Penerapan Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Flashcard untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1667Keywords:
model SAVI, flashcard, aktivitas, hasil belajar, SAVI model, activity, learning outcomesAbstract
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik, serta mengetahui proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan flashcard materi Sistem Eksresi kelas VIII SMP Negeri 5 Bunut Hulu. Subjek penelitian yaitu 22 peserta didik kelas VIII. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi proses pembelajaran dan aktivitas belajar, serta soal tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran pada siklus I sebesar 92,31% dan siklus II mencapai 100%. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 77,27% dan siklus II sebesar 90,91%. Hasil belajar menunjukkan jumlah peserta didik yang tuntas pada siklus I adalah 18 orang dengan persentase 81,82% dan siklus II adalah 21 orang dengan persentase 95,45%.
Â
Abstract
The research aimed to improve the activities and learning outcomes of students, as well as to find out the learning process using SAVI learning models assisted by flashcard at Expression System material for Class VIII SMP Negeri 5 Bunut Hulu. The research subjects were 22 students of class VIII. The research method used classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, implementing actions, observing, and reflecting. The instruments used observation sheets of the learning process and learning activities, as well as learning achievement test questions. Data analysis techniques used descriptive statistics. The results showed that the learning process in the first cycle was 92.31% and the second cycle reached 100%. Learning activities of students in the first cycle was 77.27% and the second cycle was 90.91%. Learning outcomes show the number of students who completed in the first cycle was 18 people with a percentage of 81.82% and the second cycle was 21 people with a percentage of 95.45%.
Downloads
References
Aminah, S. 2018. Pentingnya Mengembangkan Ketrampilan Mendengarkan Efektif dalam Konseling. Jurnal Educatio, 4(2): 2477-0302.
Amu, T. D. N., Jamaludin, & Hasdin. 2014. Meningkatkan Perhatian Siswa Kelas V SDN 2 Salakan pada Mata Pelajaran PKn melalui Metode Diskusi. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(3): 2354-614X.
Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arsyad, A. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Armawati, Samad A., & Azis A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Peserta Didik Kelas VII.A SMP Aisyiyah Sungguminasa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2): 116-122.
Chozaipah. 2018. Peran dan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntasi di SMKN 1 Dumai Provinsi Riau. Jurnal Serambi PTK, 5(1): 2355-9535.
Dewi, I. & Indrawati, K. R. 2014. Perilaku Mecatat dan Kemampuan Memori pada Proses Belajar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2): 241-250.
Febriyanto, B. & Yanto, A. 2019. Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2): 108-116.
Fiteriani, I. 2015. Membudayakan Iklim Semangat Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Terampil: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1): 115-125.
Hasnah, Y. & Dewi, R. S. 2018. Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa melalui Pendekatan SAVI pada Mata Kuliah. Curriculum and Material Development. Jurnal Tarbiyah, 25(2): 2597-4270.
Ibrahim, R. H. & Hussein, D. A. 2015. Assessment of Visual, Auditory, and Kinesthetic Learning Style Among Undergraduate Nursing Students. International Journal of Advanced Nursing Studies, 5(1): 1-4.
Jauhari, M. I. 2018. Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Jurnal Piwulang, 1(1): 54-67.
Martoredjo, N. T. 2014. Keterampilan Mendengarkan secara Aktif dalam
Komunikasi Interpersonal. HUMANIORA, 5(1): 501-509.
Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Novitasari, D. 2017. Penerapan Pendekatan SAVI untuk Meningkatkan Aktivitas Matematik. Prima, 6(1): 33-45.
Pritama, D. 2015. Studi tentang Upaya Guru dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SD Negeri 1 Pengasih. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(12): 1-10.
Puspitasari, A., Hermahayu, & Purnanto, A. W. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI dengan Media Hide and Seek terhadap Hasil Belajar IPA. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 10(2): 137-148.
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sari, A. W. 2016. Pentingnya Ketrampilan Mendengar dalam Menciptakan Komunikasi yang Efektif. Jurnal Edu Tech, 2(1): 2442-7063.
Sitorus, E. 2017. Peningkatan Keterampilan Diskusi Siswa Kelas VII SMP melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray. SEJ, 7(4): 506-549.
Susilana, R. & Riyana, C. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana.
Triatma, I. N. 2016. Minat Baca pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. E-Journal Prodi Teknologi Pendidikan, 5(6): 166-178.
Wardani, F. P. 2017. Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal PANCAR, 1(2): 5-8.
Wibowo, N. 2016. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronixs, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(2): 128-139.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.