Meningkatkan Hasil Belajar Passing Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola dengan Metode Bermain pada Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Sambas Kabupaten Sambas

Authors

  • Rusdi Rusdi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Uray Julfiansyah Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i1.290

Keywords:

passing kaki, metode bermain

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar passing kaki bagian dalam permainan sepak bola menggunakan metode bermain pada siswa kelas XI Pemasaran Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sambas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan bentuk penelitiannya adalah Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Pemasaran Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sambas sebanyak 30 orang. Alat pengumpul data lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilaksanakan terdapat peningkatan prestasi siswa yang semula nilai rata-rata dari tes awal sebesar 61.96 menjadi 71.86, pada siklus 1 ini keterampilan passing kaki bagian dalam permainan sepak bola siswa mengalami peningkatan sebesar 9.9%. berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan pada siklus 2, terdapat peningkatan prestasi siswa yang semula nilai rata-rata tes awal sebesar 61.96 meningkat menjadi 80.53 atau terjadi peningkatan sebesar 18.57%. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-09-17

How to Cite

Rusdi, R., & Julfiansyah, U. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola dengan Metode Bermain pada Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Sambas Kabupaten Sambas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(1), 122–131. https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i1.290

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)