Persepsi Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Operasional Tata Boga
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1650Keywords:
persepsi mahasiswa, materi perkuliahan, kompetensi dosen, student perception, lecture material, lecturer competencesAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian adalah mengetahui persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah pembelajaran Operasional Tata Boga terkait materi perkuliahan dan kompetensi dosen (pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial). Jenis penelitian adalah deskriptif dengan sampel sebanyak 30 mahasiswa angkatan 2019/2020. Penetapan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data mengunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Berdasarkan persepsi mahasiswa, konstruksi materi telah sesuai dengan kebutuhan dan bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa, meskipun ada beberapa materi yang cukup sulit untuk dipahami; dan (2) Kompetensi dosen pengampu mata kuliah Operasional Tata Boga sangat baik dan dapat dikategorikan sebagai seorang dosen profesional, namun tetap harus ada perbaikan atau peningkatan pada beberapa aspek.
Â
Abstract
The purpose of this research was to determine students' perceptions of the courses in Operasional Tata Boga related lecture material and lecturer competencies (pedagogic, professional, personality, and social). This type of research was descriptive with a sample of 30 students class of 2019/2020. Determination of the sample used purposive sampling. The research instrument used a closed questionnaire. Data analysis techniques used quantitative descriptive. Based on the results of the research it was concluded that: (1) Based on students' perceptions, the construction of the material was in accordance with the needs and was useful for improving student skills, although there were some materials that were quite difficult to understand; and (2) The competence of lecturers in the Operasional Tata Boga course is very good and can be categorized as a professional lecturer, but there must still be improvements in several aspects.
Downloads
References
Anggela, R. 2015. Hubungan antara Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja Guru dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa SMA di Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(1): 63-72.
Anih, E. 2018. Modernisasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Unsika, 4(2): 185-196.
Arpan, M. & Marpanaji, E. 2015. Faktor-Faktor Eksternal yang Memengaruhi Hasil Belajar Pemrograman Komputer Mahasiswa PTIK IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2): 195-208.
Bahri, S. & Lestari, E. T. 2014. Tingkat Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah SMA/MA dalam Memanfaatkan Pembelajaran Berbasis Komputer di Kota Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 12(2): 237-246.
Budiana, H. R., Sjafirah, N. A., & Bakti, I. 2015. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran bagi Para Guru SMPN 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 4(1): 59-62.
Budiman, H. 2017. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1): 31-43.
Darmadi, H. 2015. Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2): 161-174.
Ganyaupfu, E. M. 2013. Factors Influencing Academic Achievement in Quantitative Courses among Business Studends of Private Higher Education Institutions. Journal of Education and Practice, 4(15): 57-65.
Mediawati, E. 2010. Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa dan Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, V(2): 134-146.
Mukhtar. 2017. Persepsi Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Perkuliahan dan Hubungannya dengan Partisipasi Mahasiswa dalam Perkuliahan (Studi tentang Mahasiswa Semester Genap Jurusan Sosiologi Universitas Riau). Jom FISIP, 4(2): 1-15.
Mulyadi, A. & Rozak, A. M. 2019. Pengaruh Kompetensi dan Profesionalisme Dosen Akuntansi terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi. Journal Accounting Science, 3(1): 1-17.
Nurbani, Fatmawati, E., Lesmana, C., & Koriaty, S. 2017. Persepsi Mahasiswa tentang Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa pada IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(2): 177-190.
Prasetijo, R. & Ihalauw, J. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.
Rahmayanti. 2015. Penggunaan Media IT dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Circuit, 1(1): 85-97.
Rohani, A. 2010. Pengelolaan Pengajaran: Sebuah Pengantar Menuju Guru Profesional. Jakarta: Rineka Cipta.
Sariani, N. & Nurhakim, I. 2018. Persepsi Mahasiswa terhadap Kompetensi Dosen Program Studi Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2): 228-243.
Sarwono, S. W. 2013. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Seruni & Hikmah, N. 2014. Pemberian Umpan Balik dalam Peningkatan Hasil Balajar Mahasiswa. Jurnal Formatif, 4(3): 227-236.
Soraya, N. 2018. Analisis Persepsi Mahasiswa terhadap Kompetensi Dosen dalam Mengajar pada Program Studi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Jurnal Tadrib, IV(1): 183-204.
Suwarni. 2014. Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus di SMA N 1 Prembun dan SMA N 1 Pejagoan Kabupaten Kebumen). Edukasi: Jurnal Pendidikan, 12(1): 124-137.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf. Diakses 20 Januari 2020.
Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV Andi.
Zukhaira & Kuswardono, S. 2010. Persepsi dan Harapan Mahasiswa dan Dosen terhadap Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab. Jurnal Bahasa dan Sastra, 6(1): 1-7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.