Meningkatkan Aktivitas Belajar PAI pada Materi Akhlak melalui Model Pembelajaran Talking Stick

Authors

  • Musti’ah Musti’ah Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i1.289

Keywords:

talking stick, aktivitas belajar, akhlak, PAI

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan: 1) implementasi Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar PAI dengan materi Akhlak pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Semester satu IKIP-PGRI Pontianak Tahun Akademik 2015/2016, dan 2) peningkatan hasil belajar PAI pada materi Akhlak mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Semester satu IKIP-PGRI Pontianak Tahun Akademik 2015/2016. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan. Sedangkan bentuk penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian in dilaksanakan di kampus IKIP-PGRI Pontianak program studi pendidikan geografi dengan jumlah mahasiswa semester satu sebesar 33 orang. Sebelum diadakan tindakan 45% (berdasarkan hasil pra tindakan atau pembelajaran sebelum dilakukan tindakan). Setelah diadakan tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa mencapai 66,67% dan pada siklus II keaktivan siswa mencapai  93,94%. dan pada siklus II mencapai 93,94%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan meningkatkan hasil belajar PAI pada materi akhlak pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Semester Satu IKIP-PGRI Pontianak Tahun Akademik 2015/2016. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-09-17

How to Cite

Musti’ah, M. (2016). Meningkatkan Aktivitas Belajar PAI pada Materi Akhlak melalui Model Pembelajaran Talking Stick. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(1), 108–121. https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i1.289

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)