Penerapan Teknologi Komputer di Kalangan Guru SMP Negeri dan SMP Swasta di Kecamatan Pontianak Kota
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i2.356Keywords:
keterampilan dan pemanfaatan komputer, guruAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendapatkan informasi keragaman latar belakang guru di kecamatan Pontianak Kota, hubungan latar belakang guru dengan tingkat keterampilan dan pemanfaatan komputer di kalangan guru, hubungan lingkungan guru dengan tingkat keterampilan dan pemanfaatan komputer, hubungan antara tingkat akses guru dengan tingkat keterampilan dan pemanfaatan komputer, hubungan antara kendala dan masalah yang dihadapi guru dengan tingkat keterampilan dan pemanfaatan komputer, dan apakah ada perbedaan yang signifikan antara latar belakang guru dengan tingkat keterampilan dan penggunaan komputer. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Survei dengan metode deskriptif, dan alat pengumpul datanya menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri dan SMP Swasta di kecamatan Pontianak Kota Pontianak yang dibawah naungan Dinas Pendidikan. Sampel ini dipilih secara acak dengan menggunakan teknik Random Sampling. Hasil temuan dari temuan deskriptif menunjukkan lebih dari setengah guru-guru sampel penelitian berstatus PNS dan sudah mendapatkan tunjangan sertifikasi dengan pendidikan terakhir S1. Rata-rata pengalaman mengajarnya 15 tahun, dan 95,92,1% (47 guru) dari sampel penelitian ketersediaan komputer di rumah, 85,71% (42 guru) adanya ketersediaan printer dirumah, dan 63,27% dari guru yang memiliki komputer yang tersambung dengan koneksi internet dan 36,73% belum memiliki sambungan internet, 69,39% dari sampel penelitian belum pernah mengikuti kursus / pelatihan komputer. Hasil temuan lainnya mengindikasikan bahwa guru-guru di Kecamatan Pontianak Kota belum siap menghadapi perubahan kurikulum yang menuntut seluruh mata pelajaran ditunjang oleh teknologi komputer, Ketidak-siapan ini lebih menonjol kalangan guru-guru senior.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.