Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Psikodrama pada Siswa Kelas X SMA Negeri 01 Ngabang

Kamaruzzaman Kamaruzzaman

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Negeri 1 Ngabang Kabupaten Landak Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama pada siswa SMA Negeri 1 Ngabang Kabupaten Landak. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi langsung dan teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa pedoman observasi, dan angket. Subjek penelitian ini adalah semua 8 orang siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ngabang Kabupaten Landak  telah dilaksanakan dan berhasil dengan baik. 


Keywords


keterampilan komunikasi interpersonal; bimbingan kelompok; psikodrama

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i1.286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Kamaruzzaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING AND ARCHIVING

 JournalStories Main Logo



PUBLISHED BY

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah
IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
e-mail: edukasi.ikippgriptk@gmail.com



e-ISSN 2407-1803 (electronic)

p-ISSN 1829-8702 (print)

 

Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License