Hasil Belajar Siswa SMK Menggunakan iSpring Suite 9 Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3629Keywords:
hasil belajar, media pembelajaran, Android, iSpring Suite 9, learning outcomes, learning mediaAbstract
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran berbantuan iSpring Suite 9 berbasis Android dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa SMK Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, wawancara, dan tes. Validasi untuk menguji kelayakan dilakukan oleh ahli media dan materi. Uji coba media dan posttest dilakukan di 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media dinilai memiliki kelayakan untuk digunakan menurut para ahli dalam proses penelaahan dan penggunaan media berbantuan iSpring Suite 9 berbasis Android berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMK.
Â
Abstract
The research aimed to determine whether the Android-based iSpring Suite 9-assisted learning media can improve the learning outcomes of SMK students. The research method used quasi experiment. The research subjects were students of the Office Administration Automation major in Malang. Data collection techniques using observation, questionnaires, interviews, and tests. Validation to test the feasibility was carried out by media and material experts. Media trials and posttests were carried out in 2 classes, namely the control class and the experimental class to determine differences in learning outcomes. The data analysis technique used independent sample t-test. The results showed that in addition to the media considered to have feasibility according to experts in the review process, the use of Android-based iSpring Suite 9-assisted media was successful in improving the learning outcomes of SMK students.
Downloads
References
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arista, S., Darmawan, H., & Nurussaniah. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Simulasi Virtual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Harmonis Sederhana di Singkawang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA dan Teknologi II Tahun 2019.
Ariyanti, D., Mustaji, & Harwanto. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite 8. Education and Development, 8(2), 381-389.
Arpan, M., & Marpanaji, E. (2015). Faktor-Faktor Eksternal yang Memengaruhi Hasil Belajar Pemrograman Komputer Mahasiswa PTIK STKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 195-208. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6392.
Arsana, I. K. S. (2019). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 269-282. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1294.
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA Tahun 2019.
Buchori, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Kemampuan Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 104-115. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094.
Budiman, R., & Nurbani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Sistem Operasi Berbasis Android. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 183-197. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1305.
Damayanti, E., Rustiyarso, R., & Rahmatika, I. (2018). Efektivitas Penggunaan Media iSpring Suite 8 terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas X SMAN 5 Pontianak. Journal of Equatorial Education and Learning, 7(9), 1-10. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i9.27622.
Daryanto, S. D. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Dasmo, Lestari, A. P., & Alamsyah, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Fisika melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis iSpring Suite 9. Prosiding Seminar Nasional Sains Tahun 2020.
Deputra, F. Y. (2017). Pengaruh Penggunaan Animasi Macromedia Flash Berbasis iSpring Suite terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Kelas VIII di SMPN 1 Kotagajah pada Materi Sistem Pencernaan. Bioedukasi, 8(2), 134-141. http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v8i2.1070.
Dharmayanti, W., Nurcahyo, R. W., & Lestari, I. (2017). Pengaruh Kondisi Kelas, Fasilitas Laboratorium, dan Fasilitas Pendukung Pembelajaran terhadap Kenyamanan Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(2), 230-242. https://doi.org/10.31571/saintek.v6i2.647.
Febrianti, E., Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif “SCRIBER†untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 275-289. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.3005.
Himmah, F., & Martini. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan iSpring Suite 8 pada Sub Materi Zat Aditif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 5(02), 73-82.
Jannah, M., Husnah, A., & Nurhalimah, S. (2020). Pembuatan Aplikasi Android dengan Cepat Menggunakan iSpring untuk Menunjang Pembelajaran Secara Daring. Vektor: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 66-72. https://doi.org/10.35719/vektor.v1i2.8.
Khairani, M., Sutisna, & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar peserta didik. Jurnal BIOLOKUS, 2(1), 158-166. http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442.
Khoiriah, Jalmo, T., & Abdurrahman. (2016). The Effect of Multimedia-Based Teaching Materials in Science toward Students Cognitive Improvement. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 75-82. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5793.
Koriaty, S., & Agustani, M. D. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Game Edukasi untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas X TKL SMK Negeri 7 Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(2), 277-288. https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i2.360.
Kurniawati, I. D., & Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68-75. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540.
Martiningsih, R. (2018). The Increase of Set Learning Outcomes by Using iSpring Suite 8 Aplication. Teknodik, 22(1), 1-13.
Matrona, M. (2016). Upaya Meningkatkan Minat Belajar PKn Siswa dengan Menggunakan Media Visual di Kelas 1 SD Negeri 59 KM 2 Ngabang Kabupaten Landak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(1), 83-93. https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i1.287.
Maurisa, K. Z. A., & Rahayu, W. P. (2021). Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa melalui Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Berbantuan iSpring Suite 9. JEBP: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(6), 546-558. https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p546-558.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika Tahun 2019.
Nurlaela, N. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui iSpring Suite 10 di Kelas V Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 116-123. http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5413.
Nurwijayanti, A., Budiyono, & Fitriana, L. (2019). Combining Google SketchUp and iSpring Suite 8: A Breakthrough to Develop Geometry Learning Media. Jurnal on Mathematics Education, 10(1), 105-116. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5380.103-116.
Purnamasari, D. I., & Kusdiyanti, H. (2021). Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Mobile Learning PERSIKA Berbasis iSpring Suite 9 (A Useful Mobile Base Learning Media in the Covid-19 Era). JEBP: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(6), 569-578. https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p569-578.
Purwanto, M. N. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116-126. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27414.
Rahmawati, A., Triwoelandari, R., & Nawawi, M. K. (2021). Pengembangan Media iSpring pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 304-318. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.3046.
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188-201. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108.
Rina, R. & Anggela, R. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Geografi melalui Media Permainan Edukatif Ular Tangga Tematik pada Siswa MAN 2 Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(1), 1-11. https://doi.org/10.31571/sosial.v7i1.1496.
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(1), 25-30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168.
Sari, F., Darma, Y., & Dafrita, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Integrasi Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dalam Materi Refleksi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 281-289. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.1026.
Sawawa, D., Solehudin, A., & Sabri, S. (2018). Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(1), 21-26. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i1.12615.
Sipayung, M., Chastanti, I., Harahap, R. D., & Sari, N. F. (2020). Pengembangan Media Pembelalajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash terhadap Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri 1 Aekkuasan Kabupaten Asahan. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 9(1), 59-65. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.1228.
Sumargono, Susanto, H., & Rachmedita, V. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbantuan iSpring Suite 6.2 untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 2(1), 82-99. http://dx.doi.org/10.17977/um033v2i12019p082.
Utami, R., Daningsih, E., & Marlina, R. (2018). Kelayakan CD Interaktif pada Submateri Organ Tumbuhan di Kelas XI SMA. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 210-221. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.949.
Wijayanto, P. A., Ataya, S., & Astina, I. K. (2017). Increasing Student’s Motivation and Geography Learning Outcome Using Active Debate Method Assisted by Ispring Suite. International Journal of Social Science and Management, 4(4), 240-247. https://doi.org/10.3126/ijssm.v4i4.18336.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.