Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan

Authors

  • Hendra Dani Saputra Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat https://orcid.org/0000-0003-4460-4909
  • Wawan Purwanto Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat http://orcid.org/0000-0002-8576-7264
  • Toto Sugiarto Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat http://orcid.org/0000-0003-1316-7814
  • Fauzan Zaharbaini Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat
  • Ahmad Arif Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat
  • Fazrin Hidayat Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4470

Keywords:

efektivitas pembelajaran, problem solving, hasil belajar, learning effectiveness, learning outcomes

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan mengukur efektivitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem solving. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI TKR 2 SMKN 3 Bungo Kabupaten Bungo Provinsi Jambi yang berjumlah 24 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik total sampling sehingga keseluruhan populasi merupakan sampel penelitian. Penelitian termasuk penelitian preexperimental menggunakan desain one group pretest-posttest. Instrumen penelitian menggunakan soal tes objektif pilihan ganda sejumlah 30 butir soal. Data yang terkumpul dilakukan analisis ketuntasan belajar siswa, effect size, dan gain ternormalisasi. Hasil analisis ketuntasan klasikal hasil belajar siswa menunjukkan telah tercapai ketuntasan dalam hasil belajar. Analisis effect size menunjukkan model pembelajaran problem solving memiliki efek dengan kategori besar. Hasil analisis uji gain ternormalisasi terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menerapkan model pembelajaran problem solving pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving tebukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Abstract

The research aimed to measure the effectiveness of learning by applying the problem solving learning model. The research population was students of class XI TKR 2 SMKN 3 Bungo, Bungo Regency, Jambi Province, with a total of 24 students. Sampling using the total sampling technique so that the research sample was the entire population. This research included preexperimental research using a one-group pretest-posttest design. The research instrument used multiple choice objective test questions with a total of 30 questions. The data collected was analyzed for student learning completeness, effect size, and normalized gain. The results of the classical completeness analysis of learning outcomes showed that completeness has been achieved in learning outcomes. The effect size analysis showed that the problem solving learning model has a large category effect. The results of the normalized gain test analysis showed an increase in student's ability to apply the problem solving learning model in the medium category. It was concluded that the application of the problem solving learning model proved to be effective in increasing learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Y., Ananda, A., Montessori, M., & Khairani, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan SAVI dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Basicedu, 6(4), 7433-7445. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3355.

Ariyanto, M., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Guru Kita (JGK), 2(3), 106-115. https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10392.

Bohari, B., Juniardi, K., & Sukino, P. (2016). Analisis Pendapat Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP-PGRI Pontianak tentang Kurikulum 2013. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), 1-13. https://doi.org/10.31571/sosial.v3i1.262.

Dunbar, K. (2017). Problem Solving. In W. Bechtel & G. Graham (Eds.), A Companion to Cognitive Science. Oxford: Blackwell Publishing Ltd.

Eggen, P. D., & Kauchak, D. P. (2012). Strategies and Models for Teachers: Teaching Content and Thinking Skills (6th ed). Boston: Pearson.

Elvianasti, M., Lufri, L., Andromeda, A., Mufit, F., Pramudiani, P., & Safahi, L. (2022). Motivasi dan Hasil Belajar Siswa IPA: Studi Metaanalisis. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 73-84. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3582.

Erika, E., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2021). Literatur Review: Penerapan Sintaks Model Pembelajaran Problem Solving pada Kurikulum 2013. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 147-153. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1101.

Erita, S. (2016). Beberapa Model, Pendekatan, Strategi, dan Metode dalam Pembelajaran Matematika. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), 1-13.

Evi, T., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 385-395. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.314.

Fathoni, A., Sudira, P., Dharmayanti, W., & Arpan, M. (2017). Pengaruh Wawasan Kevokasionalan, Lingkungan Belajar, Sosial Ekonomi, dan Potensi Siswa SMP terhadap Minat Menlanjutkan ke SMK. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 196-214. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.630.

Fatmawati, E. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan, Gaya Belajar dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 4(1), 40-59. https://doi.org/10.31571/saintek.v4i1.5.

Fritz, C. O., Morris, P. E., & Richler, J. J. (2012). Effect Size Estimates: Current Use, Calculations, and Interpretation. Journal of Experimental Psychology: General, 141(1), 2-18. http://doi.apa.org/getdoi.cfm?doi=10.1037/a0024338.

Green, J. L., Camilli, G., & Elmore, P. B. (2006). Handbook of Complementary Methods in Education Research. New York: Routledge.

Hidayat, S., Siswandi, S., & Bahri, S. (2016). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Sejarah Semester 3 IKIP PGRI Pontianak TA 2014/2015. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(1), 73-82. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i1.21.

Ilahi, I., Rizal, F., & Irfan, D. (2021). Kemandirian dan Motivasi Belajar dalam Menggunakan Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 75-89. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2322.

Indraswati, D., Marhayani, D. A., Sutisna, D., Widodo, A., & Maulyda, M. A. (2020). Critical Thinking dan Problem Solving dalam Pembelajaran IPS untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(1), 12-28. https://doi.org/10.31571/sosial.v7i1.1540.

Iskandar, I., & Cahyadi, A. (2016). Meningkatkan Kreativitas Memodifikasi Media Pembelajaran Micro Teaching Penjas dengan Metode Problem Solving Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 5(2), 144-153. https://doi.org/10.31571/jpo.v5i2.382.

Julindra, R. G., Debora, D., & Wiyogo, W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dalam Materi Perbaikan Sistem Pendingin. Steam Engineering, 3(1), 34-38. https://doi.org/10.37304/jptm.v3i1.1877.

Kartini, K. (2020). Efektifitas Penggunaan Metode Problem Solving Mata Kuliah Statistika Pendidikan terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S1 PGSD. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(2), 68-74. https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.364.

Kusnadi, E., Martini, E., & Nugraha, G. N. (2017). Konstruk Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2), 150-163. https://doi.org/10.31571/pkn.v1i2.611.

Ma’aruf, M. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 229-234.

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. BINTANG: Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(2), 198-214. 198-214. https://doi.org/10.36088/bintang.v3i2.1291.

Mardapi, D., Hadi, S., & Retnawati, H. (2015). Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal Berbasis Peserta Didik. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 38-45. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4553.

Mari’a, H., & Ismono, I. (2021). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Dipadukan dengan Keterampilan HOTS terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Studi Literatur. UNESA Journal of Chemical Education, 10(1), 10-19. https://doi.org/10.26740/ujced.v10n1.p10-19.

Mulyono, O., Bustami, Y., & Julung, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi Sekolah Menengah Pertama melalui Metode Demontrasi. JPBIO: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 15-19. https://doi.org/10.31932/jpbio.v2i2.220.

Nugroho, A., & Myori, D. E. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Problem Solving pada Proses Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 83-86. https://doi.org/10.24036/jpte.v1i1.36.

Permana, R. (2015). Efektivitas Pembelajaran Problem Solving terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Instalasi Software di SMK. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 4(1), 124-134. https://doi.org/10.31571/saintek.v4i1.11.

Pratama, H. J., & Ghofur, M. A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Saat Pembelajaran Daring. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1568-1577. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.621.

Putri, E. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Metode Problem Solving (Pemecahan Masalah) dengan Metode Ceramah pada Siswa Kelas X IPS SMAN 3 Teladan Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 99-106.

Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar , N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162-167.

Rosanti, R., & Nurekawati, E. E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Mata Kuliah Geografi Pariwisata. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(1), 131-144. https://doi.org/10.31571/sosial.v5i1.863.

Saputra, H. D., Anori, S., Fernandez, D., & Setiawan, D. (2022). Analysis of Student’s Learning Outcomes Test Questions Department of Automotive Engineering FT UNP. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 22(1), 21-28. https://doi.org/10.24036/invotek.v22i1.964.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(1), 25-30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168.

Saputra, H. D., Purwanto, W., Setiawan, D., Fernandez, D., & Putra, R. (2022). Hasil Belajar Mahasiswa: Analisis Butir Soal Tes. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 15-27. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3432.

Saputra, H. D., Setiawan, D., Amin, B., & Putra, R. (2021). The Effect of E-Learning Media on the Improvement of Learning Outcomes in the Vehicle Body Construction Course for Students of the Department Automotive Faculty of Engineering UNP. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 21(1), 69-76. https://doi.org/10.24036/invotek.v21i1.893.

Setiawan, D., Lestari, S., Putra, D. S., & Azmi, M. (2018). Pemanfaatan Media Sosial untuk Membangun Sistem E-Learning di SMKN 1 Gunung Talang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(1), 7-12. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.177.

Sudjana, D., & Wijayanti, I. E. (2018). Analisis Keterampilan Metakognitif pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan melalui Model Pembelajaran Pemecahan Masalah. EduChemia: Jurnal Kimia dan Pendidikan, 3(2), 206-221. http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v3i2.3729.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaifulloh, M. (2015). Peningkatan Pemahaman Konsep dengan Menggunakan Pendekatan Peta Konsep dalam Pembelajaran Sejarah pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(1), 37-52. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i1.18.

Wahyuni, S., & Indrasari, D. (2017). Implementasi Pendidikan Life Skill di SMK Negeri 1 Bondowoso. Jurnal Edukasi, 4(1), 24-29. https://doi.org/10.19184/ jukasi.v4i1.5086.

Widiastuti, H. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn Menggunakan Metode Creative Problem Solving di Kelas XI MIA 2 SMAN 1 Kubu. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 34-42. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1095.

Yaqin, A., & Pramukantoro, J. A. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Dasar-Dasar Kelistrikan di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 237-245.

Yokhebed, Y. (2018). Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah melalui Pembelajaran dengan Modul Berbasis Potensi Lokal pada Calon Guru Biologi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 235-243. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.966.

Zainuddin, H. M. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Membentuk Karakter Anak Bangsa. UNIVERSUM: Jurnal Keislaman dan Kebudayaan, 9(1), 131-139. https://doi.org/10.30762/universum.v9i1.80.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Saputra, H. D., Purwanto, W., Sugiarto, T., Zaharbaini, F., Arif, A., & Hidayat, F. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(2), 273–286. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4470

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)