Perancangan Bodi Kendaraan Prototype Arrow Concept sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Konstruksi Badan Kendaraan
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i1.5679Keywords:
perancangan bodi kendaraan, Prototype Arrow Concept, media pembelajaran, fiber karbon, vehicle body development, instructional media, carbon fibreAbstract
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk melakukan perancangan bodi kendaraan Prototype Arrow Concept sebagai media dalam pembelajaran mata kuliah Konstruksi Badan Kendaraan. Jenis penelitian adalah research and development (R&D) dengan model planning production and evaluation (PPE). Perancangan dan simulasi dilakukan dengan bantuan software Solidworks. Simulasi dalam penelitian menggunakan material fiber karbon atau carbon fiber. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan pengujian simulasi menggunakan software Solidworks. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh velocity yang baik dalam mengatur kecepatan udara, dapat menerima pressure dengan baik, dan mendapatkan nilai coefficient drag (Cd) atau gaya hambat yang rendah. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa nilai yang diperoleh dari pengembangan bodi kendaraan hemat energi Prototype Arrow Concept sudah memenuhi standar dan layak diproduksi sebagai media dalam pembelajaran mata kuliah Konstruksi Badan Kendaraan.
Â
Abstract
The research aimed to develop an energy efficient vehicle body Prototype Arrow Concept in learning Vehicle Body Construction. This type of research was research and development (R&D) with a planning production and evaluation (PPE) model. Design and simulation were done with the help of Solidworks software. Simulations in research used carbon fiber materials. Data collection techniques used observation and simulation testing used Solidworks software. Data analysis technique used descriptive analysis. Based on the research results, good velocity was obtained in adjusting airspeed, can receive pressure well, and gets a drag coefficient (Cd) or low drag. Based on the results of the research, it was concluded that the value obtained from the development of the energy-efficient vehicle body of Prototype Arrow Concept met the standards and was feasible to be produced as an instructional media of Vehicle Body Construction courses.
Downloads
References
Arpan, M., & Sadikin, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Perangkat Keras Komputer. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(2), 43-50. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i2.741.
Arpan, M., Budiman, R., & Verawardina, U. (2018). Need Assessment Penerapan Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Jaringan Komputer Berbasis Augmented Reality. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 48-56. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.834.
Aufa, M. A., Syafaat, I., & Dzulfikar, M. (2020). Simulasi Kekuatan Monocoque Chassis pada Mobil Hemat Energi Menggunakan Material Carbon Fiber Honeycomb Core. Majalah Ilmiah Momentum, 16(1), 69-74. http://dx.doi.org/10.36499/jim.v16i1.3364.
Budiman, R. D. A., Arpan, M., & Verawardina, U. (2018). Readiness Assessment Penerapan Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Jaringan Komputer Berbasis Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 7(1), 118-125. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v7i1.776.
Budiman, R. D. A., Liwayanti, U., & Arpan, M. (2022). Analisis Kebutuhan dan Kesiapan Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Ilmu Akidah. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 6(1), 31-38. https://doi.org/10.29408/edumatic.v6i1.5087.
Ekoprianto, A. (2016). Analisis Aerodinamik pada Bodi Kendaraan Listrik Type Citycar untuk Lingkungan Kampus. Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur, 3(3), 125-130. https://doi.org/10.21009/JKEM.3.3.2.
Facrudin, T. (2019). Analasis Bodi pada Kendaraan Bermotor Roda Dua Menggunakan Simulasi Berbasis Matlab R2019. Baut dan Manufaktur: Jurnal Teknik Mesin dan Teknik Industri, 1(1), 44-56.
Fathoni, A., Sudira, P., Dharmayanti, W., & Arpan, M. (2017). Pengaruh Wawasan Kevokasionalan, Lingkungan Belajar, Sosial Ekonomi, dan Potensi Siswa SMP terhadap Minat Melanjutkan ke SMK. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 196-214. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.630.
Fauzan, G., Hamidah, I., & Sriyono, S. (2019). Penggunaan Aplikasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Diagram Kelistrikan Bodi Kendaraan pada Peserta Didik SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 251-257. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i2.21802.
Feladi, V., Arpan, M., & Verawardina, U. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi di SMP Negeri 2 Siantan Kabupaten Mempawah. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 32-42. https://doi.org/10.31571/gervasi.v1i1.597.
Handoyono, N. A., & Hadi, S. (2018). Pengembangan Modul Pembuatan Bodi Kendaraan dari Fiberglass untuk Mendukung Perkuliahan Cat dan Bodi Kendaraan. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 36-44. https://doi.org/10.30738/jtv.v6i1.2818.
Handoyono, N. A., & Mahmud, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Pembelajaran Electronic Fuel Injection. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(2), 107-116. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v20i2.791.
Hendaryati, H., Jufri, M., Mokhtar, A., & Sudarman, S. (2020). Analisis Aerodinamis pada Mobil Hemat Energi Srikandi Fakultas Teknik. Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA) Tahun 2020. https://doi.org/10.22219/sentra.v0i6.3890.
Ismail, M. E. W., Arafat, M. Y., & Uloli, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi pada Kelistrikan Bodi Kendaraan. STEAM Engineering: Journal of Science, Technology, Education And Mechanical Engineering, 4(2), 114-124. https://doi.org/10.37304/jptm.v4i2.8138.
Jufri, M., & Suprianto, H. (2018). Analisis Koefisien Aerodinamis pada Mobil Hemat Energi Genetro Suryo Fakultas Teknik UMM. Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA) Tahun 2018. https://doi.org/10.22219/sentra.v0i4.2318.
Khoiron, M. S. (2016). Perbandingan Kekakuan dan Kekuatan Chassis dan Body Kendaraan yang Terbuat dari Material Aluminium dan Carbon Fiber terhadap Beban Vertikal dan Torsional Bending. Skripsi: Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Tidak dipublikasikan.
Lesmana, C., Arpan, M., Ambiyar, A., Wakhinuddin, W., & Fatmawati, E. (2019). Respons Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Program Matrikulasi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 227-237. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1528.
Niulai, J., & Mustika, N. (2022). Pengaruh Bentuk Benda Uji terhadap Pola Aliran Angin di Ruang Uji Wind Tunnel. Jurnal Voering, 7(1), 37-46. https://doi.org/10.32531/jvoe.v7i1.486.
Nurcahya, F. A., & Yuwono, T. (2021). Studi Eksperimental Efek Interaksi antara Silinder Sirkuler dan Sudu Returning terhadap Kinerja Turbin Angin Savonius. Jurnal Teknik ITS, 10(2), F32-F39. 10.12962/j23373539.v10i2.60966.
Nursantoso, A. P. (2017). Pembuatan Desain dan Analisis Aerodinamis Body DFV 2. Skripsi: Universitas Islam Indonesia. Tidak dipublikasikan.
Prihadnyana, Y., Widayana, G., & Dantes, K. R. (2017). Analisis Aerodinamika pada Permukaan Bodi Kendaraan Mobil Listrik Gaski (Ganesha Sakti) dengan Perangkat Lunak Ansys 14.5. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 5(2), 1-10. https://doi.org/10.23887/jjtm.v5i2.11246.
Purwanto, W., Putra, Y. S., Setiawan, M. Y., & Arif, A. (2023). Pengaruh Bodi Tambahan pada Sisi Alternator Turbin Angin terhadap Tegangan dan Arus Listrik yang Dihasilkan. MSI Transaction on Education, 4(1), 35-44. https://doi.org/10.46574/mted.v4i1.105.
Putra, N. (2015). Research & Development Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rahman, A., Farid, A., & Suriansyah, S. (2014). Pengaruh Penggunaan Spoiler pada Model Kendaraan Sedan terhadap Tekanan Hisap dalam Terowongan Angin. PROTON Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Mesin, 6(1), 1-7. https://doi.org/10.31328/jp.v6i1.171.
Rampo, Y. (2020). Analysis of the Use of Fiber Material in Car. Actuator Jurnal Teknik Mesin, 1(1), 15-19. https://doi.org/10.53682/actjtm.v1i1.108.
Respati, S. M. B., Katsir, I., & Dzulfikar, M. (2020). Body Mobil dengan Komposit Matriks Fiber Carbon-Honeycombdan Penguat Resin Lycal. Jurnal Teknik Mesin, 17(2), 29-33. https://doi.org/10.9744/jtm.17.2.29-33.
Rifdarmon, R. (2018). Pengembangan Simulator Engine Trainer Integrated Active Wiring Diagram untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Listrik dan Elektronika Otomotif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(1), 31-38. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.156.
Rusminanda, A., & Drastiawati, N. S. (2021). Analisis Kekuatan Material Fiber Carbon dengan Variasi Core terhadap Kekuatan Impak pada Tulangan Bodi Mobil Garnesa Racing Team. Jurnal Teknik Mesin, 9(2), 93-100.
Sadikin, A. (2013). Perancangan Rangka Chasis Mobil Listrik untuk 4 Penumpang Menggunakan Software 3D Siemens Nx8. Skripsi: Universitas Negeri Semarang. Tidak dipublikasikan.
Sulistiyarini, D., Bibi, S., Fatmawati, E., & Arpan, M. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif di SMP dan SMK Mandiri Pontianak. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 39-46. https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i1.811.
Suswanto, B., & Finahari, N. (2013). Studi Pengaruh Model Mobil dan Variasi Kecepatan Angin terhadap Gaya Drag. Widya Teknika, 21(1), 14-19. https://doi.org/10.31328/jwt.v21i1.76.
Vajra, G. A., Tobing, S., & Iskandar, I. (2021). Analisis Aerodinamika Bodi Mobil Hemat Energi Kelas Urban Menggunakan Simulasi Computational Fluid Dynamics. Jurnal Rekayasa Mesin, 16(2), 210-217. http://dx.doi.org/10.32497/jrm.v16i2.2552.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.