Pembinaan Tanggung Jawab Warga Negara dalam Memecahkan Masalah-Masalah Sosial melalui Pendidikan Kewarganegaraan Kemasyarakatan (Community Civics)

Authors

  • Rohani Rohani Pendidikan Kewarganegaraan, STKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v11i2.217

Keywords:

tanggung jawab, warga negara, Pendidikan Kewarganegaraan, community civics

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran faktual mengenai proses pembinaan tanggung jawab warga negara dalam memecahkan pencemaran sungai Kapuas melalui community civics. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan data-data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, studi literatur dan studi dokumentasi. Pembinaan tanggung jawab warga negara melalui Pendidikan Kewarganegaraan baik dalam domain akademik, domain kurikuler, maupun domain sosial kultural. Ketiga domain ini harus berjalan secara seimbang, berkesinambungan dan berlangsung terus menerus. Hasil pembinaan tanggung jawab warga negara dalam memecahkan masalah-masalah sosial melalui beberapa LSM yang ada di Pontianak dapat dikatakan dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab, cinta dengan lingkungan, peduli lingkungan, dan berubah pola perilaku menjadi prilaku hidup bersih dan sehat.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-12-11

How to Cite

Rohani, R. (2013). Pembinaan Tanggung Jawab Warga Negara dalam Memecahkan Masalah-Masalah Sosial melalui Pendidikan Kewarganegaraan Kemasyarakatan (Community Civics). Edukasi: Jurnal Pendidikan, 11(2), 217–228. https://doi.org/10.31571/edukasi.v11i2.217

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)