Pengaruh Heterogenitas terhadap Hasil Belajar Program Studi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Pontianak

Authors

  • Zuldafrial Zuldafrial Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Bohari Bohari Pendidikan Sejarah, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v12i2.162

Keywords:

heterogenitas, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui pengaruh heteregonitas Mahasiswa yang disebabkan oleh faktor pembawaan dan lingkungan terhadap hasil belajar Mahasiwa program studi sejarah STKIP-PGRI Pontianak. Metode penelitian ini metode ex post facto dengan disain faktorial 2x2x2.  Variabel bebas dalam penelitian ini adalah: (a) Jenis kelamin b) Latar beelakang Pendidikan dan (c) Pekerjaan Oang Tua. Variabel terikat adalah hasil  belajar. Variabel kontrol adalah: (a)  Tahun perkuliahan akademik 2012-2013 (b) Hasil belajar semester dua. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka dapat disimpulkan hasil penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1). Terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar antara Mahasiswa dan mahasiswi. Mahasiswa memiliki hasil belajar lebih baik dari kelompok Mahasiswi. (2). Terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar antara Mahasiswa- mahasiswi  yang berasal dari SLTA Negeri dan mahasiswa - mahasiwi yang berasal dari SLTA swasta. Kelompok mahasiswa- mahasiswi yang berasal dari SLTA negeri hasil belajarnya lebih rendah dari hasil belajar kelompok mahasiswa- mahasiswi yang berasal dari SLTA swasta. (3). Terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar antara Mahasiswa- mahasiswi  yang pekerjaan orang tuanya Pegawai Negeri dan mahasiswa-mahasiwi yang pekerjaan orang tuanya Pegawai Swasta. kelompok mahasiswa-mahasiswi yang pekerjaan orang tuanya Pegawai Negeri hasil belajarnya lebih tinggi dari hasil belajar kelompok mahasiswa-mahasiswi yang pekerjaan orang tuanya Pegawai Swasta. (4). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar mahasiswa-mahasiswi berdasarkan interaksi jenis kelamin dan asal sekolah. (5). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar mahasiswa-maahasiswi berdasarkan interaksi jenis kelamin dan pekerjaan orang tua (6). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar Mahasiswa-mahasiswi berdasarkan interaksi asal sekolah dan  pekerjaan orang tua.(7). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar mahasiswa- mahasiswi berdasarkan interaksi jenis kelamin, asal sekolah dan pekerjaan orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-12-12

How to Cite

Zuldafrial, Z., & Bohari, B. (2014). Pengaruh Heterogenitas terhadap Hasil Belajar Program Studi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 12(2), 267–281. https://doi.org/10.31571/edukasi.v12i2.162

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)