Penerapan Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Flashcard untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar

Authors

  • Nur Fitriyana Pendidikan Biologi, Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Kurnia Ningsih Pendidikan Biologi, Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Ruqiah Ganda Putri Panjaitan Pendidikan Biologi, Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1667

Keywords:

model SAVI, flashcard, aktivitas, hasil belajar, SAVI model, activity, learning outcomes

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik, serta mengetahui proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan flashcard materi Sistem Eksresi kelas VIII SMP Negeri 5 Bunut Hulu. Subjek penelitian yaitu 22 peserta didik kelas VIII. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi proses pembelajaran dan aktivitas belajar, serta soal tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran pada siklus I sebesar 92,31% dan siklus II mencapai 100%. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 77,27% dan siklus II sebesar 90,91%. Hasil belajar menunjukkan jumlah peserta didik yang tuntas pada siklus I adalah 18 orang dengan persentase 81,82% dan siklus II adalah 21 orang dengan persentase 95,45%.

 

Abstract

The research aimed to improve the activities and learning outcomes of students, as well as to find out the learning process using SAVI learning models assisted by flashcard at Expression System material for Class VIII SMP Negeri 5 Bunut Hulu. The research subjects were 22 students of class VIII. The research method used classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, implementing actions, observing, and reflecting. The instruments used observation sheets of the learning process and learning activities, as well as learning achievement test questions. Data analysis techniques used descriptive statistics. The results showed that the learning process in the first cycle was 92.31% and the second cycle reached 100%. Learning activities of students in the first cycle was 77.27% and the second cycle was 90.91%. Learning outcomes show the number of students who completed in the first cycle was 18 people with a percentage of 81.82% and the second cycle was 21 people with a percentage of 95.45%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S. 2018. Pentingnya Mengembangkan Ketrampilan Mendengarkan Efektif dalam Konseling. Jurnal Educatio, 4(2): 2477-0302.

Amu, T. D. N., Jamaludin, & Hasdin. 2014. Meningkatkan Perhatian Siswa Kelas V SDN 2 Salakan pada Mata Pelajaran PKn melalui Metode Diskusi. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(3): 2354-614X.

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Armawati, Samad A., & Azis A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Peserta Didik Kelas VII.A SMP Aisyiyah Sungguminasa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2): 116-122.

Chozaipah. 2018. Peran dan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntasi di SMKN 1 Dumai Provinsi Riau. Jurnal Serambi PTK, 5(1): 2355-9535.

Dewi, I. & Indrawati, K. R. 2014. Perilaku Mecatat dan Kemampuan Memori pada Proses Belajar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2): 241-250.

Febriyanto, B. & Yanto, A. 2019. Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2): 108-116.

Fiteriani, I. 2015. Membudayakan Iklim Semangat Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Terampil: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1): 115-125.

Hasnah, Y. & Dewi, R. S. 2018. Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa melalui Pendekatan SAVI pada Mata Kuliah. Curriculum and Material Development. Jurnal Tarbiyah, 25(2): 2597-4270.

Ibrahim, R. H. & Hussein, D. A. 2015. Assessment of Visual, Auditory, and Kinesthetic Learning Style Among Undergraduate Nursing Students. International Journal of Advanced Nursing Studies, 5(1): 1-4.

Jauhari, M. I. 2018. Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Jurnal Piwulang, 1(1): 54-67.

Martoredjo, N. T. 2014. Keterampilan Mendengarkan secara Aktif dalam

Komunikasi Interpersonal. HUMANIORA, 5(1): 501-509.

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Novitasari, D. 2017. Penerapan Pendekatan SAVI untuk Meningkatkan Aktivitas Matematik. Prima, 6(1): 33-45.

Pritama, D. 2015. Studi tentang Upaya Guru dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SD Negeri 1 Pengasih. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(12): 1-10.

Puspitasari, A., Hermahayu, & Purnanto, A. W. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI dengan Media Hide and Seek terhadap Hasil Belajar IPA. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 10(2): 137-148.

Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sari, A. W. 2016. Pentingnya Ketrampilan Mendengar dalam Menciptakan Komunikasi yang Efektif. Jurnal Edu Tech, 2(1): 2442-7063.

Sitorus, E. 2017. Peningkatan Keterampilan Diskusi Siswa Kelas VII SMP melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray. SEJ, 7(4): 506-549.

Susilana, R. & Riyana, C. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana.

Triatma, I. N. 2016. Minat Baca pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. E-Journal Prodi Teknologi Pendidikan, 5(6): 166-178.

Wardani, F. P. 2017. Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal PANCAR, 1(2): 5-8.

Wibowo, N. 2016. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronixs, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(2): 128-139.

Downloads

Published

2020-06-07

How to Cite

Fitriyana, N., Ningsih, K., & Panjaitan, R. G. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Flashcard untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 13–27. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1667

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)