Pengembangan Sistem Informasi untuk Akreditasi Program Studi
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4577Keywords:
IAPS 4.0, sistem informasi akreditasi, peningkatan mutu, accreditation information system, quality improvementAbstract
Abstrak
Peralihan instrumen akreditasi program studi menjadi Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 dan pengumpulan dokumen pendukung merupakan tantangan yang besar saat pengisian borang akreditasi. Tujuan penelitian adalah mengembangkan sistem informasi untuk akreditasi program studi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang diadopsi dari Richey dan Klein, terdiri dari perancangan, produksi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, studi literatur, dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase kelayakan dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap perancangan dilakukan analisis kebutuhan pengguna. Tahap produksi dilakukan perancangan sistem informasi akreditasi IAPS 4.0 dengan fitur template borang; rincian jadwal pengisian; simulasi perhitungan skor; cek plagiasi; proses review; serta pengunggahan dokumen pendukung dan formulir Sistem Penjaminan Mutu Internal. Tahap evaluasi dilakukan uji coba produk oleh dua orang ahli dan pengguna sebanyak 15 orang. Hasil uji coba ahli dan pengguna menunjukkan bahwa rancangan sistem informasi sudah layak untuk digunakan dan disebarluaskan.
Â
Â
Abstract
There was a transition of the study program accreditation instrument to IAPS 4.0. and collecting supporting documents is a big challenge when filling out accreditation forms. The research aimed to develop an information system for study program accreditation. The research method used research and development adopted from Richey and Klein, namely design, production, and evaluation. Data collection was carried out through interviews, literature studies, and questionnaires. Data analysis was performed by calculating the percentage of feasibility and practicality. The design stage was carried out by analyzing user needs. In the production phase, the design of the IAPS 4.0 accreditation information system was carried out with the form template feature; charging schedule details; score calculation simulation; plagiarism check; review process; as well as uploading supporting documents and forms of the Internal Quality Assurance System. In the evaluation phase, product trials were carried out by two experts and 15 users. The results of expert and user trials showed that the information system design is feasible for use and dissemination.
Downloads
References
Agustiansyah, R. (2017). Perancangan Aplikasi Pengelolaan Dokumen dan Simulasi Penilaian Akreditasi di Prodi S1 Sistem Informasi Universitas Telkom. Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri, 4(1), 84-92. https://doi.org/10.25124/jrsi.v4i01.200.
Ahmadian, H., Dwitawati, I., & Malahayati, M. (2019). Implementasi Sistem Informasi Pendukung Akreditasi Berbasis Web pada Program studi Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 88-95. http://dx.doi.org/10.22373/cj.v3i2.6309.
Ananda, Y. (2020). Sistem Informasi Aplikasi Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) pada Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Aceh. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 4(2), 67-74. https://doi.org/10.35870/jtik.v4i2.109.
Asse, A., & Rahim, A. (2019). Rancang Bangun Sistem Pengarsipan Pendukung Akreditasi e-Borang STMIK Samarinda dengan Menggunakan Framework Laravel. Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi, 1(2), 1-8. https://doi.org/10.31326/sistek.v1i2.675.
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. (2019). Naskah Akademik Akreditasi Program Studi. Jakarta: BAN-PT.
Budiman, R. D. A., Liwayanti, U., & Arpan, M. (2022). Analisis Kebutuhan dan Kesiapan Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Ilmu Akidah. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 6(1), 31-38. https://doi.org/10.29408/edumatic.v6i1.5087.
Febriadi, B., Wiza, F., & Putra, P. P. (2019). Sistem Informasi Pengarsipan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi. Jurnal Sains Komputer dan Informatika, 3(1), 152-159. http://dx.doi.org/10.30645/j-sakti.v3i1.110.
Gunawan, G., Hamengkubuwono, H., & Hidayat, R. (2019). Sistem Informasi Akreditasi Program Studi Berbasis Web. Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 3(2), 147-158. http://dx.doi.org/10.29240/tik.v3i2.1064.
Hadi, A., Budayawan, K., & Syukhri. (2017). Perancangan Sistem Informasi Dokumentasi Borang Akreditasi Program Studi. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 10(3), 53-63. https://doi.org/10.24036/tip.v10i3.19.
Luciandika, A., Andajani, K., Ariani, D., & Mamah, M. (2021). Pengembangan Website “Sunting Pintar†sebagai Inovasi Pembelajaran Penyuntingan bagi Mahasiswa Berbasis Life Skill dan Entrepreneurship. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 260-274. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.2927.
Mardiono, I., Fil’aini, R., & Didin, F. S. (2019). Perancangan Sistem Basis Data Offline Dokumen Akreditasi Program Studi. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 12(2), 101-107. https://doi.org/10.31315/opsi.v12i2.3153.
Melany, Nur, R., & Aryani, D. (2020). Pemodelan Basis Data pada Sistem Informasi Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) Berbasis Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS 4.0). Prosiding Seminar Nasional Elektro dan Informatika 2020.
Panyahuti, P., Ganefri, G., Ambiyar, A., & Suryani, K. (2019). Safe Exam Browser untuk Klien Android pada Ujian Berbasis Web. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 212-226. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1454.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi dalam https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/163709/permendikbud-no-5-tahun-2020. Diakses 21 Oktober 2022.
Sallu, S., & Darlispon, D. (2016). Konsep Sistem Informasi Akreditasi Perguruan Tinggi Berbasis Cloudcomputing. MIND Journal, 1(1), 19-26. https://doi.org/10.26760/mindjournal.v1i1.19.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, A., Nurdin, H., & Zulyadi, T. (2021). Komunikasi Peningkatan Akreditasi Program Studi. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 4(1), 61-76. http://dx.doi.org/10.22373/jp.v4i1.9407.
Sulaiman, A., & Wibowo, U. B. (2016). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di Universitas Gadjah Mada. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(1), 17-32. https://doi.org/10.21831/amp.v4i1.8197.
Suryani, K., Khairudin, K., Widyastuti, R., & Saib, M. (2022). Aplikasi Ujian Semester Berbasis Android bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 28-42. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3594.
Susanti, W., Yuliendi, R., Ambiyar, A., & Wakhinuddin, W. (2020). Perancangan Pembelajaran E-Learning Bahasa Inggris untuk Pemula Berbasis Multimedia. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 101-112. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1601.
Walukow, S. B. (2019). Sistem Informasi Pengisian Borang Akreditasi Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Manado. Prosiding 10th Industrial Research Workshop and National Seminar Tahun 2019.
Widagdo, P. P., Ramadiani, R., Maharani, S., & Junirianto, E. (2019). Sistem Informasi Akreditasi Program Studi di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Mulawarman. Query: Jurnal Sistem Informasi, 3(1), 22-35.
Widyastuti, R., Suryani, K., Sari, R., Hasri, C., & Fauziah, F. (2021). Respons Siswa SMK terhadap E-Learning Persiapan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Berbasis Android. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 230-244. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.2999.
Yasa, A. D., Suastika, K. K., & Nur Zubaidah, R. S. A. (2020). Pengembangan E-Evaluation Berbasis Aplikasi Hot Potatoes untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 26–32. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23987.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.