Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Semester 5 Program Studi Pendidikan Geografi

Authors

  • Eviliyanto Eviliyanto Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Endah Evy Nurekawati Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i2.355

Keywords:

model problem based learning, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian mencakup tiga hal yaitu mengetahui: 1) Hasil belajar mahasiswa sebelum penerapan model pembelajaran PBL mahasiswa semester 5 program studi pendidikan geografi, 2) Hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan model pembelajaran PBL mahasiswa semester 5 program studi pendidikan geografi, 3) Pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar mahasiswa semester 5 program studi pendidikan geografi. Metode dalam kajian penelitian adalah eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian hasil proses pengujian adalah kelas B. Pagi Prodi Pendidikan Geografi semester 5. Teknik pengumpulan data dengan cara pengukuran dan dokumentasi melalui tes dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya: 1) Hasil belajar (pretest) mahasiswa sebelum diterapkan model pembelajaran PBL hanya mencapai nilai 55,17 termasuk kriteria kurang, 2) Hasil belajar (posttest) mahasiswa setelah diterapkan model pembelajaran PBL mencapai 60,86 termasuk kriteria cukup, 3) Tidak terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar mahasiswa semester 5 Prodi Pendidikan Geografi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-02-04

How to Cite

Eviliyanto, E., & Nurekawati, E. E. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Semester 5 Program Studi Pendidikan Geografi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(2), 212–222. https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i2.355

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)