Kesiapan Kerja Siswa Ditinjau dari Harga Diri (Self-Esteem) dan Efikasi Diri (Self-Efficacy)
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i1.5462Keywords:
kesiapan kerja, harga diri, efikasi diri, work readiness, self-esteem, self-efficacyAbstract
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk menganalisis kesiapan kerja ditinjau dari harga diri (self-esteem) dan efikasi diri (self-efficacy) siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian survei. Populasi penelitian sebanyak 4.156 terdiri dari seluruh siswa SMK negeri di Kota Pontianak. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 320 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik komunikasi langsung dan dokumen dengan alat pengumpul data berupa angket dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga diri (self-esteem) dan efikasi diri (self-efficacy) memberikan pengaruh yang positif terhadap kesiapan kerja siswa, baik secara mandiri maupun bersama-sama. Semakin besar tingkat harga diri dan efikasi diri, maka semakin besar tingkat kesiapan kerja siswa SMK negeri di Kota Pontianak.
Â
Abstract
The research aimed to analyze work readiness in terms of self-esteem and self-efficacy of state vocational high school (SMK) students in Pontianak City. The research method used descriptive research in the form of survey research. The research population was 4,156 consisting of all state vocational high school students in Pontianak City. The sampling technique used simple random sampling with a total sample of 320 students. Data analysis techniques used direct communication techniques and documents with data collection tools in the form of questionnaires and documents. The results showed that self-esteem and self-efficacy have a positive influence on students' work readiness, both individually and collectively. The greater the level of self-esteem and self-efficacy, the greater the level of work readiness of state vocational students in Pontianak City.
Downloads
References
Adityagana, D. A., Indrawati, C. D. S., & Rahmanto, A. N. (2018). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan dan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja Kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 2(2), 15-25. https://doi.org/10.20961/jikap.v2i2.20796.
Al-Doulat, A. S. (2018). The Relationship between Self-Esteem and Academic Achievement in the Scientific Concepts and Methods of Teaching Course among Female Students of the Class-Teacher at the University of Jordan. Modern Applied Science, 12(2), 164-170. https://doi.org/10.5539/mas.v12n2p164.
Baiti, R. D., Abdullah, S. M., & Rochwidowati, N. S. (2017). Career Self-Efficacy dan Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Semester Akhir. Jurnal Psikologi Integratif, 5(2), 128-141. https://doi.org/10.14421/jpsi.2017.%25x.
Damask, J. D. (2023). Pengaruh Self Esteem dan Self Efficacy terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri di Kecamatan Pontianak Barat dalam http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1529. Diakses pada 2 April 2023.
Damayantie, A., & Kustini, K. (2022). Soft Skill dan Self Efficacy sebagai Faktor Pembentuk Kesiapan Kerja Mahasiswa Tingkat Akhir FEB UPNVJT. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 7(3), 670-678. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i3.1028.
Darma, Y., Firdaus, M., & Irvandi, W. (2020). Soft Skills Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 225-239. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1876.
Elfranata, S., Daud, D. J., Yeni, Y., Pratiwi, N., Meliyani, E., Ervin, E., & Mecang, H. K. (2022). Pengaruh Self Esteem dan Self Efficacy terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri di Kecamatan Pontianak Utara. Journal of Educational Integration and Development (JEID), 2(4), 260-270. https://doi.org/10.55868/jeid.v2i4.147.
Evioni, E., Ahmad, B., & Harmalis, H. (2022). Hubungan antara Konsep Diri dan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 5 Kerinci. Indonesian Journal of Counseling and Development, 4(1), 31-43. https://doi.org/10.32939/ijcd.v4i1.1277.
Fauziah, M., Setyowati, A., & Muyana, S. (2019). Self Esteem Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri se-Kota Yogyakarta. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 4(1), 20-29. http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v4i1.5004.
Fauziati, P., Herawati, H., Rahmi, S., Morelent, Y., & Shaden, M. (2022). Efikasi Diri Mahasiswa Akuntansi pada Masa Pandemi COVID-19. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(2), 219-230. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4297.
Fazriyani, G. Y., & Mubin, M. F. (2021). Peningkatan Harga Diri pada Pasien Gangguan Konsep Diri: Harga Diri Rendah dengan Menggunakan Terapi Latihan Kemampuan Positif. Ners Muda, 2(3),159-164. https://doi.org/10.26714/nm.v2i3.6229.
Gunawan, I., Benty, D. D. N., Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., Sari, D. N., Pratiwi, F. D., Ningsih, S. O., Putri, A. F., & Hui, L. K. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kemampuan Manajerial, Efikasi Diri, dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 4(2), 126-150. http://dx.doi.org/10.17977/um025v4i22020p126.
Harumi, B. P. Y., & Marheni, A. (2018). Peran Konsep Diri dan Efikasi Diri terhadap Kematangan Karier Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unviversitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 5(1), 23-34. https://doi.org/10.24843/JPU.2018.v05.i01.p03.
Irawan, R. & Hendri, H. (2022). Analisis Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1), 59-63. https://doi.org/10.24036/jpte.v3i1.166.
Irwan, D. (2022). Pre-Service Teachers’ Self-Efficacy and Values on 21st Century Skills Mastery. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(1), 239-257. https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i1.5573.
Istiqamah, H. N., & Jalal, N.M. (2020). Gambaran Kesiapan Bekerja pada Siswa SMK. Prosiding SNITT POLTEKBA.
Itryah, I., & Anggraini, B. F. (2022). Hubungan Self Efficacy terhadap Kesiapan Kerja pada Siswa Kelas XI SMK Pembina 1 Palembang. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 3918-3926. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.962.
Kamila, I. I., & Mukhlis, M. (2013). Perbedaan Harga Diri (Self-Esteem) Remaja Ditinjau dari Keberadaan Ayah. Jurnal Psikologi, 9(2), 100-112. http://dx.doi.org/10.24014/jp.v9i2.172.
Kasih, A. P. (2022). 10 Jurusan SMK yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan Dunia Kerja dalam https://www.kompas.com/edu/read/2022/10/27/124944271/10-jurusan-smk-yang-lulusannya-banyak-dibutuhkan-dunia-kerja?page=all. Diakses 13 Maret 2023.
Kurniawati, A., & Arief, S. (2016). Pengaruh Efikasi Diri, Minat Kerja, dan Bimbingan Karir terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Program Kehlian Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 363-376.
Lestari, L., & Siswanto, B., T. (2015). Pengaruh Pengalaman Prakerin, Hasil Belajar Produktif dan Dukungan Sosial Keluarga terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 4(1), 60-77. https://doi.org/10.31571/saintek.v4i1.6.
Levin, A. B. (2013). Multivariate Difference-Differential Dimension Polynomials and New Invariants of Difference-Differential Field Extensions. Proceedings of the 38th International Symposium on International Symposium on Symbolic and Algebraic Computation - ISSAC ’13.
Merida, D. A., Rifayanti, R., & Putri, E. T. (2021). Efikasi Diri dengan Kesiapan Kerja pada Dewasa Awal di Kota Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(4), 900-908. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i4.6842.
Nasution, R., Syofyan, R., & Marna, J. (2022). Pengaruh Efikasi Diri, Keaktifan Berorganisasi, Lingkungan Keluarga dan Locus of Control terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Universitas Negeri Padang di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ecogen, 5(3), 474-486. http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v5i3.13030.
Novrizaldi. (2021). Tiap Tahun Pemerintah Harus Sediakan 3,6 Juta Lapangan Kerja dalam https://www.kemenkopmk.go.id/tiap-tahun-pemerintah-harus-sediakan-36-juta-lapangan-kerja. Diakses 16 Maret 2023.
Pratiwi, N. (2023). Pengaruh Self Esteem dan Self Efficacy terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri di Kecamatan Pontianak Kota dalam http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1526. Diakses pada 2 April 2023.
Prasetyo, E. (2019). Evaluasi Peran Pendidikan Kewirausahaan pada Sekolah Menengah Kejuruan. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 172-182. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1238.
Prisrilia, A. B., & Widawati, L. (2021). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja Lulusan Baru di Kota Bandung pada Masa Pandemi Covid-19. Bandung Conference Series: Psychology Science, 1(1), 12-18. https://doi.org/10.29313/bcsps.v1i1.81.
Puspitasari, N. A., & Bahtiar, M. D. (2022). Pengaruh Pengalaman Prakerin, Self Efficacy dan Internal Locus of Control terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK di Bidang Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(1), 31-43. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n1.p31-43.
Ratuela, Y. R. G., Nelwan, O. S., & Lumintang, G. G. (2022). Pengaruh Hard Skill, Soft Skill dan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Akhir Jurusan Manajemen Feb Unsrat Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 172-183. https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.37677.
Rohman, T. (2020). Kesiapan Kerja Siswa SMK Ditinjau dari Kinerja Prakerin. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 5(1), 22-27. http://doi.org/10.25273/jupiter.v5i1.6203.
Srisayekti, W., & Setiady, D. A. (2015). Harga Diri (Self-Esteem) Terancam dan Perilaku Menghindar. Jurnal Psikologi, 42(2), 141-156. http://doi.org/10.22146/jpsi.7169.
Susilowati, A., & Fauzan, M. (2022). Pengaruh Efikasi Diri, Perencanaan Karir terhadap Kesiapan Kerja Dimoderasi Layanan Informasi Karir. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 9(1), 215-226. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i1.433.
Suzanna, E., & Ulfa, U. (2023). Self-Efficacy Sarjana Fresh Graduate dalam Menghadapi Dunia Kerja di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sublimapsi, 4(1), 149-160. http://dx.doi.org/10.36709/sublimapsi.v4i1.35310.
Syahadati, E., Astuti, D. S., & Asman, H. (2018). Hubungan antara Keterampilan Membaca dengan Self Esteem Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2), 318-325. https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1012.
Utami, Y. G. D., & Hudaniah, H. (2013). Self Efficacy dengan Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 40-52. https://doi.org/10.22219/jipt.v1i1.1356.
Wiharja, M. S. H., Rahayu, S., & Rahmiyati, E. (2020). Pengaruh Self Efficacy terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Pendidikan Vokasi. VOCATECH: Vocational and Technology Journal, 2(1), 11-18. https://doi.org/10.38038/vocatech.v2i1.40.
Wijayanti, U., Matulessy, A., & Rini, A. (2020). Efektifitas Pelatihan Kepercayaan Diri terhadap Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Tingkat Akhir, Ditinjau dari Jenis Kelamin. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, 15(1), 76-90. http://doi.org/10.30587/psikosains.v15i1.2003.
Wijikapindho, R. A., & Hadi, C. (2021). Hubungan antara Self-Efficacy dengan Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Semester Akhir. Buletin Riset
Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(2), 1313-1318. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i2.28820.
Yeni. (2023). Pengaruh Self Esteem dan Self Efficacy terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri di Kecamatan Pontianak Timur dalam http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1514. Diakses pada 2 April 2023.
Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati, S. (2017). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 130-143. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2228.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.