KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI DAN TEKNOLOGI MAHASISWA CALON GURU MENGHADAPI PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Erni Fatmawati, Endah Safitri

Abstract


Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi informasi dan literasi teknologi mahasiswa calon guru menghadapi pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan bentuk penelitian survei. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi PTIK IKIP PGRI Pontianak angkatan 2016-2018 berjumlah 375 mahasiswa dengan pengambilan sampel berdasarkan teknik proportionate stratified random sampling yang berjumlah 177 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi informasi yang dimiliki oleh mahasiswa berada pada kategori baik dan kemampuan literasi teknologi yang dimiliki mahasiswa juga berada pada kategori baik.

 

Abstract

The research aimed to determine the information and technological literacy skills of prospective teacher students facing learning in the era of the industrial revolution 4.0. The research method used descriptive with a survey research form. The population was 375 students of the ICT Education Study Program at IKIP PGRI Pontianak class 2016-2018 with sampling based on proportionate stratified random sampling, totaling 177 students. Data collection techniques used indirect communication with data collection tools in the form of a questionnaire. The data analysis technique used descriptive analysis. The results showed that the students' information literacy skills were in a good category and students' technology literacy skills were in a good category.


Keywords


literasi informasi; literasi teknologi; revolusi industri 4.0

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Adam. 2009. Literasi Informasi. http://perpus.umy.ac.id/2009/02/19/literasi-informasi/. Diakses pada 20 Maret 2019.

Anwar, R. K., Komariah, N., & Rahman, M. T. 2017. Pengembangan Konsep Literasi Informasi Santri: Kajian di Pesantren Arafah Cililin Bandung Barat. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, 2(1): 131-142.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Catts, R. & Lau, J. 2008. Towards Information Literacy Indicators. Unesco: Paris.

Cholifah, I., Ansori, & Mulyono, D. 2020. Profil Pemanfaatan Literasi Teknologi dan Informasi (TIK) oleh Penilik Kota Cimahi. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2): 174-180.

Darmayanti, R. 2016. Membangun Budaya Literasi Informasi bagi Masyarakat Kampus. Iqra’: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 10(1): 92-101.

Erwin, Tahang, L., & Galib, L. M. 2019. Analisis Kemampuan Literasi Sains dan Teknologi Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP Negeri di Kecamatan Lainea dan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 4(4): 186-195.

Hamidy, Y. D. I. A. & Heriyanto. 2012. Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa pada Layanan American Corner di UPT Perpustakaan IAIN Walisongo Semarang Menurut Association of College and Research Librarires. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 1(1):25-33.

Hafiar, H., Puspitasari, L., & Anwar, R. K. 2014. Literasi Informasi Media: Studi Kasus Manfaat Media Massa terhadap Difusi Inovasi Pertanian di Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Edulib : Journal of Library and Information Science, 4(1): 16-34.

Helaluddin. 2019. Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi. Jurnal PENDAIS, 1(01): 44-55.

Juditha, C. 2019. Literasi Informasi Melawan Hoaks Bidang Kesehatan di Komunitas Online. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(1): 77-90.

Liong, Y. P., Wong, S. L., Ayub, A. F. M., & Wong, S. L. 2020. Hubungan di antara Strategi Pembelajaran dengan Literasi Teknologi Maklumat dan Komunikasi Pelajar Prasiswazah. Jurnal Pendidikan Malaysia, 45(1): 1-11.

Makaudis, T., Kumaat, R. M., & Rengkung, L. R. 2020. Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Agroindustri Rumah Panggung di Woloan Kecamatan Tomohon Barat Kota Tomohon. Journal of Agribusiness and Rural Development, 2(2): 130-142.

Melani, S. 2016. Literasi Informasi dalam Praktek Sosial. Iqra’: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 10(2): 67-82.

Muhajang, T. & Pangestika, M. D. 2018. Pengaruh Literasi Informasi terhadap Efektivitas Belajar Siswa. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2): 15-22.

Muhaiminullah, M., Cahyani, D., & Maryuningsih, Y. 2018. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Literasi Teknologi Informasi di SMA Negeri 1 Rajagaluh. Jurnal Ilmu Alam Indonesia, 1(4): 221-233.

Mulyono, H. & Halim, N. 2015. Literasi Informasi dan Kritis: Urgensi, Perspektif Islam, dan Integrasi dalam Kurikulum Pendidikan. JURNAL TARBIYAH, 22(2): 313-329.

Munir. 2017. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.

Murti, D. P. & Winoto, Y. 2018. Hubungan antara Kemampuan Literasi Informasi dengan Prestasi Belajar Siswa SMAN 1 Cibinong Kabupaten Bogor. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 2(1): 1-5.

Nasir, M. 2018. Kembangkan Literasi Teknologi dalam https://mediaindonesia.com/read/detail/183929-kembangkan-literasi-teknologi. Diakses pada 19 Februari 2019.

Nasution, S. H. 2018. Pentingnya Literasi Teknologi bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1): 14-18.

Nugraha, J. A., Sulistyono, & Toharudin, U. 2019. Peningkatan Kemampuan Literasi Sains dan Teknologi melalui Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat. Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi, 7(1): 1-6.

Nurohman, A. 2014. Signifikansi Literasi Informasi (Information Literacy) dalam Dunia Pendidikan di Era Global. Jurnal Kependidikan, 2(1): 1-25.

Restiyani, R. 2014. Profil Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Media dan Sumber Pembelajaran oleh Guru Biologi. EDUSAINS, 6(1): 49-66.

Rose, M. A. 2007. Perceptions of Technological Literacy among Science, Technology, Engineering, and Mathematics Leaders. Journal of Technology Education, 19(1): 35-52.

Saleh, B. 2015. Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Masyarakat di Kawasan Mamminasata. Jurnal Pekommas, 18(3): 151-160.

Saman, M. I., Koeshandayanto, S. K., & Sunaryo. 2019. Eksplorasi Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa melalui Blended Learning Fisika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengambangan, 4(1): 79-84.

Sari, P. E. N. & Nehru. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Rangkaian Arus Searah untuk Kelas XII SMA. Edufisika:Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1): 70-79.

Septiyantono, T. 2014. Literasi Informasi: Konsep Dasar Literasi Informasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Siswanto, S. 2012. Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Masyarakat Desa Pantai, Survai di Desa Kota Bengkulu, Pangkal Pinang, Jakarta. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 16(2): 81-110.

Siswati, S. 2019. Pengembangan Soft Skills dalam Kurikulum untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2): 264-273.

Subarjo, A. H. 2017. Perkembangan Teknologi dan Pentingnya Literasi Informasi untuk Mendukung Ketahanan Nasional. Angkasa: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, 9(2): 1-8.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suwarni, Ulansari, R., & Hartanto, S. B. 2019. Analisis Tingkat Literasi Teknologi Informasi di Lingkungan RPTRA Cipayung. Jurnal Teknologi Informasi, 5(2): 138-146.

Suzanne, N. 2019. Literasi Teknologi dalam Perspektif Calon Pendidik Sekolah Dasar: Sebuah Analisis Kebutuhan. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 3(2): 118-139.

Syarifuddin. 2014. Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(2): 153-164.

Theffidy, S. G. A. 2020. Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 di Tengah Covid-19 dalam https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--pendidikan-era-revolusi-industri-40-di-tengah-covid-19. Diakses pada 13 September 2020.

Wicaksono. G., Iriani, T., & Murtinugraha, R. E. 2019. Correlation Between Information Literacy with Student Learning Outcomes on Soil Measure Science (Using the Big 6 Skills Model at SMKN 1 Jakarta). Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 8(2): 63-72.

Winarsih, E. & Furinawati, Y. 2018. Literasi Teknologi dan Literasi Digital untuk Menumbuhkan Keterampilan Berwirausaha bagi Kelompok Pemuda di Kota Madiun. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS. Madiun: 2018. Hal: 23-29.

Yusup, P. M. & Saepudin, E. 2017. Praktik Literasi Informasi dalam Proses Pembelajaran Sepanjang Hayat (Information Literacy Practices in the Process of Lifelong Learning). Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 5(1): 79-94.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1863

Article Metrics

Abstract view : 310 times
DOWNLOAD PDF - 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Erni Fatmawati, Endah Safitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING AND ARCHIVING



PUBLISHED BY

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah
IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
e-mail: edukasi.ikippgriptk@gmail.com



ISSN 1829-8702 (print)

ISSN 2407-1803 (electronic)

 


Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License