SUPERVISI AKADEMIK BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sukasman Sukasman

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian untuk menganalisis supervisi berkelanjutan yang dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian dilakukan di SMP Negeri 8 Sungai Kakap dengan subjek penelitian yaitu para guru. Instrumen penelitian menggunakan studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa supervisi secara berkelanjutan terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPP di SMP Negeri 8 Sungai Kakap.

 

Abstract

The purpose of the research was to analyzing ongoing supervision can improve teachers pedagogic competency of in preparing the learning implementation plan. The research method used School Action Research (SAR). The study was conducted at SMP Negeri 8 Sungai Kakap with the teachers as the research subjects. The research instrument used the study of documentation, observation, and interviews. Data analysis techniques using descriptive analysis. Based on the results of the study, it appears that ongoing supervision is scientifically proven to be able to improve the pedagogic competence of teachers in preparing RPP in SMP Negeri 8 Sungai Kakap.


Keywords


supervisi akademik, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, kompetensi pedagogik guru

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Adewale, O. S. 2014. Intructional Improvement of Secondary School Teachers through Effective Academic Supervision by the Vice-Principals. Journal of Education and Human Development, 3(2): 607-617.

Alfonso, R. J., Firth, G., & Neville, R. 1981. Intructional Supervision a Behavioral System. Boston: Allyn Bacon.

Ambarita, B., Siburian, P., & Purba, S. 2014. Development of Academic Supervision Model which Based on Educational Management. International Journal of Sciencies: Basic and Applied Research, 18(1): 304-314.

Ambarwangi, S. & Rachman, M. 2015. Holistic Academic Supervision Model for Cultural Art Teachers of Vocational High School. HARMONIA: Journal of Arts Research and Education, 15(1): 62-67.

Arman, A. 2016. Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1): 55-61.

Astuti, S. 2016. Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Administrasi Penilaian di SD Laboratorium UKSW. Scholaria, 6(1): 117-126.

Damayanti, W. 2016. Peningkatan Mutu Kinerja Guru melalui Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Salatiga Menghadapi PKG 2016 (Solusi Perubahan dengan Gabungan Model Supervisi Akademik Artistic Model dan Cooperative Development Model. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1): 80-86.

Depdiknas. 2007. Supervisi Akademik; Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah; Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2004. Petunjuk Pengelolaan Adminstrasi Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Gratrix, L. & Barrett, D. 2017. Desperately Seeking Consistency: Students Nurses’ Experiences and Expectations of Academic Supervision. Nurse Education Today, 48(2017): 7-12.

Glickman, C. 2002. Leadership For Learning : How To Help Teachers Succeed. Association for Supervision and Curriculum Development. Alexandria, Virginia USA.

Hamid, A. 2017. Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan SDN 007 Panipahan Darat. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(2): 277-289.

Hardono, Haryono, & Yusuf, A. 2017. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management, 6(1): 26-33.

Hartanto, S. & Purwanto, S. 2016. Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Irawan, D., Wahyudin, A., & Yanto, H. 2018. The Moderating Influence of the Academic of Teacher Competencies and Commitment towards Organizational of Teacher Performance. Educational Management, 7(1): 65-70.

Leniwati & Arafat, Y. 2017. Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 2(1): 106-114.

Mudzakir, D. 2016. Implementasi Supervisi Manajerial dan Akademik Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidayah. STUDIA DIDKATIKA Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2): 33-47.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ndapaloka, V., Hardyanto, W., & Prihatin, T. 2016. Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah melalui Motivasi Berprestasi sebagai Mediasi terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Kabupaten Ende. Educational Management, 5(1): 42-54.

Okendu, J. N. 2012. The Influence of Instructional Process and Supervision on Academic Performance of Secondary School Students of Rivers State, Nigeria. Academic Research International, 3(1): 332-338.

Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Permendiknas 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses.

Prasetyono, H., Abdillah, A., & Fitria, D. 2018. Academic Supervision toward Teacher’s Performance through Motivation as Intervening Variable. Journal of Education and Learning, 12(2): 188-197.

Robbins, S. P. 2001. Organizational Behavior. New Jersey: Pearson Education International.

Rosilawati, T. 2014. Supervisi Akademik dalam Upaya Peningkatan Motivasi Guru Menyusun Perangkat Persiapan Pembelajaran. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan, 1(2): 57-62.

Spencer, L. M. & Spencer, S. M. 1993. Competence at Work: Models for Superior Performance. John Wiley & Sons. Inc.

Sofo, F. 1999. Human Resource Development, Perspective, Roles and Practice Choice. Warriewood, NWS: Business and Professional Publishing.

Syah, M. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen.

Usman, M. U. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Usman, Y. D. 2015. The Impact of Instructional Supervision on Academic Performance of Secondary School Students in Nasarawa State, Nigeria. Journal of Education and Practice, 6(10): 160-167.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 IKIP PGRI Pontianak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY



MAPS



ISSN 1829-8702 (print)

ISSN 2407-1803 (online)

 

Diterbitkan oleh

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2, Jl. Ampera No. 88, Pontianak
Kalimantan Barat - 78116



Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License