Perspektif Pendidikan Karakter Akhlak Mulia pada Perubahan Tingkah Laku Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1845Keywords:
pendidikan karakter, akhlak mulia, perubahan tingkah laku, character education, noble morals, change in behaviorAbstract
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mendapatkan informasi penerapan pendidikan karakter akhlak mulia sebagai upaya pembentukan karakter siswa. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 1 Tanjung Raya Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat. Pemilihan subjek penelitian didasari kolaborasi penerapan program penanaman nilai rohani yang dilakukan ketua jurusan. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa program pelaksanaan salat Zuhur berjemaah disambut positif oleh siswa; siswa telah patuh terhadap peraturan yang ada di sekolah; siswa lebih mementingkan perintah orang tua walaupun sedang asyik bermain dengan temannya; siswa memiliki respek terhadap lingkungan masyarakat; dan siswa memiliki jiwa cinta alam dan berbudaya menjaga lingkungan.
Â
Abstract
The research aimed to obtain information on the application of moral character education as an effort to build student character. This research used a qualitative descriptive method. The research subjects were students majoring in Mechanical Engineering at SMK Negeri 1 Tanjung Raya Agam Regency, West Sumatra Province. The selection of research subjects was based on collaborative implementation of the spiritual value cultivation program carried out by the head of the department. The data collection technique was carried out by observation and interviews. The data analysis technique used descriptive analysis. The results of the research revealed that the Zuhur prayer program in congregation was positively welcomed by the students; students have obeyed the rules in school; students are more concerned with parental orders even though they are enjoying playing with their friends; students have respect for the community environment; and students have a spirit of love for nature and a culture of protecting the environment.
Downloads
References
Abdullah, M. A. 2014. Religion, Science and Culture: An Integrated, Interconnected Paradigm of Science. Aljamia’ah Journal of Islamic Studies, 52(1): 175-203.
Ahmad, H. 2015. Leadership in TVET for the 21st Century: Challenges, Roles and Characteristics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195(July): 1471-1476.
Azkia, H. & Tamrin, M. 2018. Upaya Mengoptimalisasikan Pendidikan Berbasis Karakter Siswa TPQ/TQA Masjid Darul Mukhlisin Padang. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1): 47-56.
Darojah, S. 2016. Metode Penanaman Akhlak dalam Pembentukan Perilaku Siswa MTs N Ngawen Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(November): 233-244.
Johan, A. B. 2014. Peran Pendidikan Kejuruan dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Akademik Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, 2015(November): 1-6.
Juwitaningrum, I. 2013. Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2), 132-147.
Lesmana, C., Arpan, M., Ambiyar, Wakhinuddin, & Fatmawati, E. 2019. Respons Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Program Matrikulasi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2): 227-237.
Khodijah, N. 2013. Kinerja Guru Madrasah dan Guru Pendidikan Agama Islam Pasca Sertifikasi di Sumatera Selatan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1): 91-102.
Mualimin. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter Akhlak Mulia melalui Ekstrakurikuler. Al-Hikmah Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 12(1): 94-116.
Octavia, E. & Rube'i, M. A. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila untuk Membentuk Mahasiswa Prodi PPKn Menjadi Warga Negara yang Baik dan Cerdas. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1): 111-124.
Osman, K., Hamid, S. H. A., & Hassan, A. 2009. Standard Setting: Inserting Domain of the 21st Century Thinking Skills into the Existing Science Curriculum in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1): 2573-2577.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf. Diakses 9 Juli 2020.
Poerwadarminta, W. J. S. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Rianto, H. 2015. Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Membangun Generasi Cerdas dan Berkarakter. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial,2(1): 14-21.
Siregar, A. J. 2016. Student Engagement dan Parent Involvement sebagai Prediktor Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Yogyakarta. Indigenous Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1): 61-73.
Sumardjoko, B. 2010. Faktor-Faktor Determinan Peran Dosen dalam Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3): 294-310.
Suriansyah, A. & Aslamiah. 2015. Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, dan Masyarakat dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2): 234-247.
Syaepul, M. 2017. Pembinaan Akhlak Mulia melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 1(2): 49-65.
Yuliananingsih. 2015. Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan IKIP PGRI Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2): 239-248.
Zuchdi, D., Prasetya, Z. K., & Masruri, M. S. 2010. Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan Jurlan Ilmiah Pendidikan, XXIX(3): 1-12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.