Praktikalitas Buku Berbasis Quick Response Code pada Materi Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i1.5417Keywords:
praktikalitas buku, QR-Code, peduli lingkungan, book practicality, environmental careAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian untuk mengetahui praktikalitas buku ajar berbasis quick response code (QR-Code) sebagai upaya dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan terkait kebakaran hutan dan lahan (karlahut). Jenis penelitian adalah penelitian menggunakaan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 62 pendidik (15 dosen dan 47 guru) dan 126 peserta didik (65 siswa SMA dan 61 mahasiswa). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar angket praktikalitas. Data dianalisis menggunakan SPSS dan ditampilkan dalam bentuk analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan lembar angket yang sudah diisi terkait dengan buku berbasis QR-Code untuk kelompok pendidik dikategorikan sangat praktis dan untuk kelompok peserta didik dikategorikan praktis. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa buku berbasis QR-Code memiliki praktikalitas yang tinggi, baik oleh pendidik dan peserta didik.
Â
Abstract
The research aimed to find out the practicality of textbooks based on the quick response code (QR-Code) as an effort to increase environmental care attitudes related to forest and land fires (karlahut). The research used quantitative descriptive method. The research subjects were 62 educators (15 lecturers and 47 teachers) and 126 students (65 high school students and 61 university students). The instrument used to collect data was a practicality questionnaire sheet. Data were analyzed using SPSS and displayed in the form of descriptive analysis. The results showed that overall for the group of educators in the very practical category and for the group of students in the practical category. Based on the research results, it was concluded that QR-Code-based books had high practicality, both by educators and students.
Downloads
References
’Adna, S. F., & Mardhiyana, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Statistika Penelitian Pendidikan Berbasis Quick Response ( QR ) Code sebagai Upaya Meningkatkan. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (4th Senatik).
Agustyaningrum, N., & Simanungkalit, H. T. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Tunas Baru Jin-Seung Batam Tahun Ajaran 2014/2015. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1), 32-37. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i1.237.
Arpan, M., & Sadikin, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Perangkat Keras Komputer. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(2), 43-50. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i2.741.
Arpan, M., Budiman, R., & Verawardina, U. (2018). Need Assessment Penerapan Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Jaringan Komputer Berbasis Augmented Reality. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 48-56. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.834.
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional, 5(2), 11-16. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.105133.
Awalia, L., Pratiwi, I., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa di Desa Karangmalang. Jurnal Basicedu, 5(5), 3940-3949. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1354.
Aziza, N., & Rosita, L. (2020). Belajar Geografi dengan Media Komik serta Pengaruhnya terhadap Minat Belajar Geografi Siswa. Jurnal Swarnabhumi: Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi, 5(2), 19-26. https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v5i2.4420.
Budiman, R. D. A., Arpan, M., & Verawardina, U. (2018). Readiness Assessment Penerapan Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Jaringan Komputer Berbasis Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 7(1), 118-125. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v7i1.776.
Budiman, R. D. A., Liwayanti, U., & Arpan, M. (2022). Analisis Kebutuhan dan Kesiapan Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Ilmu Akidah. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 6(1), 31-38. https://doi.org/10.29408/edumatic.v6i1.5087.
Erwin, V. A., & Syukur, Y. (2019). Multimedia Interaktif Bermuatan Permainan Edukatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 901-908. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.183.
Faelasofi, R., Arnidha, Y., & Istiani, A. (2015). Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. e-DuMath: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 122-136. https://doi.org/10.52657/je.v1i2.116.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.
Farida, N., Hasanudin, H., & Suryadinata, N. (2019). Problem Based Learning (PBL) – QR-Code dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 225-236. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1894.
Feladi, V., Arpan, M., & Verawardina, U. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi di SMP Negeri 2 Siantan Kabupaten Mempawah. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 32-42. https://doi.org/10.31571/gervasi.v1i1.597.
Fransisca, M. (2017). Pengujian Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Media E-Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 17-22. http://dx.doi.org/10.30870/volt.v2i1.1091.
Hilmy, A., Susandi, A., Damanik, B. M., Widdyusuf, L., Ridwana, R., & Himayah, S. (2021). Analisis Perubahan Land Surface Temperature Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan di Kota Pekanbaru Riau Tahun 2000 dan 2020. JPIG (Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi), 6(1), 74-80. https://doi.org/10.21067/jpig.v6i1.5197.
Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Penerapan E-Learning di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Menekan Penyebaran Covid-19. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 46-55. https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.9847.
Juanda, J., & Azis, A. (2019). Aplikasi Kaidah Kebahasaan Bahasa Indonesia dalam Tajuk Berita Surat Kabar sebagai Konsumsi Informasi Publik di Kota Makassar. Jurnal Ilmu Budaya, 16(1), 9-28. https://doi.org/10.31849/jib.v16i1.3170.
Khamadi, K. (2015). Analisis Tampilan Visual Game Super Mario Bros dalam Kajian Persepsi Visual sebagai Dasar Pengembangan Konsep Visual Game. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(02), 98-109. https://doi.org/10.33633/andharupa.v1i02.995.
Kusniati, R., Permatasari, B., & Rapik, M., A. (2021). Tindakan Pencegahan Pembakaran Hutan dalam Perspektif ASEAN Community. Journal of Political Issues 2(2), 115-123. https://doi.org/10.33019/jpi.v2i2.37.
Mirza, G. A., Ristiono, & Handayani, D. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Bernuansa Emotional Spritual Quotient tentang Materi Sel, Jaringan, Organ dan Organisme untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. Bioeducation Journal, 3(1), 27-36. https://doi.org/10.24036/bioedu.v3i1.108.
Novita, S. E., & Vonnisa, M. (2021). Pemodelan Spasial Kerentanan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kalimantan Timur. Jurnal Fisika Unand, 10(2), 232-238. https://doi.org/10.25077/jfu.10.2.232-238.2021.
Palupi, D. A. R., Putri, K. E., & Mukmin, B. A. (2022). Pengembangan E-book Menggunakan Aplikasi Book Creator Berbasis QR Code pada Materi Ajar Siswa Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 78-90. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.123.
Puspita, E. I., Rustini, T., & Dewi, D. A. (2021). Rancang Bangun Media E-Book Flipbook Interaktif pada Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungannya Sekolah Dasar. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(2), 65-84. https://doi.org/10.46229/elia.v1i2.307
Rahmadani, A. F., Suryani, K., Widyastuti, R., Gultom, A. P. N., & Sulastri, R. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Evaluasi Pendidikan Komputer Berbasis Android di Perguruan Tinggi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(2), 246-258. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4143.
Ratnawati, S., & Werdiningsih, W. (2020). Pemanfaatan E-Learning sebagai Inovasi Media Pembelajaran PAI di Era Revolusi Industri 4.0. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 199-220. http://dx.doi.org/10.29240/belajea.v5i2.1429.
Rosyidatun, E. S., & Miranto, S. (2015). Analisis Isi Buku Sekolah Elektronik (BSE) Biologi Kelas XI Semester 1 Berdasarkan Literasi Sains. Edusains, 7(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.15408/es.v7i1.1403.
Saputro, J. G. J., Handayani, I. G. A. K. R., & Najicha, F. U. (2021). Analisis Upaya Penegakan Hukum dan Pengawasan Mengenai Kebakaran Hutan di Provinsi Kalimantan Barat. JMB: Jurnal Manajemen Bencana, 7(1), 27-36. https://doi.org/10.33172/jmb.v7i1.692.
Sari, F. N. I., Darma, Y., & Dafrita, I. E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Integrasi Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dalam Materi Refleksi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 281-289. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.1026.
Setiawan, A. R., & Saputri, W. E. (2020). Pembelajaran Literasi Saintifik untuk Pendidikan Dasar. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 14(2), 144-152. https://doi.org/10.26877/mpp.v14i2.5794.
Sulistiyarini, D., Bibi, S., Fatmawati, E., & Arpan, M. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif di SMP dan SMK Mandiri Pontianak. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 39-46. https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i1.811.
Susanti, B. H. (2019). Penggunaan Media Online dalam Proyek Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Web pada Mata Kuliah Zoologi Vertebrata. EDUSAINS, 11(1), 21-28. https://doi.org/10.15408/es.v11i1.7728.
Syarifah, H., Poli, D. T., Ali, M., Rahmat, H. K., & Widana, I. D. K. K. (2020). Kapabilitas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Balikpapan dalam Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 398-407. http://dx.doi.org/10.31604/jips.v7i2.2020.398-407.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.