Pemanfaatan Blended Learning untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Google Spreadsheet pada Bimbingan Teknologi Informatika dan Komunikasi
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i1.5067Keywords:
blended learning, Google Spreadsheet, efektivitas belajar, learning effectivenessAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga meningkatkan efektivitas belajar dengan pemanfaatan blended learning. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di kelas X PIPS 1 SMAN 2 Pontianak yang terdiri dari 35 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi yang dilakukan rekan pendidik saat proses pembelajaran tatap muka, soal evaluasi (daring), dan memberikan angket ke peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II; hasil belajar peserta didik pada materi Google Spreadsheet meningkat dari siklus I ke siklus II; dan peserta didik memberikan respons positif mengenai pemanfaatan blended learning dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa blended learning meningkatkan efektivitas belajar peserta didik.
Â
Abstract
The research aimed to improve the learning process so as to increase the effectiveness of learning by utilizing blended learning. The form of research was classroom action research. The research was conducted in class X PIPS 1 SMAN 2 Pontianak which consisted of 35 students. Data collection used observation sheets carried out by fellow educators during the face-to-face learning process, evaluation questions (online), and giving questionnaires to students. The data analysis technique used descriptive analysis. The results showed that learning management increased from cycle I to cycle II; student learning outcomes on Google Spreadsheet material increased from cycle I to cycle II; and students gave positive responses regarding the use of blended learning in the learning process. Based on the results of the research, it was concluded that blended learning increases the learning effectiveness of students.
Downloads
References
Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 7(1), 855-866. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3169.
Arpan, M., Budiman, R., & Verawardina, U. (2018). Need Assessment Penerapan Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Jaringan Komputer Berbasis Augmented Reality. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 48-56. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.834.
Arpan, M., Salaman, S., Budiman, R. D. A., Ambyar, A., & Wakhinuddin, W. (2020). Student Learning Outcomes Using Drill and Practice Type of Computer Assisted Instruction. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(04), 1433-1436.
Astiti, N. K. A., Rini Kristiantari, M. G., & Saputra, K. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Journal of Education Action Research, 5(3), 409-415. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.36695.
Budiman, R. D. A., Arpan, M., & Verawardina, U. (2018). Readiness Assessment Penerapan Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Jaringan Komputer Berbasis Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 7(1), 118-125. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v7i1.776.
Budiman, R. D. A., Liwayanti, U., & Arpan, M. (2022). Analisis Kebutuhan dan Kesiapan Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Ilmu Akidah. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 6(1), 31-38. https://doi.org/10.29408/edumatic.v6i1.5087.
Eliyanora, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Inkuiri di Kelas IV SDN 10 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 624-628. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8210.
Feladi, V., Arpan, M., & Verawardina, U. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi di SMP Negeri 2 Siantan Kabupaten Mempawah. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 32-42. https://doi.org/10.31571/gervasi.v1i1.597.
Fitriani, L., Arif, M., Mardeli, M., & Syarnubi, S. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa PAI. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 1-14. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v7i2.11369.
Handayani, I., Kusumahati, H., & Badriah, A. N. (2017). Pemanfaatan Google Spreadsheet sebagai Media Pembuatan Dashboard pada Official Site IFacility di Perpendidikan Tinggi. Sisfotenika, 7(2), 177-186. https://doi.org/10.30700/jst.v7i2.155.
Handrianto, H., Ambiyar, A., Syahril, S., & Fernanda, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 2 Sawahlunto. Jurnal Vokasi Mekanika, 4(1), 70-76. https://doi.org/10.24036/vomek.v4i1.304.
Hapudin, M. S. (2020). Manajemen Pembelajaran Blended Learning dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(1), 54-65. https://doi.org/10.54367/aquinas.v3i1.631.
Hidayati, N. (2021). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Blended Learning Berbantuan Media Bongkar Pasang pada Materi Tatanama Senyawa di SMA Negeri 1 Bandar Baru dalam https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16330. Diakses pada 2 Januari 2023.
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka.
Indriani, L. (2022). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning pada Pelajaran Bahasa Inggris. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 9-17. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i1.4.
Kuntarto, E., & Rayandra, A. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Aspek Learning Design dengan Platform Media Sosial Online sebagai Pendukung Perkuliahan Mahasiswa dalam https://repository.unja.ac.id/id/eprint/626. Diakses pada 2 Januari 2023.
Kusuma, W., & Dwitagama, D. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.
Lesmana, C., Arpan, M., Ambiyar, A., Wakhinuddin, W., & Fatmawati, E. (2019). Respons Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Program Matrikulasi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 227-237. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1528.
Maharani, A. K., Marbun, H. C. P., Qibrael, O., & Hapudin, M. S. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di SDN Gorogol 05. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multidisiplin IV Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan Universitas Esa Unggul Tahun 2021.
Munafi’ah, M. (2022). Hasil Belajar Bahas Inggris melalui Pemanfaatan Zoom Meeting: Penelitian Tindakan Kelas pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan (JURINOTEP), 1(1), 72-86. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i1.8.
Muzakkir, M., Wibawa, R., Astutik, F., & Muhakkikin, M. (2018). Pengembangan Perangkat Model Blended Learning untuk Meningkatkan Efektivitas Penerapan Pendidikan Jarak Jauh di SMKN 2 Gerung. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 4(2), 173-177. https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1126.
Nande, M., & Irman, W. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 180-187. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.240.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas se-Kabupaten Bantul. BERNAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 28-33. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.566.
Pangemanan, A. K., Mewengkang, A., & Parinsi, M. T. (2022). Penerapan Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(4), 603-609.
Rizkiyah, A. (2015). Penerapan Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan di Kelas X TGB SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1), 40-49.
Rofingah, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dengan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas melalui Metode Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19 . Educator Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 1(2), 168-173. https://doi.org/10.51878/educator.v1i2.732.
Sii, P., Verawardina, U., Arpan, M., & Sulistiyarini, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran KKPI terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(2), 166-176. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v6i2.642.
Suandi, I. N. (2022). Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 135-140. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.45083.
Sudana, I. W. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Blended Learning melalui Aplikasi Google Classroom. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(1), 38-47. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781849.
Sulistiyarini, D., Bibi, S., Fatmawati, E., & Arpan, M. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif di SMP dan SMK Mandiri Pontianak. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 39-46. https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i1.811.
Syarif, I. (2013). Pengaruh Model Blended Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 234-249. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1034.
Taofan, A. A. (2016). Pengaruh Penerapan Blended Learning terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Teknik Permesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam https://eprints.uny.ac.id/33172. Diakses pada 2 Januari 2023.
Telembanua, I., Siboro, H., & Tampubolon, R. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Model Direct Instruction Berbasis Blended Learning Siswa Kelas XI Semester Ganjil SMA Methodist-2 TA 2021/2022. Jurnal Penelitian Fisikawan, 5(1), 47-53.
Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2017). Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammdiyah Surakarta Tahun 2017.
Widiara, I. K. (2018). Blended Learning sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 2(2), 50-56. https://doi.org/10.55115/purwadita.v2i2.87.
Wiguna, S., Hidayat, M. A., & Sari, D. W. (2019). Implementasi Method Buzz Group dalam Hasil Belajar Luring Akidah Akhlak di Kelas VIII MTs Miftahul Jannah Tanjung Pura. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1(2), 150-161. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i2.373.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.