Kelayakan Media Video Pembelajaran pada Submateri Sistem Endokrin
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.2919Keywords:
kelayakan media, media pembelajaran, video pembelajaran, media eligibility, learning media, tutorial videoAbstract
Abstrak
Penelitian bertujuan mengetahui kelayakan video sebagai media pembelajaran pada submateri Sistem Endokrin kelas XI SMA. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif. Tahapan penelitian meliputi tahap penyusunan materi isi media video dan validasi media video. Validasi dilakukan oleh lima validator. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi. Penilaian lembar validasi menggunakan skala Likert. Aspek yang dinilai yaitu aspek format, isi, dan bahasa. Data dianalisis menggunakan formula Lawshe. Hasil validasi menunjukkan rata-rata CVR pada aspek penilaian format, isi, dan bahasa lebih besar dari batas minimum Lawshe. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa media video dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada submateri Sistem Endokrin pada kelas XI SMA.
Â
Abstract
The research aimed to determine the feasibility of video as a learning medium in the Endocrine System submaterial in class XI senior high school. The research used descriptive method. The research stages include the stage of compiling the video media content material and the video media validation stage. Validation was carried out by five validators. The research instrument used a validation sheet. The validation sheet assessment used a Likert scale. The aspects that assessed were format, content, and language. Data were analyzed using Lawshe's formula. The validation results showed that the average CVR in the aspect of format, content, and language assessment was greater than the Lawshe minimum limit. Based on the results of the study, it can be concluded that video media can be used as a learning medium in the Endocrine System submaterial in class XI senior high school.
Downloads
References
Adriani, N., & Sabeki, A. W. (2018). Tingkat Validasi Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Validity of Android-Based Chemistry Learning Media. Jurnal Zarah, 6(2), 76-80. https://doi.org/10.31629/zarah.v6i2.705.
Anshor, S., Sugiyanta, I. G., & Utami, R. K. S. (2015). Pengggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Geografi. Jurnal Penelitian Geografi, 3(7), 1-10.
Apriani, A., Daningsih, E., & Yokhebed, Y. (2018). Kelayakan Video Tutorial Pembuatan Donat Jahe Submateri Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 255-266. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.978.
Arief, S. S., Rahardjo, R., & Anung, H. R. (2012). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Arpan, M., & Sadikin, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Perangkat Keras Komputer. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(2), 43-50. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i2.741.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press.
Buchori, A., & Rina, D. S. (2015). Development Learning Model of Character Education Through E-Comic in Eementary School. International Journal of Education and Research, 3(9), 369-386.
Budiman, R., & Nurbani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Sistem Operasi Berbasis Android. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 183-197. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1305.
Darmawan, H. (2014). Peningkatan Kreatifitas Mahasiswa dalam Merancang Media Pembelajaran Multimedia IPA Berbasis Animasi melalui Model Cooperative Learning. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 12(2), 193-204. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v12i2.155.
Erniasih, U., Suwito, E. P., & Atno, A. (2018). Perbedaan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media Video Edukasi dan Media Video Dokumenter pada Pembelajaran Sejarah di SMA N 12 Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 162-171.
Fadli, R., Sartono, N., & Suryanda, A. (2017). Pengembangan Kamus Berbasis Sistem Operasi Telepon Pintar pada Materi Biologi SMA kelas XI. Jurnal Pendidikan Matematikan dan IPA, 8(2), 10-17. http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v8i2.21171.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara (JLW), 1(4), 104-117.
Faramita, G., Daningsih, E., & Yokhebed, Y. (2018). Kelayakan Film Dokumenter Pembuatan Bingka Pepaya Submateri Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 267-280. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.1025.
Gazali, Z., & Nadhatain, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Materi Biologi Sel untuk Siswa SMA/MA Kelas XI IPA. Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5), 236-238. http://dx.doi.org/10.36312/jupe.v4i5.867.
Handziko, R. C., & Suyanto, S. (2015). Pengembangan Video Pembelajaran Suksesi Ekosistem untuk Meningkatkan Motivasi dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 212-224. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7508.
Izzudin, A. M., Masugino, M., & Suharmanto, A. (2013). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Service Engine dan Komponen-Komponennya. Automotive Science and Education Journal, 2(2), 1-8.
Kurniasih, F., & Setiawan, N. (2013). Pengembangan Media Film Dokumeter sebagai Pendukung Pembelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Bagi Siswa SMK Kelas X Akuntansi. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2(1), 21-36.
Kurniawan, M. R., & Soeprajitno. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Pokok Invertebrata Mata Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA di SMA Persatuan Tulangan Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 8(2), 1-5.
Lawshe, C. H. (1975). A Quantitative Approach to Content Validity. A paper presented at Content Validity II, a conference held at Bowling Green State University July 18, 1975. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.1975.tb01393.x
Luqman, H., Karyanto, P., & Maridi, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Based Instruction Disertai Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Biologi Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 49-58.
Matrona, M. (2016). Upaya Meningkatkan Minat Belajar PKn Siswa dengan Menggunakan Media Visual di Kelas 1 SD Negeri 59 KM 2 Ngabang Kabupaten Landak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(1), 83-93. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v14i1.287.
Matsun, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika Lanjut pada Materi Gerbang Logika Menggunakan Adobe Flash. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 4(1), 99-111. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v4i1.9.
Matsun, M., Ramadhani, D., & Lestari, I. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Listrik Magnet Berbasis Android di Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 7(1), 107-117. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v7i1.774.
Megawati. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keseimbangan Ekosistem. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017.
Mumtahanah, N. (2014). Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran PAI. AL-HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 92-104. https://doi.org/10.36835/hjsk.v4i1.511.
Noviyanto, T., Juanengsih, N., & Rosyidatun, E. S. (2015). Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernapasan Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. EDUSAIN, 7(1), 57-63.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171-187. http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.
Panjaitan, R. G. P., Lijana, & Wahyuni, E. S. (2019). The Use of Comic as a Learning Medium of Ecology. Unnes Science Education Journal, 8(1), 41-45. https://doi.org/10.15294/usej.v8i1.23194.
Pratama, A. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Cross-Platform Instalasi Software pada Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 7(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v7i1.678.
Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Primasari, R., Zulfiani, Z., & Herlayanti, Y. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran di Madrasah Aliah Negeri se-Jakarta Selatan. EDUSAINS, 6(1), 68-72. https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1101.
Purwono, J., Sri, Y., & Sri, A. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 127-44.
Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67-77. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95.
Qamariah, W., Daningsih, E., & Yokhebed, Y. (2017). Kelayakan Animasi Stop Motion Pembuatan Cake Pepaya Submateri Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(2), 267-279. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v6i2.682.
Resta, L. I., Fauzi, A., & Yulkifli. (2013). Pengaruh Pendekatan Pictorial Riddle Jenis Video terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Inkuiri pada Materi Gelombang Terintegrasi Bencana Tsunami. Jurnal Pillar of Physics Education, 1(1), 17-22.
Robert, R. (2013). Pembuatan Materi Belajar dengan Pendekatan Video-Based Learning. Jurnal TIME, 2(2), 39-41.
Sari, F., Darma, Y., & Dafrita, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Integrasi Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dalam Materi Refleksi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 281-289. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.1026.
Setiawan, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan App Inventor pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Kata. JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara, 1(1), 37-46.
Simamora, A. M., & Mukhtar. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kalimat Efektif pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, 2(2), 201-214. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3296.
Sipayung, M., Chastanti, I., Harahap, R. D., & Sari, N. F. (2020). Pengembangan Media Pembelalajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash terhadap Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri 1 Aekkuasan Kabupaten Asahan. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 9(1), 59-65. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v9i1.1228.
Steffi, A., & Muhammad, T. S. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2), 78-90.
Sukadi, E., & Khaerul, M. (2020). Pengembangan LKS Berbasis POE terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMA Kelas X Pokok Bahasan Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 9(2), 90-102. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2377.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Utami, R., Daningsih, E., & Marlina, R. (2018). Kelayakan CD Interaktif pada Submateri Organ Tumbuhan di Kelas XI SMA. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 210-221. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.949.
Utomo, C. B., Amin, S., & Ria, T. N. (2018). Wayang Suluh as Learning Media in Teaching History in High School. Jurnal Paramita, 28(1), 105-111. https://doi.org/10.15294/paramita.v28i1.13926.
Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2018). Kelayakan Buku Ajar Mata Kuliah Pembelajaran IPA SD bagi Mahasiswa PGSD. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 155-168. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.943.
Yendrita, Y., & Syafitri, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 2(1), 26-32. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i1.620.
Yuliyanto, E., Wijoyo, Y., Istyastono, E. P., & Hidayah, F. F. (2018). Refleksi Praktikum Kimia Organik Calon Pendidik Kimia Menggunakan Rekaman Video. Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 76-83. https://doi.org/10.26714/jps.6.2.2018.76-83.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.