Strategi Guru Sosiologi dalam Meningkatkan Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Komputer dan Smartphone Pascazonasi

Authors

  • Ika Nurul Aini Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur
  • Joan Hesti Gita Purwasih Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur http://orcid.org/0000-0002-0085-7974

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4447

Keywords:

EHB-BKS, hasil belajar, tantangan blajar, strategi belajar, sistem zonasi, learning outcomes, learning challenges, learning strategies, zoning system

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil, tantangan, dan strategi guru dalam menghadapi Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Komputer dan Smartphone (EHB-BKS) SMA Negeri di Kota Malang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Informan penelitian yaitu siswa, guru mata pelajaran Sosiologi, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber. Data penelitian dianalisis secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memberikan informasi dan pengenalan bentuk-bentuk soal EHB-BKS sejak dini, yaitu mulai dari kelas X. Guru juga menerapkan strategi penguatan pemahaman soal dengan membagi kisi-kisi soal, memberikan latihan-latihan soal, dan melakukan pembahasan soal. Secara tidak langsung, guru dapat mengevaluasi dan menguatkan materi Sosiologi dari kelas X hingga kelas XII. Upaya tersebut dapat berpengaruh pada peningkatan hasil EHB-BKS.

 

Abstract

The research aimed to determine the results, challenges, and strategies of teachers in dealing with Computer and Smartphone-Based Learning Outcomes Evaluation (EHB-BKS) in Malang City Senior High School. The type of research conducted was descriptive qualitative. The determination of research informants used a purposive sampling technique. Research informants were students, teachers of sociology subjects, and vice principals in the field of curriculum. Data collection techniques used observation, interviews, and documentation. The validity of the data obtained through triangulation of sources. The analysis technique used interactive analysis. The result showed that the teacher provided information and introduced the forms of EHB-BKS questions from an early age, starting from class X. The teachers also implemented strategies to strengthen understanding of the questions by dividing the grid of questions, the gave practice questions, and discussing the questions. Indirectly, the teacher can evaluate and strengthen the Sociology material from class X to class XII. These efforts can have an effect on increasing the results of EHB-BKS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliana, I. P. A. (2018). Tingkat Kecemasan Siswa SMK Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun 2018. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 37-44. http://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.2341.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Baskorowati, H., & Wijayanti, P. (2020). Studi Kasus: Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di SMA Negeri 1 Cerme. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 9(3), 529-539. https://doi.org/10.26740/mathedunesa. v9n3.p529-539.

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. (2022). Pedoman Teknis (Domnis) Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Komputer dan Smartphone (EHB-BKS) SMA Negeri dan Swasta Tahun Pelajaran 2021/2022 dalam https://sebelas.net/ pedoman-teknis-penyelenggaraan-ehb-bks-tahun-2022-dinas-pendidikan-provinsi-jawa-timur.html. Diakses 13 Agustus 2022.

Fauziah, A., Sobari, E. F. D., & Robandi, B. (2021). Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1550-1558. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.608.

Ghani, S., & Zharfa, M. (2020). Pengaruh Penghapusan Ujian Nasional terhadap Motivasi Belajar Perserta Didik di Masa Pandemi. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 184-196.

Hidayati, A. S., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas IV di SDN Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45-50. http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i42019p268.

Kaffa, Z., Budi, S. S., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan Penerapan Sistem Zonasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1870-1879.

Kartikasari, M., Kusmayadi, T.A., & Usodo, B. (2016). Kreativitas Guru SMA dalam Menyusun Soal Ranah Kognitif Ditinjau dari Pengalaman Kerja. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2020). UN 2020 Dibatalkan, ini Syarat Kelulusan Siswa dalam https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/un-2020-dibatalkan-ini-syarat-kelulusansiswa#:~:text= UN%202020%20Dibatalkan%2C%20Ini%20Syarat,)%20tahun%20pelajaran%202019%2F2020. Diakses 11 Agustus 2022.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. California: Sage Publications.

Mauludinia, I., & Amin, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Era New Normal dan Kualitas Guru terhadap Tingkat Pemahaman IPS. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 161-172. https://doi.org/10.18860/dsjpips.v1i2.1604.

Maunah, B. (2016). Pendidikan dalam Perspektif Struktural Fungsional. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 159-178. https://doi.org/10.30957/cendekia.v10i2.136.

Nurlailiyah, A. (2019). Analisis Kebijakan Sistem Zonasi terhadap Perilaku Siswa SMP di Yogyakarta. Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, 17(1), 13-21 https://doi.org/10.30762/realita.v17i1.1381.

OECD. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA) Results from PISA 2018 dalam https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_ CN_IDN.pdf. Diakses 23 Agustus 2022.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2018 tentang Sistem Zonasi dalam https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/138190/permendikbud-no-14-tahun-2018. Diakses 13 Agustus 2020.

Purwasih, J. H. G. (2021). Evaluasi pembelajaran Sosiologi Jenjang Sekolah Menengah Atas di Masa Pandemi COVID-19. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 216-229. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.2995.

Rohma, F. (2013). Kecurangan dalam Ujian Nasional di Sekolah Menengah Atas dalam https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/58838/ Fathur%20Rohma.pdf?sequence=1. Diakses 15 Oktober 2022.

Saadah, S. A., & Harmanto, H. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Drill terhadap Hasil Belajar PPKn pada Peserta Didik Lambat Belajar di UPT SMP Negeri 29 Gresik. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 8(2), 246-260.

Safitri, S. (2019). Dampak Penghapusan Ujian Nasional yang akan Diganti dengan Sistem Asesmen Kompetensi dan Survey Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 3(2), 65-71. https://doi.org/10.31316/jk.v3i2.1303.

Setiawan, G. D., & Yaniasti, N.L. (2021). Sistem Zonasi Sekolah: Antara Persepsi dan Minat Belajar Siswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(2), 183-193. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i2.902.

Shudur, M. (2019). Manfaat Belajar Kelompok dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, 4(2), 328-346.

Suardana, A. A. P. C. P., & Simarmata, N. (2013). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Kecemasan pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Denpasar Menjelang Ujian Nasional. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 203-212. https://doi.org/10.24843/JPU.2013.v01.i01.p20.

Sutisna, A. P., Maulana, M., & Subarjah, H. (2016). Meningkatkan Pemahaman Matematis melalui Pendekatan Tematik dengan RME. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 31-40.

Sutisna, N. T., & Nurhadi, N. (2020). Penyesuaian Diri Peserta Didik Pasca Penetapan Sistem Zonasi di SMA Negeri 1 Kartasura. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 2(1), 28-41. https://doi.org/10.52483/ijsed.v2i1.19.

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IX B Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80-94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39.

Syahida, A., & Irwandi, D. (2015). Analisis Keterampilan Berrpikir Tingkat Tinggi pada Soal Ujian Nasional Kimia. Edusains, 7(1), 77-87. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1404.

Widyastuti, R. T. (2020). Dampak Pemberlakuan Sistem Zonasi terhadap Mutu Sekolah dan Peserta Didik. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 7(1), 11-19. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.46.

Yenusi, T., Mumu, J., & Tanujaya, B. (2019). Analisis Soal Latihan pada Buku Paket Matematika SMA yang Bersesuaian dengan Higher Order Thinking Skills. Journal of Honai Math, 2(1), 53-64. https://doi.org/10.30862/jhm.v2i1.58.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Aini, I. N., & Purwasih, J. H. G. (2022). Strategi Guru Sosiologi dalam Meningkatkan Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Komputer dan Smartphone Pascazonasi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(2), 287–299. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4447

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)