siswa berbasis pendidikan karakter yang memenuhi tingkat kevalidan dengan rata-rata skor penilaian validator sebesar 95,70% dengan kriteria sangat valid. Setelah dilakukan uji coba, diperoleh data bahwa lembar kerja siswa berbasis pendidikan karakter memenuhi tingkat kepraktisan dengan rata-rata skor penilaian angket respons siswa sebesar 89,08% dengan kriteria sangat praktis dan angket respons guru sebesar 85,56% dengan kriteria sangat praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja siswa berbasis pendidikan karakter memenuhi tingkat kevalidan dan kepraktisan.
Â
Abstract
The purpose of this study was to determine the level of validity and practicality of student worksheets. The research method was research and development using the 4D design model. Data collection techniques used direct communication and indirect communication techniques. Data collection tools used validation sheets and questionnaires. The subjects of the research trial were 31 students of class VIII H of SMP Negeri 1 Sintang. The study produced a worksheet based on character education with the validity level an average score of 95.70% by the validators assessment with very valid criteria. After testing, the data obtained that character education-based student worksheets with the practicality level an average score of 89.08% by student response questionnaire score with very practical criteria and teacher response questionnaire of 85.56% with very practical criteria. The results showed that the worksheet based on character education comply the level of validity and practicality.
Downloads
References
Annisa, S. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI). Jurnal Jaringan Sistem Informasi Robotik, 1(1): 8-17.
Arahim, I. A. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Visualisasi Berbantu Macromedia Flash pada Pembelajaran Matematika. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1): 116-123.
Asriani, P., Sa’dijah, C., & Akbar, S. 2017. Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(11): 1456-1468.
Fadillah, S. 2013. Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6(2): 142-148.
Farapatana, E., Anwar, Y. S., & Abdillah. 2019. Pengembangan Komik Matematika dengan Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, & Review (PQ4R) pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 3(1): 1-6.
Fathurrohman, Puguh, Suryana, & Fatriany, F. 2017. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Kesuma, M. Y. S. A. 2018. Pengaruh Implementasi Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar, dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Perbankan Dasar Siswa Kelas X Akutansi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi pada Universitas Negeri Yogyakarta: tidak diterbitkan.
Khairunnisa. 2016. Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning Bermuatan Sikap Spiritual pada Materi Pengukuran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 1(4): 284-291.
Manisa, T., Aryati, E., & Marlina, R. 2018. Respon Siswa terhadap LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Submateri Sistem Pernapasan Manusia Kelas XI. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1): 1-10.
Nuhamara, D. 2018. Pengutamaan Dimensi Karakter dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Jaffray, 16(1): 95-115.
Ramadhani, R. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berkarakter pada Siswa Kelas XI SMA YPK Medan. Jurnal Edukasi Matematika, 8(15): 924-932.
Harahap, Z. H. 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Moral dan Nilai Kebangsaan. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, Medan: Hal. 407-410.
Riskawati, Duwi, Buyung, & Yarmayani, A. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas IX SMPN 31 Kab. Tebo. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1): 111-118.
Sugiana, A. 2019. Penanaman Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di SMK Ethika Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1): 105-116.
Sumartini, T. S. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1): 1-10.
Wahyuni, I. 2017. Pengembangan Media Booklet Bermuatan IDEAL Problem Solving dalam Materi Balok terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa Kelas VIII SMP Bina Utama Pontianak. Skripsi pada IKIP PGRI Pontianak: tidak diterbitkan.
Widyaningrum, N. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Materi Statistika pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Meliau. Skripsi pada IKIP PGRI Pontianak: tidak diterbitkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.