Kelebihan dan Hambatan Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Pertama pada Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • Angger Gilang Praditama Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Suhardi Suhardi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta http://orcid.org/0000-0002-3356-9362
  • Hartono Hartono Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta http://orcid.org/0000-0002-1725-175X

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3923

Keywords:

pembelajaran daring, kelebihan daring, hambatan daring, COVID-19, online learning, online advantages, online obstacles

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan mendeskripsikan kelebihan dan hambatan pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di SMP Negeri 1 Bonti. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Responden penelitian berjumlah 4 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Data dianalisis dengan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kelebihan dan hambatan pembelajaran daring yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bonti. Kelebihan pembelajaran daring yaitu peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dari rumah, memiliki waktu yang lebih untuk mengerjakan tugas, dan lebih rileks dalam mengikuti pembelajaran. Hambatan pembelajaran daring yaitu sulitnya jaringan internet, tidak semua peserta didik memiliki gawai, kurangnya kontrol terhadap etika dan sopan santun peserta didik, serta tidak optimalnya penyampaian materi.

 

Abstract

The research aimed to describe the advantages and obstacles of online learning during the COVID-19 pandemic at SMP Negeri 1 Bonti. The research method was descriptive qualitative. The research respondents were 4 teachers. Data collection techniques used interviews. The data were analyzed using an interactive analysis model consisting of data collection, data reduction, data presentation, and verification or drawing conclusions. The results of the research indicate the advantages and disadvantages of online learning which was carried out at SMP Negeri 1 Bonti. The advantages of online learning are students can take lessons from home, have more time to do assignments, and are more relaxed in participating in learning. The obstacles to online learning are the difficulty of the internet network, not all students have a device, the lack of control over the ethics and manners of students, and the delivery of material is not optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880-989. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.476.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367-375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Fauziyah, N. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam. Al-Mau’Izhoh, 2(2), 1-11. http://dx.doi.org/10.31949/am.v2i2.2294.

Gultom, R. F. N., & Tambunan, E. H. (2021). Pengalaman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ners dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Nursing Update: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan, 12(1), 12-21. https://doi.org/10.36089/nu.v12i1.311.

Hamambira, D. L., & Widyawati, N. K. S. (2021). Etika Pembelajaran Daring. Aletheia: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(1), 36-46. https://doi.org/10.55851/aletheia.v2i1.34.

Hanum, F., & Yanuarita, H. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) selama Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jombang. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(4), 455-463. http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v4i4.1559.

Harto, K. (2018). Tantangan Dosen PTKI di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 1-15. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.159.

Hidayah, A. A. F., Al-Adawiyah, R., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2), 53-56. https://doi.org/10.33319/sos.v21i2.61.

Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Daring dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Siswa. Genta Mulia, 12(1), 281-294.

Keengwe, J., & Georgina, D. (2012). The Digital Course Training Workshop for Online Learning and Teaching. Education and Information Technologies, 17(4), 365-379.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 246-253. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p246-253.

Müller, C., Stahl, M., Alder, M., & Müller, M. (2018). Learning Effectiveness and Students' Perceptions in a Flexible Learning Course. European Journal of Open, Distance and E-Learning, 21(2), 44-52. https://doi.org/10.2478/eurodl-2018-0006.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646.

Nastiti, R., & Hayati, N. (2020). Pembelajaran Daring pada Pendidikan Tinggi: Tantangan bagi Mahasiswa dan Dosen di Tengah Pandemi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 3(3), 378-390. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.145.

Nguyen, T. (2015). The Effectiveness of Online Learning: Beyond No Significant Difference and Future Horizons. MERLOT: Journal of Online Learning and Teaching, 11(2), 309-319.

Nugroho, S. A., Wati, A. F., & Dianastiti, F. E. (2020). Kendala dan Solusi Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi. Jalabahasa, 16(2), 196-207. https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v16i2.700.

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541-544. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932.

Patonah, I., & Muasomah, M. (2021). Faktor Kurang Optimal Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi di Desa Rowolaku Kajen Pekalongan. Jamaika:Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 115-125.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran Afifatu. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15-32. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 214-224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Santoso, B. (2020). Prosach: Sebagai Acuan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Platform Digital di Masa Pandemik Covid-19. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1(1), 51-56.

Wekke, I. S., & Hamid, S. (2013). Technology on Language Teaching and Learning: A Research on Indonesian Pesantren. Prosiding 2nd World Conference on Educational Technology Researches Tahun 2013.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Praditama, A. G., Suhardi, S., & Hartono, H. (2022). Kelebihan dan Hambatan Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Pertama pada Masa Pandemi COVID-19. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 137–151. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3923

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)