Tantangan Alumni Pendidikan Sosiologi Mengikuti Seleksi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan

Authors

  • Eva Fras Juiyanti Hutasoit Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur
  • Joan Hesti Gita Purwasih Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur http://orcid.org/0000-0002-0085-7974

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4453

Keywords:

Pendidikan Profesi Guru, alumni Pendidikan Sosiologi, tes subtantif, Teacher Professional Education, Sociology Education alumni, substantive test

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk menjelaskan tantangan yang dihadapi alumni Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Malang (UM) dalam mengikuti seleksi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan. Hasil penelitian penting dianalisis untuk mengetahui tingkat kesiapan alumni Pendidikan Sosiologi UM dalam mengikuti seleksi PPG Prajabatan. Tantangan atau kendala alumni juga penting diketahui agar mahasiswa Pendidikan Sosiologi UM lebih mempersiapkan diri menghadapi seleksi PPG Prajabatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Responden penelitian berjumlah 11 orang alumni Pendidikan Sosiologi UM. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan materi yang tidak maksimal dapat menjadi salah satu tantangan internal dan pelaksanaan tes subtantif yang jauh dari domisili menjadi tantangan eksternal alumni Pendidikan Sosiologi UM.

 

Abstract

The research aimed to explain the challenges faced by alumni of the Sociology Education State University of Malang (UM) in participating in the Education selection PreOccupational Teacher Profession (PPG). It is important to analyze the results of this research to determine the level of readiness of UM Sociology Education alumni to take part in the PPG PreOccupational selection. It is also important to know the challenges or constraints of alumni so that UM Sociology Education students are able to better prepare themselves for the future PPG PreOccupational selection. This type of research was descriptive qualitative. The number of research respondents was 11 alumni of Sociology Education State UM. Data collection techniques used interviews. Data were analyzed using an interactive analysis model consisting of data collection, data reduction, data presentation, and verification or drawing conclusions. The results of the research showed that material mastery that is not optimal can be one of the internal challenges and the implementation of substantive tests that are far from their domicile is an external challenge for alumni of UM Sociology Education.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhusaini, A., Kristiawan, M., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2166-2172. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.693.

Andina, E., & Arifa, F. N. (2021). Problematika Seleksi dan Rekrutmen Guru Pemerintah di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 12(1), 85-105. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i1.2101.

Anggela, R. (2016). Hubungan antara Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja Guru dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa SMA di Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(1), 63-72. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i1.20.

Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415-2422. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241.

Ardyani, A. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 232-240.

Azizah, M., & Apdila, M. N. (2021). Peran Kepala Madrasah sebagai Supervisor dalam Peningkatan Kinerja Guru. Chalim Journal of Teaching and Learning (CJoTL), 1(1), 73-84.

Darmadi, H. (2016). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113.

Dharma, F. A. (2018). Konstruksi Realitas Sosial: Pemikiran Peter L. Berger tentang Kenyataan Sosial. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 1-9. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.101.

Direktorat Ketenagaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pendidikan Profesi Guru Prajabatan. Jakarta: Direktorat Ketenagaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Disas, E. P. (2017). Analisis Kebijakan Pendidikan mengenai Pengembangan dan Peningkatan Profesi Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(2), 158-166. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i2.8251.

Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215-240.

Galih, A., & Iriani, C. (2018). Persepsi Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Sejarah terhadap Program PPG. Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(1), 66-83. https://doi.org/10.21009/JPS.071.05.

Handayani, T., Nurmalisa, Y., & Halim, A. (2019). Persepsi Mahasiswa Program Studi PPKn Universitas Lampung terhadap Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(2), 1-15.

Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(1), 19-36.

Kartini, D., & Kristiawan, M. (2019). Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 25-33. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p25-33.

Karyantini, D., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Hasil Belajar Micro Teaching dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi melalui Efikasi Diri sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 200-209. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p200-209.

Koriaty, S., Ramadhani, D., Fatmawati, E., Nurcahyo, R. W., & Liwayanti, U. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri Jurusan TKJ seKota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(1), 102-113. https://doi.org/10.31571/saintek.v6i1.491.

Koswara, K., & Rasto, R. (2016). Kompetensi dan Kinerja Guru Berdasarkan Sertifikasi Profesi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 61-71. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3269.

Meydianto, M. (2020). Konstruksi Media Online mengenai Pemberitaan Blame Game Terkait Asal Mula Virus Corona Muncul. Syntax Idea, 2(11), 866-880.

Muta’afi, F., & Handoyo, P. (2015). Konstruksi Sosial Masyarakat terhadap Penderita Kusta. Paradigma, 3(3), 1-7.

Ngangi, C. R. (2011). Konstruksi Sosial dalam Realitas Sosial. Agri-Sosioekonomi, 7(2), 1-4. https://doi.org/10.35791/agrsosek.7.2.2011.85.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2007 tentang Penyaluran Tunjangan Profesi bagi Guru dalam https://peraturan.bpk.go.id/ Home/Details/216131/permendikbud-no-36-tahun-2007. Diakses 15 Oktober 2022.

Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dalam https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5575/pp-no-13-tahun-2015. Diakses 15 Oktober 2022.

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru dalam https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/peraturan-pemerintah-nomor-74-tahun-2008-tentang-guru. Diakses 15 Oktober 2022.

Priansa, D. J. (2014). Perencanaan dan Pemgembangan SDM. Bandung: Alfabeta.

Pujoandika, R., & Sobandi, A. (2021). Dampak Kinerja Guru dan Motivasi Belajar dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 6(1), 47-56. https://doi.org/10.17509/jpm.v6i1.40824.

Purwoko, S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150-162. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467.

Puspitasari, H. (2017). Standar Proses Pembelajaran Sebagai Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah. Muslim Heritage, 2(2), 339-368. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v2i2.1115.

Revina, S. (2020). Dampak Sistem Perekrutan dan Pengembangan Guru terhadap Kualitas Guru di Indonesia dalam https://smeru.or.id/sites/default/files/events/fkp_21_oct_2020_shintia_revina.pdf. Diakses 15 Oktober 2022.

Sidqi, N. A., & Auliya, P. (2020). Analisis Kesiapan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Saat Covid-19. Literasi: Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 137-158. https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3261.

Sutardi, S., & Sugiharsono, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188-198. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.8400.

Tarmiji, T., Basyah, M. N., & Yunus, M. (2016). Persepsi Siswa terhadap Kesiapan Guru dalam Proses Pembelajaran (Studi pada SMP Negeri 18 Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 1(1), 41-48.

Tiara, D. R., & Pratiwi, E. (2020). Mengukur Kesiapan Guru sebagai Dasar Pembelajaran Daring di Lembaga PAUD. Jurnal Golden Age, 4(2), 362-368. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2624.

Valentin, C., Budiwibowo, S., & Sulistyowati, N. (2019). Determinan Minat Mahasiswa Menjadi Guru. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 366-378. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.173.

Wahyuni, D., & Setiyani, R. (2018). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 669-683.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Hutasoit, E. F. J., & Purwasih, J. H. G. (2022). Tantangan Alumni Pendidikan Sosiologi Mengikuti Seleksi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(2), 259–272. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4453

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)