Pendidikan Literasi Ekonomi Jenjang Sekolah Dasar Berbasis Bahan Ajar Tematik

Authors

  • Muhammad Hasan Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan http://orcid.org/0000-0003-1112-2110
  • Dwi Aini Azzarah Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan
  • Nur Arisah Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan
  • Nurjannah Nurjannah Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan
  • Nurdiana Nurdiana Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3428

Keywords:

pendidikan, literasi ekonomi, sekolah dasar, bahan ajar tematik, education, economic literacy, elementary school, thematic teaching materials

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan mengetahui implementasi pendidikan literasi ekonomi pada jenjang sekolah dasar yang berbasis bahan ajar tematik. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian adalah guru pada sekolah UPTD SD Negeri 66 Barru di Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan. Analisis data penelitian mencakup pengorganisasian data, pembacaan data (memo), penulisan data menjadi kode, pengelompokan ke topik pengkodean, interpretasi data, dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan literasi ekonomi jenjang sekolah dasar berbasis bahan ajar tematik belum spesifik menginternalisasi literasi ekonomi dalam pembelajaran. Temuan tersebut berimplikasi pada penggabungan beberapa kompetensi literasi ekonomi menjadi satu topik dengan kompetensi mata pelajaran lainnya pada berbagai jenjang kelas, meliputi: menemukan kosakata ekonomi, menunjukkan nilai pecahan uang kertas dan nilai yang setara dengan pecahan uang kertas; sumber ekonomi di sekitar rumah, keragaman ekonomi Indonesia, kegiatan ekonomi; benda dalam kegiatan ekonomi; dan globalisasi.

 

Abstract

This research aimed to determine the implementation of economic literacy education at the elementary school level based on thematic teaching materials. The research was conducted using a qualitative approach. Data collection techniques used include interviews, observation, and documentation. Research informants were teachers at the UPTD SD Negeri 66 Barru school in Barru Regency, South Sulawesi Province. Data analysis in this research includes organizing data, reading data (memos), writing data into code, grouping into coding topics, interpreting data, and presenting data. The results showed that economic literacy education at the elementary school level based on thematic teaching materials had not specifically internalized economic literacy in learning. These findings have implications for combining several economic literacy competencies into one topic with other subject competencies at various grade levels, which include: finding economic vocabulary, showing the value of banknote denominations and the equivalent value of banknote denominations; economic resources around the house, the diversity of the Indonesian economy, economic activities; objects in economic activities; and globalization.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adji, A. (2017). Stigler Influential Contribution to Economic Thought. Journal of Indonesian Economy and Business, 32(1), 70-80. https://doi.org/10.22146/jieb.22981.

Arifudin, I. S. (2015). Peranan Guru terhadap Pendidikan Karakter Siswa di Kelas V SDN 1 Siluman. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 175-186.

Creswell. (2007). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ernawati, L. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua dan Hasil Belajar Ekonomi terhadap Literasi Ekonomi di SMP Negeri 43 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 5(2), 230-245. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n2.p230-245.

Fabris, N., & Luburic, R. (2016). Financial Education of Children and Youth. Journal of Central Banking Theory and Practice, 5(2), 65-79. https://doi.org/10.1515/jcbtp-2016-0011.

Fianto, F., Prismayani, R., Wijaya, N. I., Miftahussururi, Hanifah, N., Nento, M. N., Akbari, Q. S., & Adryansyah, N. (2017). Materi Pendukung Literasi Finansial. (L. A. Mayani, Ed.). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasan, M., Yani, M., Supatminingsih, T., Inanna, & Dinar M. (2021). Ekspektasi Orang Tua terhadap Pendidikan Anak dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi Informal. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 9(2), 183-199. http://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v9i2.5294.

Indrawati, D., & Suardiman, S. P. (2013). Pengembangan Media Travel Game untuk Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan Matematika SD Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(2), 135-146.

Indriasih, A. (2015). Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Di Kelas III SD. Jurnal Pendidikan, 16(2), 127-137. https://doi.org/10.33830/jp.v16i2.343.2015.

Maharani, B. Y., & Hardini, A. T. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(5), 549-561.

Martaida, T., Bukit, N., Ginting, E. M., Martaida, T., Bukit, N., & Ginting, E. M. (2018). Efek Model Pembelajaran Discovery terhadap Belajar Kognitif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 118-123. https://doi.org/10.22611/jpf.v7i2.8951.

Miranda, Hasan, M., Ahmad, M. I. S., Tahir, M. I. T., & Dinar, M. (2021). Pendidikan Kecakapan Hidup pada Sekolah Dasar Berbasis Kewirausahaan. Jurnal Kajian Peneliitian dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 231-238. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4960.

Octaviani, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 93-115. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7039.

Padmadewi, N. N., Artini, L. P., Nitiasih, P. K., & Suandana, I. W. (2018). Memberdayakan Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(1), 64-76. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v7i1.13049.

Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak: Mengapa dan Bagaimana? Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 14-28. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p14-28.

Riyanti, Y., & Aini, W. (2018). Hubungan Kecerdasan Adversitas dengan Motivasi Berwirausaha Lulusan Pendidikan Kecakapan Hidup Keterampilan Tata Busana di SKB Kabupaten Lima Puluh Kota. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(4), 500-507. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i4.101631.

Saepuloh, D., & Rodiah, S. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif melalui Model Group Investigation untuk Meningkatkan Literasi Ekonomi Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 30-41. https://dx.doi.org/10.17977/um014v13i12020p030.

Saptono, L. (2016). Pengembangan kurikulum pendidikan ekonomi untuk meningkatkan literasi ekonomi siswa sekolah dasar. National Conference on Economic Education 2016 Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Sawatzki, C., & Sullivan, P. (2017). Teachers’ Perceptions of Financial Literacy and the Implications for Professional Learning. Australian Journal of Teacher Education, 42(5), 51-65. http://dx.doi.org/10.14221/ajte.2017v42n5.4.

Setiawan, U., & Husna, N. A. I. (2021). Pendidikan Kecakapan Hidup melalui Pelatihan Produktivitas Menciptakan Barang dan Jasa bagi Siswa Madrasah Aliyah di Purwakarta. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 1(1), 26-32. https://doi.org/10.51214/japamul.v1i1.79.

Sumarni, S. (2017). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 15(3), 45-57. https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i3.453.

Utomo, E. P. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Komik untuk Meningkatkan Literasi Ekonomi Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 1-10. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.14015.

Wahyuni, S., & Reswita, R. (2020). Pemahaman Guru mengenai Pendidikan Sosial Finansial pada Anak Usia Dini Menggunakan Media Loose Parts. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 962-969. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.493.

Yuwono, W. (2020). Konseptualisasi Peran Strategis dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak melalui Pendekatan Systematic Review. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1419-1429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.663.

Downloads

Published

2022-06-09

How to Cite

Hasan, M., Azzarah, D. A., Arisah, N., Nurjannah, N., & Nurdiana, N. (2022). Pendidikan Literasi Ekonomi Jenjang Sekolah Dasar Berbasis Bahan Ajar Tematik. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 1–14. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3428

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)