Efikasi Diri Mahasiswa Akuntansi pada Masa Pandemi COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4297Keywords:
efikasi diri, prestasi akademik, pandemi COVID-19, self-efficacy, academic performance, COVID-19 pandemicAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian untuk menguji pengaruh efikasi diri terhadap prestasi akademik mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Bung Hatta, Padang pada masa pandemi COVID-19. Penelitian merupakan penelitian korelasional dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Populasi penelitian adalah mahasiswa Akuntansi yang aktif di Universitas Bung Hatta angkatan 2018-2020 berjumlah 303 orang. Sampel penelitian berjumlah 76 orang yang dipilih menggunakan proportionate stratified random sampling technique. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa dapat mengefikasi diri pada masa pandemi COVID-19. Simpulan penelitian adalah efikasi diri berpengaruh positif terhadap prestasi akademik mahasiswa Akuntansi Universitas Bung Hatta.
Â
Â
Abstract
The purpose of the research was to examine the effect of self-efficacy on academic performance of students of the Accounting Program at Universitas Bung Hatta, Padang during the COVID-19 pandemic. This research was a correlational research and data collection was done by using a questionnaire. The population in the research was accounting students who were active at Universitas Bung Hatta in 2018-2020 totaling 303 people. The research sample was 76 people who were selected using the proportionate stratified random sampling technique. Analysis of the data used simple linear regression. The results of the analysis showed that students can be self-efficacy during the COVID-19 pandemic. The conclusion of the research was that self-efficacy has a positive effect on the academic performance of accounting students at Universitas Bung Hatta.
Downloads
References
Alfonso, A. (2021). Motivasi Belajar Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar Daerah 3T Kabupaten Bengkayang di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 10(2), 133-143. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.3379.
Aufa, M., & Sari, K. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah di Masa Pandemi COVID-19. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 187-200. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.2961.
Bestari, R., & Ardi, Z. (2022). Perilaku Self-Efficacy Siswa SMA terhadap Kemandirian Belajar Daring selama Pandemi Covid-19. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(5), 1954-1963. http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i5.2022.1954-1963.
Dogan, U. (2015). Student Engagement, Self-Efficacy, and Academic Motivation as Predictors of Academic Performance. Anthropologyist, 20(3), 553-561. https://doi.org/10.1080/09720073.2015.11891759.
Gandasari, M. F., & Jipido, J. (2021). Analisis Persiapan dan Pelaksanaan Pembelajaran Penjas secara Daring pada Masa Pandemi di SMPN 2 Ngabang Tahun 2021. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 10(2), 237-262. https://doi.org/10.31571/jpo.v10i2.3244.
Hari, L. V., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 435-444. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p435-444.
Hariani, P. P., Wastuti, S. N. Y., Mahdalena, L & Barus, W. I. (2020). Pemanfaatan E-Learning pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 41-49. http://dx.doi.org/10.30596%2Fbibliocouns.v3i2.4656.
Hutasuhut, S., & Sari, R. I. (2021). Mediasi Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri Akademik pada Peningkatan Kinerja Akademik Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(1), 35-50. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n1.p35-50.
Khotimah, R., Radjah, C., & Handarini, D. (2016). Hubungan antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMP Negeri di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(2), 60-67. http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i22016p060.
Liana, C. (2015). Efikasi Diri Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah dalam Mata Kuliah Program Perencanaan Pengajaran (P3). Metafora: Education, Social Sciences and Humanities Journal, 1(4), 112-125. https://doi.org/10.26740/metafora.v1n4.p112-125.
Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran: Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran), 7(2), 124-132. http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i22020p124.
Nofrion, N. (2014). Peningkatan Efikasi Diri (Self Efficacy) Mahasiswa dalam Pembelajaran. Jurnal Geografi, 3(2), 20-28.
Patras, E. Y., Horiah, S., Zen, S. D., & Hidayat, R. (2021). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Edum Journal, 4(2), 69-75. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v4i2.99.
Praditama, A., Suhardi, S., & Hartono, H. (2022). Kelebihan dan Hambatan Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Pertama pada Masa Pandemi COVID-19. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 137-151. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3923.
Pratiwi, I, A., & Hayati, H. (2021). Efikasi Diri dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(1), 15-23. https://doi.org/10.30738/sosio.v7i1.8813.
Prawiyogi, A, W., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Pembelajaran Siswa SDIT Cendikia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94-101. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081.
Rahmatih, A.N., & Fauzi, A. (2020). Persepsi Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar dalam Menanggapi Perkuliahan secara Daring Selama COVID 19. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 143-153. https://doi.org/10.36835/modeling.v7i2.618.
Ramara, H. Z., Wahyudi, W., & Nurcahyo, R. W. (2021). Analisis Implementasi Pembelajaran Daring dalam Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri Ketapang. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya, 4(2), 68-74. https://doi.org/10.31571/jpsa.v4i2.3572.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2019). Pembelajaran Daring di Dengah Wabah COVID 19. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 187-192. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.
Saputra, R. M. A., Hariyadi, A., & Sarjono, S. (2021). Pengaruh Motivasi dan Efikasi Diri terhadap Kemandirian Belajar Sistem Daring pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Educatio, 7(3), 840-847. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1268.
Septiana, Y. (2020). Survei Efikasi Diri Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 17(2), 83-97. https://doi.org/10.21831/jep.v17i2.35008.
Septinityas, E., Rakhmawati, D., & Yulianti, P. D. (2022). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 185-196. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3458.
Sucia, D., & Kusuma, W.A. (2022). Dampak COVID-19 terhadap Sektor Pendidikan. Jurnal Repositor, 4(2), 167-172. https://doi.org/10.22219/repositor.v4i2.1386.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulaeman, K., Ramaditya, F., & Putra, H. (2022). Politik Pendidikan di Indonesia di Masa Pandemi: Respon Mahasiswa terhadap Pembelajaran Jarak Jauh. Ampera: A Research Journal on Politics and Islamic Civilization, 3(1), 11-24. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ampera.v3i01.10177.
Sunarti, I. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Efikasi Diri dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNIKU. Equlibirium; Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 15(2), 16-33. https://doi.org/10.25134/equi.v15i02.1616.
Suryani, L., Seto, S., & Bantas, M. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Berbasis E-Learning pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 275-283. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2609.
Widiyono, A. (2020). Efektivitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD disaat Pandemic COVID 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169-177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458.
Zagoto, S. F. L. (2019). Efikasi Diri dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 386-391. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.667.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.