Penggunaan Communicative Group Activity dalam Meningkatkan Kemampuan Speaking Skill

Authors

  • Citra Kusumaningsih Pendidikan Bahasa Inggris, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i1.283

Keywords:

communicative group activity, speaking skill

Abstract

Metode penelitian tindakan kelas dilakukan dalam penelitian ini. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa semester satu kelas C Pagi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan speaking skill mahasiswa dan mengetahui apakah communicative group activity efektif sebagai strategi mengajar speaking skill. Masalah dari penelitian ini adalah kompetensi speaking mahasiswa yang buruk dari kelas C Pagi STKIP PGRI Pontianak. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, bertindak, mengamati, dan mencerminkan. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi dan didukung dengan tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa communicative group activity bisa meningkatkan kemampuan speaking skill mahasiswa. Dari pengamatan dan didukung dengan catatan lapangan penulis, dapat dilihat bahwa mahasiswa bisa berbicara dengan baik, kosakata mereka bertambah, struktur gramatikal lumayan baik, dan meningkatkan motivasi mahasiswa dalam speaking skill. Peningkatan kemampuan speaking skill mahasiswa juga tercermin dari meningkatnya skor speaking mahasiswa dari pre-tes menuju post-test.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-09-17

How to Cite

Kusumaningsih, C. (2016). Penggunaan Communicative Group Activity dalam Meningkatkan Kemampuan Speaking Skill. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(1), 24–39. https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i1.283

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)