Soft Skills Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika

Authors

  • Yudi Darma Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Muhamad Firdaus Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Wandra Irvandi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1876

Keywords:

soft skills matematis, mahasiswa calon guru matematika, analisis deskriptif, mathematical soft skills, the student mathematics teacher candidates, descriptive analysis

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui soft skills matematis mahasiswa calon guru matematika yang meliputi kebiasaan berpikir cerdas, keaktifan, minat, motivasi, resiliensi matematik, konsep diri, kepercayaan diri, kemampuan diri, dan penghargaan diri. Populasi penelitian sebanyak 112 orang. Sampel penelitian sebanyak 30 orang yang dipilih dengan purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soft skills matematis mahasiswa pada kategori baik dengan rincian: konsep diri pada kategori sangat baik; kebiasaan berpikir cerdas, keaktifan, minat, motivasi, serta kepercayaan diri mahasiswa pada kategori baik; serta resiliensi matematik, kemampuan diri, dan penghargaan diri mahasiswa pada kategori cukup.

 

Abstract

This research aimed to determine the mathematical soft skills of the student mathematics teacher candidates which include habits of mind, activeness, interests, motivation, mathematical resilience, self-concept, self-confidence, self-efficacy, and self-esteem. The population was 112 people. The sample was 30 people selected by purposive sampling. The data collection tool used a questionnaire. The data analysis technique used descriptive analysis. The results showed that the students' mathematical soft skills were in a good category with details: self-concept in the very good category; smart thinking habits, activeness, interest, motivation, and self-confidence of students in the good category; and mathematical resilience, self-ability, and self-esteem of students in the sufficient category.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifiani. 2017. Penerapan Model Pembelajaran NHT-TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Materi Matematika SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1): 11-20.

Aminah, N. 2014. Analisis Kemampuan Pedagogik dan Self Confidence Calon Guru Matematika dalam Menghadapi Praktek Pengalaman Lapangan. Jurnal Euclid, 1(1): 55-59.

Aringga, D., Shodiqin, A., & Albab, I. U. 2019. Penelusuran Kebiasaan Berpikir (Habits of Mind) Matematis Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Bilangan Pecahan Ditinjau dari Gaya Kognitif. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2): 121-129.

Ario, M. 2018. Implementasi Lesson Study untuk Menumbuhkan Keaktifan Belajar dan Kerjasama Mahasiswa. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(1): 1-11.

Ariyanto, L., Tsalatsa, A. N., & Prayitno, M. 2018. Analisis Free Orientation dan Resilience Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(1): 29-36.

Brown, G. W. 2011. Student Centered Learning in Higher Education. International Journal of Teaching in Higher Education, 23(3): 93-97.

Costa, A. L. 2001. Habits of Mind dalam A.L. Costa (Ed.). 2001. Developing Minds. A Resource Book for Teaching Thinking. 3rd Edition. Virginia USA: Assosiation for Supervision and Curriculum Development.

Darma, Y., Suratman, D., & Susiaty, U. D. 2020. Balance of Soft Skills and Hard Skills: Development of Subject Specific Pedagogic Based on Heuristic Strategy with Character Contents in Learning. AIP Conference Proceedings. AIP Publishing LLC (Vol. 2268, No. 1, p. 030003).

Darma, Y., Suratman, D., Yani, A., & Susiaty, U. D. 2019. Improving Problem-Solving Ability And Character In Subject-Specific Pedagogic With Heuristic Strategy. Journal of Education, Teaching, and Learning, 14(2): 169-178.

Darma, Y., Susiaty, U. D., & Fitriawan, D. 2018. Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2): 110-115.

Darma, Y. & Sujadi, I. 2016. Strategi Heuristik dengan Pendekatan Metakognitif dan Investigasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kreativitas Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(2): 110-119.

Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, R. 2016. Hubungan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(1): 169-178.

Defitriani, E. 2019. Profil Habits of Mind Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Batanghari Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2): 57-64.

Elfindri, Rumengan, J., Wello, M. B., Tobing, P., Yanti, F., Eriyani, Z. E., Indra, R. 2010. Peningkatan Soft Skills Siswa SMP melalui Pembelajaran Generatif Soft Skills untuk Pendidik. Jakarta: Baduose Media.

Hamalik. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hendriana, Rohaeti, & Sumarmo. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Hendriana, Rohaeti, & Sumarmo. 2015. Meningkatkan Beragam Hard Skill dan Soft Skill Matematika Siswa Sekolah Menengah melalui Beragam Pendekatan Pembelajaran. Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana DIKTI tahun kedua 2015: tidak dipublikasikan.

Hidayat, P. W. 2018. Analisis Profil Minat Belajar dan Kemampuan Pemahaman Konsep Dasar Matematika SD pada Mahasiswa S1 PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Lemma: Letters of Mathematics Education, 4(2): 62-74.

Jacobbe, T. & Millman, R. S. 2009. Mathematical Habits of the Mind for Preservice Teachers. School Science and Mathematics, 109(5): 298-302.

Johnston-Wilder, S. & Lee, C. 2010. Mathematical Resilience. Mathematics Teaching, 218(5): 28-41.

Kaniawaty, R. 2016. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik serta Motivasi Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat Melalui Metode Tutor Sebaya. Tesis pada Pascasarjana STKIP Siliwangi Bandung: tidak dipublikasikan.

Mahani, I., Budiyono, & Pratiwi, H. 2019. The Effect of Self-Esteem on Students’ Mathematical Communication Skills. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1): 79-86.

Muqowim. 2012. Pengembangan Soft Skills Guru. Yogyakarta: Insan Madani.

Pamungkas, A. S., Setiani, Y., & Pujiastuti, H. 2017. Peranan Pengetahuan Awal dan Self Esteem Matematis terhadap Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1): 61-68.

Rahmatiya, R. & Miatun, A. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2): 187-202.

Sadikin & Kaharuddin, A. 2019. Identifikasi Kemampuan Komunikasi Matematika Ditinjau dari Self-Concept Matematis dan Gender. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika II Tahun 2019, Kendari: 31 Agustus 2019. Hal: 190-198.

Sanhadi, K. C. D. 2015. Pengaruh Kemampuan Penalaran dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015, Yogyakarta: 14 November 2015. Hal: 341-350.

Sardiman, A. M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Siswati, S. 2019. Pengembangan Soft Skills dalam Kurikulum untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2): 264-273.

Situmorang, A. S. & Siahaan, F. B. 2019. Desain Model Pencapaian Konsep terhadap Minat Belajar Mahasiswa FKIP UHN. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 25(1): 55-61.

Sopia, H. F. 2016. Kepercayaan Diri Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Tangerang pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2): 117-124.

Sumarmo, U. 2015. Pengembangan dan Contoh Butir, Skala Nilai, Karakter, Budaya dan Aspek Afektif lain dalam Pembelajaran Matematika dalam dosen.ikipsiliwangi.ac.id/Utari-Sumarmo. Diakses 6 Juni 2020.

Yudha, C. B. 2018. Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1): 12-27.

Downloads

Published

2020-10-15

How to Cite

Darma, Y., Firdaus, M., & Irvandi, W. (2020). Soft Skills Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 225–239. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1876

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)