Pengembangan Modul Elektronik Evaluasi Pendidikan Komputer Berbasis Android di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4143Keywords:
modul elektronik, validitas modul, praktikalitas modul, Android, electronic module, module validity, module practicalityAbstract
Abstrak
Tujuan dilakukan penelitian untuk menghasilkan sebuah modul elektonik berbasis Android pada mata kuliah Evaluasi Pendidikan Komputer yang valid dan praktis. Model pengembangan fourD digunakan dalam penelitian dengan tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Uji validitas dilakukan menggunakan angket yang diisi oleh dua validator, yaitu validator ahli media dan validator ahli materi. Uji kepraktisan produk dilakukan dengan menyebarkan angket praktikalitas ke 30 mahasiswa yang kuliah di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Penentuan nilai validitas dan praktikalitas menggunakan teknik analisis data yaitu menentukan jumlah skor dari masing-masing validator dengan menjumlahkan semua skor yang diperoleh dari masing-masing indikator. Berdasarkan hasil analisis data, modul elektonik yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis sehingga modul elektonik yang dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu sumber bahan ajar pada mata kuliah Evaluasi Pendidikan Komputer.
Â
Abstract
The research aimed to produce an Android-based electronic module in the Computer Education Evaluation course valid and practical. The fourD development model is used in this research with stages, namely define, design, develop, and disseminate. To test the validity, the researcher used a questionnaire filled out by two validators, namely the media expert validator and the material expert validator. To test the practicality of the product, the researchers distributed a practicality questionnaire to 30 students studying in the Informatics and Computer Engineering Education Study Program. The results of data analysis showed that the developed electronic module was stated to be very valid and very practical so the electronic module can be used as a source of teaching materials in the Computer Education Evaluation course.
Downloads
References
Adisel, A., & Prananosa, A. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i1.1291.
Afriani, N., Haris, M., Savalas, L. R. T., & Sofia, B. F. D. (2022). Pengaruh Modul Elektronik Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Jonggat pada Materi Termokimia. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 84-88. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.393.
Asmurti, A., Unde, A. A., & Rahamma, T. (2018). Dampak Penggunaan Smartphone di Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 225-234. https://doi.org/10.31947/ kjik.v6i2.5318.
Budiman, R. D. A., Liwayanti, U., & Arpan, M. (2022). Analisis Kebutuhan dan Kesiapan Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Ilmu Akidah. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 6(1), 31-38. https://doi.org/10.29408/edumatic.v6i1.5087.
Darmawan, H. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Media Sobotta Anatomy Learning terhadap Hasil Belajar Biologi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 5(1), 40-50. https://doi.org/10.31571/saintek.v5i1.251.
Dewanti, T., Widada, W., & Triyono, T. (2016). Hubungan antara Keterampilan Sosial dan Penggunaan Gadget Smartphone terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 9 Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(3), 126-131. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkbk/article/view/618.
Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 433-441. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035.
Dharmayanti, W., & Oktarika, D. (2016). Pengaruh Peningkatan Kemampuan dan Minat Guru SMP Negri terhadap Pemanfaatan TIK di Kecamatan Siantan. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 5(2), 271-279. https://doi.org/ 10.31571/saintek.v5i2.351.
Friansah, D., & Luthfiana, M. (2022). Praktikalitas Buku Digital Interaktif sebagai Sumber Belajar Mata Kuliah Struktur Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2451-2463. https://doi.org/10.24127/ ajpm.v11i3.5037.
Husnawati, Z., & Safitri, N. D. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif sebagai Bahan Ajar Berbasis Tutorial pada Mata Kuliah Multimedia di Masa Pandemi Covid-19. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 7(1), 1-9. http://doi.org/10.25273/jupiter.v7i1.12261.
Intan, N. A. R., & Mampouw, H. L. (2021). Pengembangan Modul elektronik BERANI Berbasis Android pada Materi Perbandingan Berbalik Nilai. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 374-387. https://doi.org/ 10.33603/jnpm.v5i2.4938.
Karim, S. A., Parenreng, J. M., & Hafizh, A. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Jaringan Komputer di Prodi PTIK UNM. INTEC: Information Technology Education Journal, 1(1), 75-78.
Khaeriyah, K., & Mahmud, A. (2017). Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone dan Pemanfaatan Internet terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 140-149.
Kristiana, C., Haning Hasbiyati, & Benny Afandi. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Book Berbasis Smartphone terhadap Ketuntasan Belajar Siswa. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(1), 71-77. https://doi.org/10.24929/lensa. v12i1.195.
Listiana, Y., Aklimawati, A., Wulandari, W., Suandana, A., & Arindi, I. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik Berbantuan Geogebra untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Numerasi. Jurnal Serunai Matematika, 14(2), 72-82. https://doi.org/10.37755/jsm.v14i2.663.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311-326.
Mandias, G. F. (2017). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Smartphone terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat. CogITo Smart Journal, 3(1), 83-90. https://doi.org/10.31154/cogito.v3i1. 47.83-90.
Matsun, M., Ramadhani, D., & Lestari, I. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Listrik Magnet Berbasis Android di Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 7(1), 107-117. https://doi.org/10.31571/saintek.v7i1.774.
Nora, Y., Jusar, I. R., Rahmadani, A. F., & Safitri, T. A. (2021). Validitas Modul Elektronik IPS Lectora Inspire Berbasis Discovery Learning untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 31-46. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.5478.
Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17-25.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42-54. https://doi.org/ 10.20414/jtq.v16i1.203.
Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Alotrop Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 4(1), 51-58.
Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan Modul Elektronik Berbasis Digital Flipbook untuk Mempermudah Pembelajaran. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1298-1308.
Suryani, K., Utami, I. S., Khairudin, K., Ariska, A., & Rahmadani, A. F. (2020). Pengembangan Modul Digital Berbasis STEM Menggunakan Aplikasi 3D FlipBook pada Mata Kuliah Sistem Operasi. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 358-367.
Susilo, A., Siswandari, & Bandi. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik untuk Peningkatan Kemampuan Mencipta Siswa dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII SMA N 1 Slogohimo. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 50-56.
Susilowibowo, J. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Flipbook Perusahaan Dagang guna Mendukung Proses. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 7(1), 17-27.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan Modul elektronik Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728-3739. https://doi.org/10.31004/edukatif. v3i6.1265.
Yang, L., Susanti, W., Hajjah, A., Marlim, Y., & Tendra, G. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 122-136. https://doi.org/ 10.31571/edukasi.v20i1.3830.
Yulaika, N. F., Harti, & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 4(1), 67-76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.