Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut terhadap Perencanaan Karir Siswa

Authors

  • Novi Wahyu Hidayati Bimbingan dan Konseling, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v12i1.194

Keywords:

layanan informasi studi lanjut, perencanaan karir

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh layanan informasi studi lanjut
terhadap perencanaan karir, sehingga siswa mampu merencanakan karirnya secara optimal sesuai potensi yang dimilikinya. Penelitian ini menggunakan rancangan preeksperiment design berupa one group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data menggunakan angket langsung bentuk tertutup. Teknik pengambilan sampling dengan cara purposive sampling, sehingga sampel berjumlah 41 siswa yaitu kelas XI IPA-1. Teknik analisis data diperoleh t-hitung lebih besar dari t-tabel (10,952>2,021). Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hipotesis yang menyatakan “terdapat perbedaan yang signifikan dalam perencanaan karir antara sebelum dan sesudah penerapan layanan informasi studi lanjut “, dapat diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dengan pemberian layanan informasi studi lanjut terhadap perencanaan karir siswa, dan implementasi dari layanan informasi studi lanjut ini adalah siswa dapat merencanakan karir.



Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-06-10

How to Cite

Hidayati, N. W. (2014). Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut terhadap Perencanaan Karir Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 12(1), 94–101. https://doi.org/10.31571/edukasi.v12i1.194

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)