Penggunaan Communicative Group Activity dalam Meningkatkan Kemampuan Speaking Skill
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i1.283Keywords:
communicative group activity, speaking skillAbstract
Metode penelitian tindakan kelas dilakukan dalam penelitian ini. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa semester satu kelas C Pagi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan speaking skill mahasiswa dan mengetahui apakah communicative group activity efektif sebagai strategi mengajar speaking skill. Masalah dari penelitian ini adalah kompetensi speaking mahasiswa yang buruk dari kelas C Pagi STKIP PGRI Pontianak. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, bertindak, mengamati, dan mencerminkan. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi dan didukung dengan tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa communicative group activity bisa meningkatkan kemampuan speaking skill mahasiswa. Dari pengamatan dan didukung dengan catatan lapangan penulis, dapat dilihat bahwa mahasiswa bisa berbicara dengan baik, kosakata mereka bertambah, struktur gramatikal lumayan baik, dan meningkatkan motivasi mahasiswa dalam speaking skill. Peningkatan kemampuan speaking skill mahasiswa juga tercermin dari meningkatnya skor speaking mahasiswa dari pre-tes menuju post-test.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.