Analisis Keterampilan Menulis melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4085Keywords:
keterampilan menulis, profil pelajar Pancasila, gaya hidup berkelanjutan, writing skills, Pancasila student profiles, sustainable lifestyleAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil pembelajaran keterampilan menulis melalui proyek profil pelajar Pancasila di SMP Al-Fityan Kubu Raya, Kalimantan Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Responden penelitian berjumlah 26 peserta didik yang berasal dari kelas VII SMP Al-Fityan Kubu Raya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observai dan tes essay. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterampilan menulis peserta didik kelas VII SMP Al-Fityan Kubu Raya melalui proyek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema gaya hidup berkelanjutan judul “Sampahku, tanggung jawabku†termasuk dalam kategori sangat baik.
Â
Â
Abstract
The research aimed to determine the learning outcomes of writing skills through the Pancasila student profile project at Al-Fityan Kubu Raya Junior High School, West Kalimantan. The research method used descriptive qualitative. The research respondents were 26 students from class VII SMP Al-Fityan Kubu Raya. Data collection techniques were carried out by observation and tests. Data collection tools used observation sheets and essay tests. The data analysis technique used the Miles and Huberman model. Based on the results of the research, it can be concluded that the writing skills of seventh grade students of SMP Al-Fityan Kubu Raya through a project to strengthen the profile of Pancasila students with the theme of a sustainable lifestyle "My trash, my responsibility" was included in the very good category.
Downloads
References
Arifin, M. H. (2018). Penerapan Model Quantum Writer untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi di Sekolah Dasar (PTK di Kelas V Sekolah Dasar Cangkuang 01 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 158-167. https://doi.org/10.23969/JP.V3I2.1361.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arpan, M., & Marpanaji, E. (2015). Faktor-Faktor Eksternal yang Memengaruhi Hasil Belajar Pemrograman Komputer Mahasiswa PTIK STKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 195-208. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6392.
Arpan, M., Salaman, S., Budiman, R. D. A., Ambyar, A., & Wakhinuddin, W. (2020). Student Learning Outcomes Using Drill and Practice Type of Computer Assisted Instruction. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(04), 1433-1436.
Arsana, I. K. S. (2019). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 269-282. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1294.
Darmadi, H. (2016). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113.
Dayat, D., & Sulaiman, S. (2016). Studi Korelasi antara Motivasi Belajar dengan Kemampuan Menulis pada Mahasiswa Baru IKIP PGRI Pontianak Tahun Akademik 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bahasa, 5(1), 14-23. https://doi.org/10.31571/bahasa.v5i1.296.
Ernis, P. (2019). Hubungan Minat Belajar dengan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X Busana 3 SMK Negeri 3 Payakumbuh. Ensiklopedia of Journal, 2(1), 210-215. https://doi.org/10.33559/eoj.v2i1.373.
Hartati, M., Simarmata, M., & Firtawati, S. (2019). Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(1), 98-111. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1083.
Herawati, S. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Gambar Berseri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana pada Siswa Kelas III. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 35-44. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v3i2.2590.
Isnaini, I. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Imajinatif Materi Mengarang Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 264-278. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.2222.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs/SMA/MA). Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kusmana, S. (2014). Kreativitas Menulis. Yogyakarta: Ombak.
Lesmana, C., & Arpan, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Psikomotor, Aktivitas Belajar, dan Respon Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(1), 8-19. https://doi.org/10.31571/saintek.v6i1.483.
Melia, M. (2017). Hubungan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Kemampuan Menulis Pantun. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 233-242. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.633.
Mundziroh, S., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita dengan Menggunakan Metode Picture and Picture pada Siswa Sekolah Dasar. Basastra, 1(2), 318-327.
Nasution, T., Ambiyar, A., & Wakhinuddin, W. (2022). Model Project-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Perguruan Tinggi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 152-165. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3675.
Neriasari, D. P., & Ismawati, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Prestasi Belajar Menulis Eksplanasi Ditinjau dari Aspek Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2), 436-447. https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1024.
Nurgiyantoro, B. (2017). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi (Edisi 2). Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Paiman, P. (2013). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Geografi dengan Menggunakan Metode Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe STAD di Kelas XI SMA Negeri 2 Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 11(2), 203-216. https://doi.org/10.31571/edukasi.v11i2.216.
Permanasari, D. (2017). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona, 3(2), 156-162. https://doi.org/10.52657/jp.v3i2.444.
Prawiyogi, A. G, Rosalina, A., Rahman, R. (2018). Pengaruh Metode Gist terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Kemampuan Menulis Eksposisi Siswa Sekolah. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 14(1), 38-44. https://doi.org/10.17509/md.v14i1.11814.
Rahman, I., Gani, R. A., & Achmad, I. Z. (2020). Persepsi Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Tingkat SMA. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 9(2), 144-154. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i2.1898.
Rahmawati, R. D., & Shofiyani, A. (2020). Strategi Pembelajaran Menulis Bahasa Arab untuk Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris. Jurnal Education and Development, 8(3), 298-303. https://doi.org/10.37081/ed.v8i3.1902.
Rati, N. R., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60-71. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059.
Rusgiarti, R. (2014). Studi Kasus tentang Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Biologi di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 12(1), 102-110. https://doi.org/10.31571/edukasi.v12i1.195.
Salawati, S. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV dengan Menggunakan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 14 Senapit. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 10(2), 144-151. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.3461.
Sii, P., Verawardina, U., Arpan, M., & Sulistiyarini, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran KKPI terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(2), 166-176. https://doi.org/10.31571/saintek.v6i2.642.
Sinabariba, R. B. (2019). Peranan Guru Memilih Model-Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan Tahun 2017.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherdiyanto, S. (2015). Peningkatan Aktifitas Belajar pada Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran melalui Metode Inquiry. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(1), 83-96. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i1.22.
Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72-81.
Sulaiman, S., & Sari, D. (2017). Efektivitas Kemampuan Menulis Mahasiswa Menggunakan Numbered Heads Together Dilihat dari Kretivitas Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 128-141. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.412.
Sulastri, S., & Simarmata, M. Y. (2019). Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Jujur dalam Aspek Keterampilan Berbicara dan Menulis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II Tahun 2019.
Susanti, S., Purmintasari, Y., & Suwarni, S. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(1), 97-104. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i1.23.
Susanto, A. (2013). Teori belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Tajuddin, T. (2016). Aktualisasi Pembinaan Kesadaran Berkonstitusi pada Pembelajaran PKn di SMP Negeri 3 Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), 149-163. https://doi.org/10.31571/sosial.v3i1.274.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Tarigan, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan Media Video untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singaraja. Journal of Education Action Research, 2(2), 123-133. https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12302.
Wicaksono, A. (2014). Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca.
Widayati, M., Suwarto, S., & Fajarwati, N. (2020). Hubungan Kebiasaan Menyimak Berita dan Membaca Berita dengan Kemampuan Menulis Berita di Media Blog pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan, 28(3), 273-280. https://doi.org/10.32585/JP.V28I3.488.
Widiastuti, N. P. K., Putrayasa, I. B., & Adnyana, K. S. (2022). Instrumen Penilaian Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 5(1), 50-56. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.42473.
Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2012). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 51-56. https://doi.org/10.15294/.V1I1.2013.
Wijayawati, P. S., Jamilah, F., Herawati, T. R., & Kusumaningrum, R. N. (2022). Penguatan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA. Abdimas Nusantara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 43-49.
Zuldafrial, Z., & Bohari, B. (2014). Pengaruh Heterogenitas terhadap Hasil Belajar Program Studi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 12(2), 267-281. https://doi.org/10.31571/edukasi.v12i2.162.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.