Tingkat Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Siswa terhadap Materi Kebencanaan
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i1.5210Keywords:
pengetahuan kebencanaan, praktik tanggap bencana, bencana alam, materi bencana, disaster knowledge, disaster response practices, natural disasters, disaster materialsAbstract
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan, sikap, dan praktik siswa terhadap materi kebencanaan. Penelitian menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Sampel penelitian adalah seluruh siswa MTs Muhammadiyah 1 Dukun yang berjumlah 113 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan praktik siswa terhadap materi kebencanaan tergolong pada kategori tinggi; kriteria tingkat pengetahuan tergolong pada kategori tinggi atau baik; tingkat sikap tergolong pada kategori sedang; dan praktik tergolong pada kategori tinggi atau baik. Hasi penelitian juga menunjukkan bahwa sikap dengan rata-rata skor tertinggi berada di kelas IX. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pengetahuan, sikap, dan praktik siswa di MTs Muhammadiyah 1 Dukun terhadap materi kebencanaan tergolong pada kategori tinggi.
Â
Abstract
The research aimed to determine the level of students' knowledge, attitudes, and practices regarding disaster material. This research used a quantitative approach with a survey design. The research sample was all students of MTs Muhammadiyah 1 Dukun, totaling 113 students. The sampling technique used saturated sampling. Data was collected using observation and questionnaires techniques. The data analysis technique used descriptive statistics. The results of the research showed that students' knowledge and practice of disaster material was in the high category; the criteria for the level of knowledge was in the high or good category; attitude level was in the medium category; and practices were in the high or good category. The results of the research also showed that attitudes with the highest average score are in class IX. Based on the results, it was concluded that the knowledge, attitudes, and practices of students at MTs Muhammadiyah 1 Dukun regarding disaster material were classified in the high category.
Downloads
References
Asian Disaster Reduction and Response Network. (2009). Terminologi Pengurangan Risiko Bencana (Indonesian) dalam https://www.unisdr.org/files/7817_isdrindonesia.pdf. Diakses pada 3 Januari 2023.
Danardono, D., Hadibasyir, H. Z., Fikriyah, V. N., Sunariya, M. I. T., & Latief, M. A. (2022). Peningkatan Keterampilan Pemetaan pada Pendidikan Kejuruan (SMK) Jurusan Kehutanan. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 265-279. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i1.2977.
Darsini, D., Fahrurrozi, F., & Cahyono, E. A. (2019). Pengetahuan: Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 95-107.
Fathoni, A., Sudira, P., Dharmayanti, W., & Arpan, M. (2017). Pengaruh Wawasan Kevokasionalan, Lingkungan Belajar, Sosial Ekonomi, dan Potensi Siswa SMP terhadap Minat Melanjutkan ke SMK. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 196-214. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.630.
Halimah, A. N. (2020). Pengetahuan dan Sikap Siswa SMP dan SMK di Kecamatan Cawas dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi dan Banjir. JPIG (Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi), 5(1), 13-22. https://doi.org/10.21067/jpig.v5i1.3942.
Kagawa, F., & Selby, D. (2012). Ready for the Storm: Education for Disaster Risk Reduction and Climate Change Adaptation and Mitigation. Journal of Education for Sustainable Development, 6(2), 207-217. https://doi.org/10.1177/09734082124752.
Lesmana, C., Arpan, M., Ambiyar, A., Wakhinuddin, W., & Fatmawati, E. (2019). Respons Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Program Matrikulasi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 227-237. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1528.
Margono, M., Amin, M. K., & Astuti, R. T. (2019). Analisa Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Penanggulangan Bencana di Kawasan Resiko Bencana (KRB III) Desa Dukun Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Wiraraja Medika, 9(2), 35-41. https://doi.org/10.24929/fik.v9i2.784.
Marlyono, S. G. (2016). Peranan Literasi Informasi Bencana terhadap Kesiapsiagaan Bencana Masyarakat Jawa Barat. Gea. Jurnal Pendidikan Geograf, 16(2), 116-123. https://doi.org/10.17509/gea.v16i2.4491.
Maryani, E., Ruhimat, M., & Logayah, D. S. (2022). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran IPS Berbasis Literasi Bencana pada Guru MGMP. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(3), 948-959. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4863.
Pahleviannur, M. R. (2019). Edukasi Sadar Bencana melalui Sosialisasi Kebencanaan sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa terhadap Mitigasi Bencana. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 49-55.
Pangaribuan, J., Sabri, L. M., & Amarrohman, F. J. (2019). Analisis Daerah Rawan Bencana Tanah Longsor di Kabupaten Magelang Menggunakan Sistem Informasi Geografis dengan Metode Standar Nasional Indonesia dan Analythical Hierarchy Process. Jurnal Geodesi Undip, 8(1), 288-297. https://doi.org/10.14710/jgundip.2019.22582.
Purnama, E. P., Savitri, D A., Pebriana, Y. Z., & Purwasih, J. H. G. (2022). Edukasi Kesiapsiagaan Bencana Gunung Meletus melalui Pembelajaran Mosaik. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(3), 845-857. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4389.
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., Sutisyana, A., & Prabowo, A. (2021). Workshop Pembuatan Bahan Ajar Kesiapsiagaan Bencana Alam dalam Bentuk Multimedia Interaktif bagi Guru Pendidikan Jasmani. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 217-229. https://doi.org/10.31571/gervasi.v5i2.2180.
Rusilowati, A., Supriyadi, S., Binadja, A., & Mulyani, S. E. S. (2012). Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran Bervisi Science Environment Technology and Society. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1), 51-60. https://doi.org/10.15294/jpfi.v8i1.1994.
Sarwono, S. W. (2012). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Suwanti, I., & Aprilin, H. (2017). Studi Korelasi Pengetahuan Keluarga Pasien tentang Penularan Hepatitis dengan Perilaku Cuci Tangan. Jurnal Keperawatan, 10(2), 20-32.
Sunarto. (2012). Icebreaker dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta: Cakrawala Media.
Surata, S. P. K., & Arjaya, I. B. A. (2018). Perspektif Salingtemas dalam Pembelajaran. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Press.
Syafri, E., & Endrizal, N. (2013). Manajemen Mitigasi Bencana. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.
Tirtana, F. A., & Satria, B. (2018). Kesiapsiagaan Taruna dalam Menghadapi Bencana Tsunami di Balai Pendidikan dan Pelatihan Cadets Preparedness in Facing Tsunami Disaster at Education and Training Center. Idea Nursing Journal, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.52199/inj.v9i1.12279.
Tuswadi, & Hayashi, T. (2014). Disaster Prevention Education in Merapi Volcano Area Primary Schools: Focusing on Students’ Perception and Teachers’ Performance. Procedia Environmental Sciences, 20(2014), 668-677. https://doi.org/10.1016/j.proenv.2014.03.080.
Tyas, R. A., Pujianto, P., & Suyanta, S. (2020). Evaluasi Manajemen Program Sekolah Siaga Bencana (SSB). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 10-23. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.28850.
Utomo, D. P., & Purba, B. (2019). Penerapan Datamining pada Data Gempa Bumi terhadap Potensi Tsunami di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS).
Widjanarko, M., & Minnafiah, U. (2018). Pengaruh Pendidikan Bencana pada Perilaku Kesiapsiagaan Siswa. Jurnal Ecopsy, 5(1), 1-7. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v5i1.4878.
Widyaningsih, N. L. A., & Ekawati, N. K. (2017). Persepsi Siswa terhadap Program Sekolah Aman Bencana (SAB) dalam Upaya Meningkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana di SMP N 2 Tabanan Tahun 2016. Archive of Community Health, 4(1), 19-27. https://doi.org/10.24843/ACH.2017.v04.i01.p04.
Wijayanti, A. (2021). Identifikasi Tingkat Kesiapsiagaan Masyarakat Desa Banjarsari Kecamatan Gabus terhadap Risiko Bencana Banjir. Jurnal Geografi dan Pengajarannya, 19(1), 1-12. https://doi.org/10.26740/jggp.v19n1.p1-12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.