Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah dalam Materi Hukum Archimedes

Authors

  • Rupus Kertinus Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Yudi Darma Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Wahyudi Wahyudi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1252

Keywords:

problem-based learning, pemahaman konsep, pemecahan masalah, concept understanding, problem-solving

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran problem-based learning terhadap pemahaman konsep dan pemecahan masalah materi hukum Archimedes di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ketungau Tengah. Penelitian menggunakan quasi-experimental designs dengan nonequivalent groups posttest only. Instrumen yang digunakan adalah butir soal pemahaman konsep berbentuk tes pilihan ganda dan pemecahan masalah berbentuk tes uraian. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ketungau Tengah tahun pelajaran 2018/2019. Sampel sebanyak 37 orang siswa yang terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Analisis data menggunakan uji MANOVA dua arah. Hasil penelitian: (1) Kemampuan pemahaman konsep siswa cukup dan pemecahan masalah siswa baik setelah diterapkannya model pembelajaran problem-based learning; (2) Kemampuan pemahaman konsep siswa kurang dan pemecahan masalah siswa sangat kurang setelah diterapkannya model pembelajaran konvesional; dan (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran problem-based learning terhadap pemahaman konsep dan pemecahan masalah materi hukum archimedes.


Abstract

The research aims to examine the effect of the problem-based learning model of learning on concept understanding and problem-solving of Archimedes material in class XI IPA of SMA Negeri 1 Ketungau Tengah. The research used quasi-experimental designs with nonequivalent groups posttest only. The instrument used was a matter of understanding the concept in the form of multiple-choice tests and problem-solving in the form of description tests. The population of the research was all students of class XI IPA of SMA Negeri 1 Ketungau Tengah in the academic year 2018/2019. A sample of 37 students consisted of two classes taken cluster random sampling technique. Data analysis using the MANOVA two-way test. The results of the research: (1) The ability to understand students' concepts is sufficient and students' problem-solving is good after the application of the problem-based learning model; (2) The ability to understand students' concepts is lacking and students' problem-solving is very lacking after the application of conventional learning models; and (3) There is an influence of the problem-based learning model on the understanding of concepts and problem-solving in Archimedes material.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Darma, Y. & Imam, S. 2014. Strategi Heuristik dengan Pendekatan Metakognitif dan Investigasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kreativitas Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(2): 110-119.

Fauziah, U. 2018. Problem Based Learning Terintegrasi Karakter Religius pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 7(1): 91-106.

Hamdani, D., Kurniati, E., & Sakti, I. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 10(1): 79-88.

Hamid, A. 2007. Pembelajaran Melalui Pakem. Jurnal Pendidikan, 4(1): 3-5.

Hertiavi, A. M., Langlang, H., & Khanafiyah, S. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1): 53-57.

Hudha, M. N. 2017. Authenthic Problem Based Learning (APBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 8(1): 64-70.

Khoirullah, M. E. 2016. Pembelajaran Concept Sentence dengan Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Al-Huda Jati Agung Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Strata pada FKIP Universitas Lampung: Tidak diterbitkan.

Mahmud, N. & Samad, R. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa SD Kelas IV SD 48 Kota Ternate. Jurnal Pendidikan, 13(2): 508-5016.

Mukminan. 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nafiah, M. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Materi Kalor di Kelas VII MTs Mathla’ul Anwar Pontianak. Skripsi Strata Satu pada FPMIPATEK IKIP-PGRI Pontianak: Tidak diterbitkan.

Nursyarifah, R., Rochman, C., Nasrudin, D., Yuningsih, K. E., & Latif, A. 2018. Efektivitas Proses Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(2): 13-18.

Rupika & Darmawan, H. 2018. Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Sains Teknologi Masyarakat dan Model Problem Based Learning Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Listrik Dinamis di Kelas X SMA Negeri 1 Boyan Tanjung. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya, 1(1): 22-26.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sandra, E., Tandililing, E., & Oktavianty, E. 2010. Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Hukum Newton di SMA Negeri 3 Bengkayang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(10): 1-8.

Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. 2011. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1): 52-56.

Sulaiman, Haji, A. G., & Syukri, M. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Information Technology terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 9(2): 49-64.

Sutarto, Wardhany, K. P. R., & Subiki. 2014. Media Video Kejadian Fisika dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(4): 323-329.

Wisudawati, A. W. & Sulisyowati, E. 2017. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

Kertinus, R., Darma, Y., & Wahyudi, W. (2019). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah dalam Materi Hukum Archimedes. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 135–144. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1252

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)