Penerapan Metode Pembelajaran Imajinatif Materi Mengarang Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ida Isnaini SD Negeri 14 Kecamatan Pontianak Kota, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.2222

Keywords:

metode imajinatif, mengarang, hasil belajar, imaginative methods, composing, learning outcomes

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar siswa pada materi Mengarang mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Pontianak Kota dengan menggunakan metode pembelajaran imajinatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpul data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam merencanakan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.

 

Abstract

The research aimed to describe the learning planning process, the implementation of the learning process, and the student learning outcomes in the Composing material of Indonesian Language subject in class V of 14 Pontianak City Elementary School by used imaginative learning method. The research method used classroom action research with the stages of planning, implementing, observing, and reflecting. The research was conducted in two cycles. The research subjects were 25 students. Data collection techniques used observation, interviews, and documentation. The data analysis technique used quantitative-descriptive analysis. The results showed that there were an increase in planning learning, implementing the learning process, and student learning outcomes from cycle I to cycle II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, N. & Supardi. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Teks Deskripsi dengan Menggunakan Media Big Book di Kelas I Makkah MI Al-Khairiyah Pipitan. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 2(2): 189-206.

Badudu, J. S. 1988. Cakrawala Bahasa Indonesia: Inilah Bahasa Indonesia yang Benar. Jakarta: Gramedia.

Baki, A. 2018. Metode Pembelajaran Imajinatif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mengarang Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V B SD Negeri 200211 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal LPPM Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan, 9(2B): 1-11.

Budi, E. N. 2017. Penerapan Pembelajaran Virtual Class pada Materi Teks Eksplanasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas XI IPS 2 SMA 1 Kudus Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2): 62-75.

Farhurohman, O. 2017. Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 9(1): 23-34.

Harlina & Wardarita, R. 2020. Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1): 63-68.

Haryadi & Zamzani. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Depdikbud.

Hidayah, N. 2015. Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2): 190-204.

Ismawati. 2020. Metode Belajar Tuntas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mengarang Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1): 86-96.

Julaeha, S. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Field Trip untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi. JPG: Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 1(02): 310–323.

Komalasari, K. 2011. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Nasroni. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas VI UPT SD Negeri 206 Rampoang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1): 147-161.

Nuryati, S. 2016. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Metode Pembelajaran Imajinatif dalam Mengarang. Dinamika Pendidikan, 6(4): 22-30.

Pebriana, P. H. 2018. Pembelajaran Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Metode Sugesti Imajinatif pada Kelas V SDN 001 Salo. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1): 1-7.

Rahmawati. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Imajinatif dalam Keterampilan Mengarang pada Siswa SMP Dwiguna Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(2): 159-164.

Safitri, L. A. & Mukhidin. 2018. Penerapan Metode Sugesti-Imajinatif Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas III SD Negeri Sukasari I. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(1): 131-146.

Salbiah, A. 2019. Penerapan Metode Pembelajaran Imajinatif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mengarang Bahasa Indonesia. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(1): 36-48.

Silberman, L. M. 2006. Active Learning. Bandung: Nusamedia.

Sumardi & Anggreni, N. 2005. Terampil Berbahasa Indonesia untuk SMF. Jakarta: Erlangga.

Sundari, S. 2018. Metode Pembelajaran Imajinatif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mengarang Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VI SDN 01 Manguharjo Kota Madiun. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 3(1): 7-13.

Toharudin, M. & Hida, N. 2018. Implementasi Media Permainan Kartu Bergambar terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa SD. VIDYA Jurnal Ilmiah Universitas Wisnuwardhana, 26(1): 47-53.

Yanti, S. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3): 19-25.

Yasik, R. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Imajinatif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mengarang Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 20 Bengkulu Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Korpus, 2(1):121-130.

Yasmin, F. & Erni. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Imajinatif dalam meningkatkan Hasil Belajar Mengarang Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Media Lagu pada Siswa Kelas V MI DIDI Palopo. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani, 20(1): 7-14.

Downloads

Published

2020-12-20

How to Cite

Isnaini, I. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Imajinatif Materi Mengarang Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 264–278. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.2222

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)