Evaluasi Pembelajaran Sosiologi Jenjang Sekolah Menengah Atas di Masa Pandemi COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.2995Keywords:
COVID-19, evaluasi pembelajaran, penilaian, tes, learning evaluation, assessment, testAbstract
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk menjelaskan fenomena hasil penilaian belajar Sosiologi jenjang sekolah menengah atas (SMA) di masa pandemi COVID-19. Evaluasi hasil belajar penting dilakukan karena di masa pandemi COVID-19, peserta didik di Jawa Timur justru dihadapkan dengan berbagai tes dalam menentukan kelulusan. Kebijakan tersebut sebenarnya bertentangan dengan keleluasaan yang disarankan oleh pemerintah, yaitu dengan menerapkan model nontes, seperi portofolio ataupun proyek. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Informan penelitian adalah guru-guru Sosiologi jenjang SMA yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sosiologi Kota Malang yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis alir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan peserta didik mengalami tekanan dan hasil tes yang diperoleh oleh peserta didik tidak memuaskan. Fenomena tersebut menjadi ironi dalam dunia pendidikan karena sebenarnya guru dan sekolah tahu bahwa pembelajaran di masa pandemi COVID-19 tidak mungkin optimal seperti pembelajaran tatap muka.
Â
AbstractÂ
The research aimed to explain the phenomenon of sociological learning assessment results of high school students during a COVID-19 pandemic. Evaluation of learning is important to do because in the midst of the existing situation, students in East Java are actually faced with various tests in determining graduation. This policy actually contradicts the flexibility that has been suggested by the government, namely by applying the non-test model. The type of research used descriptive qualitative. Research informants were high school Sociology teachers who are members of the Malang City Sociology MGMP who were selected through purposive sampling technique. Meanwhile, the research data were analyzed using flow analysis techniques. The results showed that teachers and students experience pressure and the test results are certainly not satisfactory. This phenomenon is an irony in the world of education because actually teachers and schools know that learning during a COVID-19 pandemic may not be optimal like face-to-face learning.
Downloads
References
Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139–149. http://dx.doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395.
Archer, M. S., & Archer, M. S. (1995). Realist Social Theory: The Morphogenetic Approach. Cambridge: Cambridge University Press.
Arjanto, P. (2016). Identifikasi Tingkat Stres Peserta Didik Menjelang Ujian Nasional pada Jenjang Pendidikan Menengah. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 1(2), 96–100. https://doi.org/10.21067/jki.v1i2.1621.
Berkhout, E., Pradhan, M., & Suryadarma, D. (2020). From Cheating to Learning : An Evaluation of Fraud Prevention on National Exams in Indonesia dalam https://rise.smeru.or.id/en/publication/cheating-learningevaluation-fraud-prevention-national-exams-indonesia. Diakses 12 September 2021.
Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset, Memilih di Antara Lima Pendekatan (S. Z. Qudsy (ed.); 3rd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. (2021). Pedoman Teknis (Domnis) Penyelenggaraan Ujian Satuan Pendidikan (USP) dan Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Komputer dan Smartphone (EHB-BKS) SMA Negeri dan Swasta Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam
https://www.ibadjournals.com/2021/02/domnis-usp-dan-ehb-bks-2021.html. Diakses 1 September 2021.
Dinata, K. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 105-119.
http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2499.
Fatmawati, E., & Safitri, E. (2020). Kemampuan Literasi Informasi dan Teknologi Mahasiswa Calon Guru Menghadapi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 214-224.
http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1863.
Firda, F. R. (2021). Pelaksanaan Gerakan Literasi Wujud Pendidikan Karakter Gemar Membaca pada Pelajaran PPKN SMA Santo Benediktus Pahauman Kabupaten Landak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 51-63.
http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v5i1.2258.
Kepmendikbud Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus dalam
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkankurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus. Diakses 12 September 2021.
Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)-Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/suratedaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakanpendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9. Diakses 1 September 2021.
Muta’ali, J. A. (2020). Opini Masyarakat tentang Asesmen Nasional sebagai Penganti Ujian Nasional. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Nurcahyo, M. A. (2020). Penggunaan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 9(2), 132-138.
http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2077.
OECD. (2019a). Mathematics Performance (PISA) dalam https://www.oecdilibrary.org/education/reading-performancepisa/indicator/english_79913c69-en. Diakses 1 September 2021. https://doi.org/10.1787/79913c69-en.
OECD. (2019b). Reading Performance (PISA) (Indicator) dalam
https://www.oecd-ilibrary.org/education/reading-performancepisa/indicator/english_79913c69-en. Diakses 1 September 2021. https://doi.org/10.1787/79913c69-en.
OECD. (2019c). Science Performance (PISA) dalam https://www.oecdilibrary.org/education/science-performancepisa/indicator/english_91952204-en. Diakses 1 September 2021. https://doi.org/10.1787/91952204-en.
Purwasih, J. H. G. (2020). Kendala Calon Pendidik dalam Membuat Soal Pilihan Ganda Higher Order Thinking (HOT). Jurnal Sosial Humaniora, 13(1), 12-22. https://doi.org/10.12962/j24433527.v13i1.6746.
Purwasih, J. H. G., Kurniawati, E., Hadi, N., & Utami, I. W. P. (2021). Developing an Independent Curriculum: Village Development Project as an Equalization of Thesis. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(7), 135-145. http://dx.doi.org/10.3991/ijet.v16i07.21225.
Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). Grafik Capaian Nasional dalam
September 2021.
Rahma, S. (2021). UN Ditiadakan, Disdik Jatim Bikin Domnis Evaluasi Belajar Online dalam https://radarmalang.jawapos.com/malang-raya/17/02/2021/un-ditiadakan-disdik-jatim -bikin-domnis-evaluasi-belajar-online. Diakses 12 September 2021.
Rahmania, L. A. (2021). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Persiapan Asesmen Nasional. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(4), 450–461. https://doi.org/10.17977/um064v1i42021p450-461.
SISDIKNAS. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003.
Diakses 1 September 2021.
Solehah, L. F. N. (2012). Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional. Perspektif Ilmu Pendidikan, 25(XVI), 16–32. https://doi.org/10.21009/PIP.251.3.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.