Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Membuktikan Kesamaan Unsur-Unsur Trigonometri Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan membuktikan kesamaan unsur-unsur trigonometri mahasiswa. Pengembangan bahan ajar ini memodifikasi model 4-D dari Thiagarajan. Pengembangan bahan ajar trigonometri ini telah dilakukan mulai dari tahap pendefinisian, perancangan hingga pada tahap pengembangan dengan penilaian oleh tim ahli. Tahap pendefinisian, dilakukan dengan cara menganalisis kelemahan dan kebutuhan mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan membuktikan kesamaan unsur-unsur trigonometri. Tahap perancangan, dilakukan penyusunan prototype bahan ajar sesuai kebutuhan. Tahap pengembangan dilakukan dengan meminta tim ahli memberikan penilaian, komentar, dan saran terhadap prototipe sebelum bahan ajar tersebut digunakan, kemudian merevisi hal-hal yang perlu sesuai dengan saran tim penilai ahli. Berdasarkan pendapat tiga orang penilai, bahan ajar yang telah disusun tergolong valid baik dari segi kecermatan isi, kecernaan, penggunaan bahasa, maupun perwajahan, dengan beberapa catatan perbaikan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i1.293
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Yadi Ardiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING AND ARCHIVING



































PUBLISHED BY
Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah
IKIP PGRI Pontianak
Gedung Rektorat Lt. 2, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
e-mail: edukasi.ikippgriptk@gmail.com
e-ISSN 2407-1803 (electronic)
p-ISSN 1829-8702 (print)
Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License