Penerapan Model Make A Match Berbantuan Biocard terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Argumentasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1675Keywords:
hasil belajar, keterampilan argumentasi, make a match, learning outcomes, argumentation skillsAbstract
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Make A Match berbantuan Biocard terhadap hasil belajar dan keterampilan argumentasi siswa pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup kelas VII SMP Kemala Bhayangkari. Bentuk penelitian adalah Quasy Experimental Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VII B sebagai kelas kontrol dan VII C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes. Analisis data menggunakan Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 16,04 sedangkan pada kelas kontrol 13,74. Hal ini menunjukkan model make a match berbantuan biocard memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Keterampilan argumentasi pada penelitian ini menggunakan argumentasi Toulmin yaitu menilai aspek data,claim,warrant dan backing. Hasil penelitian keterampilan argumentasi kelas eksperimen menunjukkan kriteria baik (70,82%), sedangkan pada kelas kontrol dengan kriteria cukup (68,40%). Dapat disimpulkan model make a match berbantuan biocard berpengaruh terhadap keterampilan argumentasi siswa.
Â
Abstract
The research aimed to determine the application of the Biocard-aided Make A Match learning model to the learning outcomes and students' argumentation skills in the Classification of Living Class VII material of Kemala Bhayangkari Middle School. The form of research was Quasy Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design research design. The research sample consisted of 2 classes, VII B as a control class and VII C as an experimental class. Data collection techniques used test questions. Data analysis used Effect Size. The results showed the average score of the experimental class learning outcomes was 16.04 while that of the control class was 13.74. This shows the biocard-aided make a match model has a significant influence on student learning outcomes. Argumentation skills in this study use Toulmin's argumentation, namely assessing aspects of data, claims, warrant and backing. The results of the experimental class argumentation skills showed good criteria (70.82%), whereas in the control class with sufficient criteria (68.40%). It can be concluded that the make a match model aided by biocard affects the student's argumentation skills.
Downloads
References
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Berlian, Z., Kurratul, A., & Siti, N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan, 3(1): 13-17.
Dewina, S., Ondi, S., & Rahma, W. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Menganalisis dan Keterampilan Berargumentasi Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 9(2): 54-65.
Djamarah, S. B. & Aswan, Z. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatmawati, E. & Yuliatin, R. Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Make a Match terhadap Hasil Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(1): 27-37.
Firdauzi, F. S., Rahma, W., & Handayani, H. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Metode Debat terhadap Kemampuan Berargumentasi. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 11(1): 1-10.
Frey, B. B., James, D. E., Janis, A. B., Jana, C. H., & Marilyn, A. 2015. Development of a Test of Scientific Argumentation. Electronic Journal of Scienc e Education, 19(4): 1-18.
Ginanjar, W. S., Setiya, U., & Muslim. 2015. Penerapan Model Argument-Driven Inquiry dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1): 32-37.
Handayani, P. & Murniati, S. M. S. 2015. Analisis Argumentasi Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang dengan Menggunakan Model Argumentasi Toulmin. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1): 60-68.
Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jihad, A. & Hadi, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Pressindo.
McNeill, K. L. 2011. Elementary Student’s Views of Explanation, Argumentation, and Evidence, and Their Abilities to Construct Arguments Over the School Year. Journal of Research in Science Teaching, 48(7): 793-823.
Munir, M. K., Insar, D., & Iwan. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas VII SMP Yapis Manokwari. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 2(1): 120-129.
Muslim & Suhandi, A. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Sekolah untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berargumentasi. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(2): 174-183.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Santoso, D. 2015. Efektivitas Motode Jigsaw dan Make a Match Meningkatkan Kualitas Belajar Arsitektur dan Organisasi Komputer. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2): 133-149.
Setyono, Y. A., Sukarmin, K., & Daru, W. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya Ditinjau dari Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1): 118-126.
Sudjono, A. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sunhaji. 2016. Implementation of Cooperative Learning Strategy in Forming the Student about Thinking Skill of the Whole of State Islamic Senior High Schools in Purwokerto City Indonesia. International Journal of Education and Research, 4(10): 131-144.
Susilana, R. & Cepi, R. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Trianto. 2009. Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Pernanda Media Grub.
Yusriana, C., Syamswisna, & Reni, M. 2017. Kelayakan Biocard sebagai Media Sub Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(12): 1-10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.