Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Website Google Sites pada Materi Astronomi
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i1.5212Keywords:
rancang bangun, website Google Sites, materi Astronomi, design, the Google Sites website, Astronomy materialAbstract
Abstrak
Pembuatan website bisa dilakukan menggunakan Google Site yang tidak perlu bahasa pemograman yang sulit. Tujuan penelitian adalah menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis website Google Sites pada materi Astronomi dan mendeskripsikan respons mahasiswa dalam menggunakan media yang dihasilkan. Penelitian menggunakan metode penelitian Multimedia Development Life Cycle dengan enam tahapan, yaitu tahap pengonsepan, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan pendistribusian. Sampel penelitian berjumlah 30 orang menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket validasi media dan respons. Penilaian angket menggunakan skala Likert dengan lima skala penilaian dan analisis data menggunakan interpretasi skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validasi ahli media berada pada kategori cukup valid dan rata-rata respons yang diperoleh berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis website Google Sites pada materi Astronomi dapat digunakan dalam pembelajaran.
Â
Abstract
Website development can be done using Google Sites which does not need a difficult programming language. The research aimed to produce a Google Site website-based learning media on Astronomy material and to describe student responses to using the resulting media. The research used the Multimedia Development Life Cycle research method with six stages, namely the conceptual, design, material collection, manufacturing, testing, and distribution stages. The research sample was 30 people using a purposive sampling technique. The research instrument used a media and response validation questionnaire. Questionnaire assessment used a Likert scale with five assessment scales and data analysis used score interpretation. The results showed that the media expert's validation value was in the quite valid category and the average response obtained was in the very good category. Based on the results of the research, it was concluded that learning media based on the Google Sites website on Astronomy material can be used in learning.
Downloads
References
Amarulloh, R. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dasar Berbasis Literasi Sains dengan Menggunakan Google Sites. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 9(2), 154-164. https://doi.org/10.36706/jipf.v9i2.19039.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arpan, M., & Sadikin, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Perangkat Keras Komputer. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(2), 43-50. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i2.741.
Arpan, M., Budiman, R., & Verawardina, U. (2018). Need Assessment Penerapan Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Jaringan Komputer Berbasis Augmented Reality. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 48-56. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.834.
Arpan, M., Salaman, S., Budiman, R. D. A., Ambyar, A., & Wakhinuddin, W. (2020). Student Learning Outcomes Using Drill and Practice Type of Computer Assisted Instruction. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(04), 1433-1436.
Bangun, R. H., Sitompul, J., & Fibriasari, H. (2022). Google Sites as Learning Media in the Material Development of Advanced Reading Comprehension. International Journal of Research and Review, 9(7), 519-525.
Batlolona, J. R. (2016). Hasil Belajar Kognitif dan Respon Siswa dalam Pembelajaran Fisika pada Konsep Listrik Dinamis dengan Menerapkan Media Interaktif. Seminar Nasional Pembelajaran IPA UM 2016.
Budiman, R. D. A., Arpan, M., & Verawardina, U. (2018). Readiness Assessment Penerapan Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Jaringan Komputer Berbasis Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 7(1), 118-125. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v7i1.776.
Budiman, R. D. A., Liwayanti, U., & Arpan, M. (2022). Analisis Kebutuhan dan Kesiapan Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Ilmu Akidah. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 6(1), 31-38. https://doi.org/10.29408/edumatic.v6i1.5087.
Darmawan, D. (2016). Mobile Learning: Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 1-13. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524.
Harsanto, B. (2017). Inovasi Pembelajaran di Era Digital: Menggunakan Google Sites dan Media Sosial. Sumedang: Unpad Press.
Husain, H., Gobel, C. Y., & Dunggio, Z. K. (2021). E-Learning Mata Pelajaran Simulasi Digital pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Kota Gorontalo. Journal Scientific and Applied Informatics, 4(3), 280-285. https://doi.org/10.36085/jsai.v4i3.1814.
Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166-182. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8019.
Jubaidah, S., & Zulkarnain, M. R. (2020). Penggunaan Google Sites pada Pembelajaran Matematika Materi Pola Bilangan SMP Kelas VIII SMPN 1 Astambul. Ilmiah Kependidikan, 15(2), 68-73. https://doi.org/10.33654/jpl.v15i2.1183.
Mas'ud, H., & Maemunah, M. (2022). Pemanfaatan Produk Google serta Situs Phet (Physics Education Technology) sebagai Media Pembelajaran Fisika Berupa Stimulus. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 170-178. https://doi.org/10.35905/alishlah.v20i2.3100.
Muhammad, A. H., Siddique, A., Youssef, A. E., Saleem, K., Shahzad, B., Akram, A., & Al-Thnian, A.-B. S. (2020). A Hierarchical Model to Evaluate the Quality of Web-Based E-Learning Systems. Sustainability, 12(10), 1-23. https://doi.org/10.3390/su12104071.
Mukti, W. M., Yudhia, B. P. N., & Zanetti, D. A. (2020). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites pada Materi Listrik Statis. Webinar Pendidikan Fisika 2020.
Nuraini, L., & Supriadi, B. (2018). Analisis Pemanfaatan Multimedia terhadap Penguasaan Konsep Reaksi Nuklir Mahasiswa pada Matakuliah Fisika Inti. Saintifika, 20(2), 22-31.
Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). Penggunaan Media Google Site dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(01), 163-172. https://doi.org/10.34005/Akademika.v11i01.1693.
Putri, N. K., Yuberti, Y., & Uswatun, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Materi Hukum Newton pada Gerak Benda. Physics and Science Education Journal, 1(3), 133-143. https://doi.org/10.30631/psej.v1i3.1033.
Permatasari, A., Putra, A. P., & Mahanani, P. (2023). Development of Electronic Teaching Materials Using Google Sites in Grade IV Elementary School. International Conference on Educational Management and Technology (ICEMT 2022).
Riyanto, R., & Singgih, S. R. (2015). Pemanfaatan Augmented Reality pada Media Pembelajaran Interaktif Peredaran Planet. Juita, 3(4), 187-192.
Rofiah, A., Setyaningsih, R., Azizah, S., Waris, W., & Cahyani, V. P. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Situs Web sebagai Sumber Belajar Mandiri Peserta Didik SMP/MTs Kelas IX pada Materi Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan. PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar.
Rosita, A., & Hardini, H. T. (2022). Pengembangan Website Pembelajaran Materi Aset Tetap Berwujud dengan Memanfaatkan Google Sites. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(1), 1-16. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n1.p1-16.
Saputra, M. E. Y., & Effendi, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Google Site pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik untuk Kelas XI TITL di SMK N 2 Payakumbuh. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 3(4), 47-53. https://doi.org/10.38035/rrj.v3i4.410.
Sari, H. V., & Suswanto, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7), 1008-1016. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9734.
Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. Kreano, 8(1), 1-7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964.
Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167-1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Sulistiyarini, D., Bibi, S., Fatmawati, E., & Arpan, M. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif di SMP dan SMK Mandiri Pontianak. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 39-46. https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i1.811.
Taufik, M., Sutrio, S., Ayub, S., Sahidu, H., & Hikmawati, H. (2018). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Web kepada Guru IPA SMP Kota Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 77-81. https://doi.org/10.29303/jppm.v1i1.490.
Utami, Y. P., & Dewi, P. S. (2020). Model Pembelajaran Interaktif SPLDV dengan Aplikasi Rumah Belajar. Mathema Journal, 2(1), 24-31. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.572.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.