Efektivitas Pembelajaran Daring bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah di Masa Pandemi COVID-19

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.2961

Keywords:

analisis efektivitas, COVID-19, guru MI, pembelajaran daring, effectiveness analysis, MI teacher, online learning

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran daring bagi guru madrasah ibtidaiyah (MI) se-Kota Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dan informasi utama diperoleh dari subjek penelitian dengan populasi sebanyak 31 orang yang terdiri dari 29 guru dan 2 kepala madrasah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: pembelajaran daring di MI se-Kota Magelang selama masa pandemi COVID-19 berjalan secara “efektifâ€; guru telah menjalankan pembelajaran daring saat pandemi COVID-19; guru dapat menguasai “smartphone†dan “laptop†sebagai tool dalam pembelajaran daring; “WhatsApp†merupakan pilihan utama sebagai media dalam melaksanakan pembelajaran daring; dan guru “setuju†jika pembelajaran daring dilanjutkan dengan memperhatikan rencana pelaksanaan pembelajaran daring (RPPD) yang telah dibuat sesuai dengan indikator yang telah terukur sesuai dengan capaian pembelajaran.

 

Abstract

The research aimed to analyze the effectiveness of online learning for madrasah ibtidaiyah (MI) teachers throughout Magelang City. The research method used descriptive qualitative. The main sources of data and information were obtained from research subjects with a population of 31 people consisting of 29 teachers and 2 madrasah principals. Data collection techniques used observation, documentation, interviews, and questionnaires. The data analysis technique used descriptive analysis. Based on the results of the research, it was concluded that: online learning at MI in Magelang City during the COVID-19 pandemic was running "effectively"; teachers have been running online learning during the COVID-19 pandemic; teachers can master “smartphones†and “laptops†as tools in online learning; "WhatsApp" is the main choice as a medium in carrying out online learning; the teacher "agrees" if online learning is continued by paying attention to the online learning implementation plan (RPPD) that has been made in accordance with indicators that have been measured in accordance with learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Astuti, M. (2021). Analisis Efektifitas Penyelenggaraan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 41-49. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i1.7224.

Dewi, W. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v 2i1.89.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465-503.

Hariyanti, D., Mun’im, A. H., & Hidayat, N. (2020). Identifikasi Hambatan Mahasiswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 11-21. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.4.

Huzaimah, P., & Amelia, R. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 533-541.

Indriani, E. (2021). Analisis Efektivitas Implementasi Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Siswa SMA Kelas X se-Kecamatan Mranggen Mata Pelajaran PJOK. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(1), 1–11. https://doi.org/10.53869/jpas.v2i1.34.

Lesmana, C., & Arpan, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Psikomotor, Aktivitas Belajar, dan Respon Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(1), 8-19. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v6i1.483.

Mar’ah, N. K., Rusilowati, A., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Marken, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama Pendemi Covid-19 di SDN 21 Sarang Burung Danau Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya, 3(2), 59-65. http://dx.doi.org/10.31571/jpsa.v3i2.2300.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: SAGE Publications Ltd.

Nabila, N. A. (2020). Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689-1699.

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686-697. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Median Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187. http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sii, P., Verawardina, U., Arpan, M., & Sulistiyarini, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran KKPI terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(2), 166-176. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v6i2.642.

Simanjuntak, S. Y., Kismartini, Dwimawanti, I. H., & Hidayatullah, M. A. (2020). Respons Guru terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 125-136. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.108.

Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19 dalam https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9. Diakses 22 Oktober 2021.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. 4(4), 861-872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.

Sutini, S., Mushofan, M., Ilmia, A., Yanti, A. D., Rizky, A. N., & Lailiyah, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring dengan Menggunakan E-learning Madrasah terhadap Optimalisasi Pemahaman Matematika Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(2), 124-136. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.2.124-136.

Wahyudin, A. (2020). Model Pembelajaran Bleended Learning (Model Flipped Classroom) untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran IPS pada Masa Pandemi Covid19. Journal: Sudut Pandang, 1(1), 1-23.

Warsito. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun RPP Daring melalui Active Knowledge Sharing. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 101-106. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1283.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Aufa, M., & Sari, K. P. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah di Masa Pandemi COVID-19. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 187–200. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.2961

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)