Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Menggunakan Metode Supervisi Akademik
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4416Keywords:
supervisi akademik, kompetensi profesional, perangkat pembelajaran, academic supervision, professional competence, learning mediaAbstract
Abstrak
Penelitian dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja siswa (LKPD) mengunakan metode supervisi terhadap guru mata pelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan sekolah melalui supervisi akademik. Subjek penelitian adalah sepuluh guru di SMP Negeri 4 Pontianak. Penilaian dilakukan dengan mengisi instrumen penilaian kompetensi profesional guru melalui supervisi akademik. Hasil supervisi akademik untuk meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran dalam menyusun RPP dan LKPD melalui supervisi dan refleksi tergambarkan dari hasil pengamatan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru dalam menyusun RPP dan LKPD serta pelaksanaan proses pembelajaran mengalami peningkatan melalui supervisi akademik pada kategori baik.
Â
Â
Abstract
This research aimed to improve the ability of ten teachers in preparing lesson plans (RPP) and student worksheets (LKPD) using the supervision method for subject teachers. The type of research conducted was school action research through academic supervision. The subjects in this research were ten teachers of SMP Negeri 4 Pontianak. The assessment was carried out by filling out the instrument for assessing the professional competence of subject teachers’ academic supervision. The results of academic supervision to improve the ability of subject teachers in preparing RPP and LKPD through supervision and reflection were illustrated by the results of observations for two cycles. The professional competence of teachers in preparing RPP and LKPD as well as the implementation of the learning process as increased through academic supervision in the good category.
Downloads
References
Anggela, R. (2016). Hubungan antara Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja Guru dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa SMA di Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(1), 63-72. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i1.20.
Anggraini, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 350-365.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyati, E. (2018). Kemampuan Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Biologi Menyusun RPP pada Praktik Microteaching. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 82-92. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.839.
Arpan, M., & Marpanaji, E. (2015). Faktor-Faktor Eksternal yang Memengaruhi Hasil Belajar Pemrograman Komputer Mahasiswa PTIK STKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 195-208. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6392.
Arpan, M., & Trianto, S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak Tahun 2017.
Arpan, M., Salaman, S., Budiman, R. D. A., Ambyar, A., & Wakhinuddin, W. (2020). Student Learning Outcomes Using Drill and Practice Type of Computer Assisted Instruction. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(04), 1433-1436.
Bahri, S. (2014). Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Visipena, 5(1), 100-112. https://doi.org/10.46244/visipena.v5i1.236.
Darmadi, H. (2016). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113.
Fathoni, A., Sudira, P., Dharmayanti, W., & Arpan, M. (2017). Pengaruh Wawasan Kevokasionalan, Lingkungan Belajar, Sosial Ekonomi, dan Potensi Siswa SMP terhadap Minat Melanjutkan ke SMK. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 196-214. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.630.
Feladi, V., Arpan, M., & Verawardina, U. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi di SMP Negeri 2 Siantan Kabupaten Mempawah. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 32-42. https://doi.org/10.31571/gervasi.v1i1.597.
Fitri, A., Sahputra, R., Rasmawan, R., Enawaty, E., & Masriani, M. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict-Observe-Explain pada Sub Materi Pergeseran Kesetimbangan. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 11(1), 12-28. https://doi.org/10.31571/saintek.v11i1.3606.
Hanifa, H. (2017). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran melalui Pembinaan Kolaboratif bagi Guru Kelas V di Dabin II Unit Pendidikan Kecamatan Gedangan. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(2), 195-211. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.939
Hidayah, H. (2020). Supervisi Akademik Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Administrasi Penilaian di SD Negeri 1 Lut Tawar Tahun 2018. Serambi Akademica: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 8(3), 422-435.
Hulu, G., & Dwiningsih, K. (2021). Efektivitas LKPD Berbasis Blended Learning Berbantuan Multimedia Interaktif untuk Melatih Visual Spasial Peserta Didik. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 319-333. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.2953.
Iswanti, L. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun LKPD melalui Supervisi Klinis. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(1), 233-243.
Mawardi, P., & Paiman, P. (2014). Meningkatkan Kemampuan melalui Pembelajaran Quantum pada Mahasiswa Pendidikan Geografi STKIP PGRI Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 12(2), 257 - 266. https://doi.org/10.31571/edukasi.v12i2.161.
Mutahajar, M. (2019). Penerapan Supervisi Kolaboratif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SDN 6 Jurit Kecamatan Pringgasela. Bintang, 1(3), 282-303.
Nanda, I., Ambiyar, A., Wakhinuddin, W., Giatman, M., Muskhir, M., & Setiawan, D. (2022). Motivasi dan Kompetensi Mengajar Dosen terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 85-95. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3581.
Nirwana, N. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Mempersiapkan RPP di TK Al Mustafa Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 1(2), 73-88. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v1i2.34.
Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Supervisi Akademik Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah dalam http://repository.unj.ac.id/11957/2/BAB%201.pdf. Diakses 20 September 2022.
Purbasari, M. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Kinerja Mengajar Guru di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(1), 46-52.
Rasidi, R., Istiningsih, G., & Purwandari, S. (2018). Kompetensi Kepala Sekolah dalam Instructional Leadership SD Negeri Berpotensi Bencana di Kabupaten Magelang. Jurnal Holistika, 1(1), 46-56.
Rifdarmon, R., Ambiyar, A., & Wakhinuddin, W. (2020). Persepsi Mahasiswa tentang Kompetensi Dosen terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Listrik dan Elektronika Otomotif. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 113-124. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1600.
Rosilawati, T. (2014). Supervisi Akademik dalam Upaya Peningkatan Motivasi Guru Menyusun Perangkat Persiapan Pembelajaran. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan, 1(2), 57-62. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i2.276
Sapri, S. (2021) Efektifitas Penggunaan Media Video dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Masa Pandemi di Kelas XI IPA3 SMA Negeri 7 Pontianak. Jurnal Inovatif Kejuruan dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 77-88. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i1.86.
Sari, F., Darma, Y., & Dafrita, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Integrasi Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dalam Materi Refleksi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 281-289. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.1026.
Sii, P., Verawardina, U., Arpan, M., & Sulistiyarini, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran KKPI terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(2), 166-176. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v6i2.642.
Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 241-247. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461.
Somad, R., & Priansa, D. J. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Sudargini, Y. (2021). Peran Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja terhadap Peningkatan Kompetensi Guru SMA Negeri di Pati. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 13-21. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.216.
Suhayati, I. Y. (2013). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Budaya Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17(1), 86-95. https://doi.org/10.17509/jap.v17i1.6435.
Sukasman, S. (2020). Supervisi Akademik Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 28-38. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1752.
Sulistiyarini, D., Bibi, S., Fatmawati, E., & Arpan, M. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif di SMP dan SMK Mandiri Pontianak. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 39-46. https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i1.811.
Suryani, C. (2015). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di MIN Sukadamai Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 23-42. http://dx.doi.org/10.22373/jid.v16i1.585.
Yasykur, M. (2019). Supervisi Akademik sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. Bina Manfaat Ilmu: Jurnal Pendidikan, 02(04), 685-728.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.