Persepsi Mahasiswa tentang Kompetensi Dosen terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Listrik dan Elektronika Otomotif
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1600Keywords:
kompetensi dosen, hasil belajar, ex post facto, lecturers’ competences, learning outcomesAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan kompetensi dosen dalam mengajar terhadap hasil belajar mahasiswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Responden penelitian sebanyak 38 orang. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket yang disebar kepada mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Listrik dan Elektronika Otomotif. Alat pengumpul data adalah Google document. Teknik analisis data menggunakan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kompetensi dosen dalam mengajar dan hasil belajar mahasiswa.
Â
Abstract
The purpose of this research was to analyze the relationship between lecturers' competences in teaching and student learning outcomes. The method used a quantitative with the type of ex post facto research. Research respondents were 38 people. The study used a data collection technique in the form of a questionnaire distributed to students who took the Electrical and Automotive Electronics course. Data collection tool was Google document. Data analysis techniques used multiple correlation. The results showed that there was a relationship between lecturers’ competences in teaching and student learning outcomes.
Downloads
References
Anggela, R. 2015. Hubungan antara Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja Guru dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa SMA di Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(1): 63-72.
Arpan, M. & Marpanaji, E. 2015. Faktor-Faktor Eksternal yang Memengaruhi Hasil Belajar Pemrograman Komputer Mahasiswa PTIK IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2): 195-208.
Bahri, S. & Lestari, E. T. 2014. Tingkat Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah SMA/MA dalam Memanfaatkan Pembelajaran Berbasis Komputer di Kota Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 12(2): 237-246.
Danim, S. 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Darmadi, H. 2015. Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2): 161-174.
Eryadini, N. 2014. Pengaruh Kompetensi Dosen terhadap Mutu Pembelajaran di STKIP PGRI Lamongan. Jurnal Edupedia, 1(1): 1-6.
Hapnita, W. 2018. Faktor Internal dan Eksternal yang Dominan Memengaruhi Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. Cived, 5(1): 2183-2187.
Harimurti, F. 2014. Internal Locus of Control sebagai Moderasi pada Pengaruh Kompetensi Dosen terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi). Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 10(1): 50-62.
Kadir, A. 2018. Pengaruh Kompetensi Dosen dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Analisis Statistika Mahasiswa FTIK IAIN Kendari. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(1): 1-15.
Khusniati, M. 2012. Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2): 204-210.
Kustiyati, S. 2017. Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dosen untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa. Indonesia Jurnal Kebidanan, 1(1): 37-48.
Kusuma, A. H. P. 2017. Pengaruh Kompetensi, Budaya Organisasi, dan Motivasi terhadap Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Kota Makasar. Economics Bosowa Journal, 3(8): 88-100.
Murti, R. W. & Prasetio, A. P. 2018. Pengaruh Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2): 94-102.
Nurbani, Fatmawati, E., Lesmana, C., & Koriaty, S. 2017. Persepsi Mahasiswa tentang Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Dosen terhadap Motivasi Belahar Mahasiswa pada IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(2): 177-190.
Permanasari, R., Setyaningrum, R. M., & Sundari, S. 2019. Model Hubungan Kompetensi, Profesionalisme, dan Kinerja Dosen. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Perbankan), 1(2): 157-174.
Sariani, N. & Nurhakim, I. 2018. Persepsi Mahasiswa terhadap Kompetensi Dosen Program Studi Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2): 228-243.
Stretcher, B. 2010. Performance Assessment in an Era of Standards-Based Educational Accountability. Stanford Center for Opportunity Policy in Education.
Suratno & Kurniati, D. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Math-Science Berbasis Performance Assessment untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Daerah Perkebunan Kopi Jember. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(1): 1-10.
Suwarni. 2014. Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus di SMA N 1 Prembun dan SMA N 1 Pejagoan Kabupaten Kebumen). Edukasi: Jurnal Pendidikan, 12(1): 124-137.
Pedoman Akademik Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang 2014/2015.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Yohanita, P. 2018. Persepsi Mahasiswa terhadap Kompetensi Dosen di Fakultas Ekonomi Unika Soegijapranata. Jurnal Ecodunamika, 1(2): 1-10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.