Pengembangan Media iSpring pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa

Authors

  • Andini Rahmawati Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Ibn Khaldun, Bogor, Jawa Barat
  • Retno Triwoelandari Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Ibn Khaldun, Bogor, Jawa Barat
  • Muhammad Kholil Nawawi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Ibn Khaldun, Bogor, Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.3046

Keywords:

kreativitas, media iSpring, STEM, creativity, iSpring media

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan mengembangkan media iSpring pada pembelajaran IPA berbasis STEM untuk mengembangkan kreativitas siswa. Metode penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ASSURE. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian berupa angket dan lembar observasi. Penilaian produk berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, bahasa, dan media. Uji coba produk yang dilakukan yaitu uji coba perorangan diberikan kepada 3 siswa, uji coba kelompok kecil diberikan kepada 8 siswa, dan uji coba kelompok besar diberikan kepada 15 siswa. Hasil penelitian diperoleh persentase kelayakan dari aspek materi dengan kategori valid, aspek bahasa dengan kategori valid, dan aspek media dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa media iSpring pada pembelajaran IPA berbasis STEM untuk mengembangkan kreativitas siswa layak untuk digunakan.

 

Abstract

The research aimed to develop iSpring media on STEM-based IPA learning to develop student creativity. This research method used research and development (R&D). The development model used the ASSURE model. The data analysis techniques used qualitative and quantitative data analysis. Research instruments used questionnaires and observation sheets. Product assessment in the form of questionnaires given to material, language, and media experts. The individual trial was given to 3 students, the small group trial was given to 8 students, and the large group trial was given to 15 students.  The results of the research obtained a percentage of eligibility from material aspects with valid categories, language aspects with valid categories, and media aspects with very valid categories. Based on the results, iSpring media on STEM-based science learning to develop students' creativity was feasible to use.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiandra & Mulyadi, M. (2016). Pengembangan Produk Pembelajaran melalui Media iSpring pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMK Negeri 2 Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 3(1), 1-11.

Amka, H. (2018). Media Pembelajaran Inklusi. Sidoarjo: Nizmala Learning.

Arpan, M., & Sadikin, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Perangkat Keras Komputer. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(2), 43-50. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i2.741.

Arpan, M., Budiman, R. D. A., & Verawardina, U. (2018). Prototype Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Jaringan Komputer Berbasis Augmented Reality. Prosiding Seminar Nasional II APPPI NTB 2018.

Budiman, R. (2016). Developing Learning Media Based on Augmented Reality (AR) to Improve Learning Motivation. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 1(2), 89-94. http://dx.doi.org/10.26737/jetl.v1i2.45.

Budiman, R. D. A., & Nurbani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Sistem Operasi Berbasis Android. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 183-197. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1305.

Fikri, M. (2016). Cara Mudah Membuat Makalah, Skripsi dan Tesis. Bogor: Arabasta Media.

Hildayatni, D., Triwoelandari, R., & Hakiem, H. (2019). Kelayakan Modul Pembelajaran IPA Terintegrasi Nilai Agama untuk Mengembangkan Karakter Rasa Ingin Tahu. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 203-218.

Irwandani, I., & Juariyah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 33-42. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.103.

Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jember: CV Pustaka Abadi.

Mirnawati. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Didaktika, 9(1), 98-112. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/download/14/12.

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Project Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082-1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262.

Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran STEM Berbasis Loose Parts untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PUD, 1(1), 19-31.

Permana, R., & Budiman, R. D. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IP Traffic Work Berbasis Augmented Reality. CYBERNETICS, 4(01), 41-49. http://dx.doi.org/10.29406/cbn.v4i01.1970.

Rachmawati, Y., & Kurniati. E. (2019). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ristiani, S. M., Triwoelandari, R., & Yono, Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire Versi 12 pada Mata Pelajaran IPA Berbasis STEM untuk Menumbuhkan Karakter Kreatif Siswa. Jurnal Basicedu, 5(1), 30-40. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.613.

Sakinah, K., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran iSpring untuk Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(2), 118-131. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v.

Setiawan, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan App Inventor pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Kata. JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara, 1(1), 37-46.

Sukmana, R. W. (2017). Pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) sebagai Alternatif dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 191-199.

Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi: (Konsep Dasar, Prinsip Aplikatif, dan Perancangannya). Banjarmasin: Penerbit Program Studi Pendidikan Sejarah.

Suwarma, I. R., Astuti, P., & Endah, E. N. (2015). “Balloon Powered Car†sebagai Media Pembelajaran IPA Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Wibowo, I. G. A. W. (2018). Peningkatan Keterampilan Ilmiah Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika melalui Penerapan Pendekatan STEM dan E-Learning. Journal of Education Action Research, 2(4), 315. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16321.

Yuniasih, N., Aini, R. N., & Widowati, R. (2018). Pengembangan Media Interaktif Berbasis iSpring Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 85-94. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2647.

Downloads

Published

2021-12-15

How to Cite

Rahmawati, A., Triwoelandari, R., & Nawawi, M. K. (2021). Pengembangan Media iSpring pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 304–318. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.3046

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)