Kemampuan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menyusun Program Pengajaran di SMP Negeri 22 Pontianak

Authors

  • Dada Suhaida Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Lia Indrayani Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i2.354

Keywords:

kemampuan guru, Pendidikan Kewarganegaraan, program pengajaran

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada Kemampuan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menyusun Program Pengajaran dilakukan di SMP Negeri 22 Pontianak. Tujuan dalam penelitian ini; 1) Mengetahui kemampuan guru di SMP Negeri 22 Pontianak dalam mengembangkan silabus mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, 2) Mengetahui kemampuan guru di SMP Negeri 22 Pontianak dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Metodologi penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpul data yakni, observasi, wawancara, studipustaka studi dokumentasi, dengan subyek penelitian sebanyak 1 orang guru Pendidikan Kewarganegaraan. Teknik analisis data yang digunakan yakni, teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan teknik dokumentasi. Secara umum hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 22 Pontianak dalam menyusun program pengajaran sudah dilaksanakan dengan baik. Secara khusus hasil penelitian mengambarkan bahwa,kemampuan guru di SMP Negeri 22 Pontianak dalam mengembangkan silabus mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan cukup kreatif yang ditampilkan dengan kemampuan guru mengembangkan secara mandiri maupun berkelompok. Kemampuan guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 22 Pontianak dalam menyusun rencana pengajaran cukup baik dengan guru memahami prinsip-prinsip yang sesuai dengan standar pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-02-04

How to Cite

Suhaida, D., & Indrayani, L. (2017). Kemampuan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menyusun Program Pengajaran di SMP Negeri 22 Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(2), 195–211. https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i2.354

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)